Nusa Barong


image

hunian kawasan perkebunan

Pada abad 18 dulu kawasan itu dikenal dengan nama NOESSA BARRONG pada era VOC. Suatu pulau terdepan yang ada di jawa timur. Pernah menjadi bandar (pelabuhan) alternatif para pelaut pada paruh kedua abad 18.

Seiring dengan garis depan ujung timur pulau jawa yg ditaklukkan oleh belanda, yakni kerajaan blambangan (sekarang banyuwangi).

Banyuwangi ini dulu wilayah masyarakat hindu yang mengalami islamisasi dan persilangan budaya yang haibat. Bahkan butuh seabad untuk benar2 membuatnya terkuasai dan terperintah oleh kolonial.

Pada kejatuhannya di tahun 1773. Maka keberadaan saudagar~saudagar pelaut mencari wilayah alternatif. Nusa Barong menjadi pilihannya. Pelaut dari madura, bugis, mandar, bali dan eropa lainnya menjadikan pilihan persinggahan tuk bertransaksi.

Pulau terdepan di provinsi jawa timur dan sekarang secara teritorial administratif ikut bagian wilayah kabupaten jember. Konon ditetapkan sebagai kawasan lindung. Tapi. terdengar juga tentang pantainya yg indah dan bisa menjadi tujuan wisata alternatif. Sedangkan sisi ekonomis dan keberadaannya dimasa lalu yang pernah jd titik perjumpaan pelaut internasional perlu dijadikan perhatian.

Juga tentang kabar sejak dijaman majapahit nusa barong juga menjadi perhatian khusus dalam sistem pertahanan dan keamanan negeri maritim nusantara. Dengan konsep nagari inti yg artinya kawasan ibukota dan halaman nagari pulau2 sekitar, disisi utara ada tanjungpura dan sumenep madura, di timur ada bali, diselatan ada nusa barong. Di barat ada palembang. Tentunya mempunyai manfaat tersendiri bagi majapahit.

Ekspedisi militer besar2an juga pernah dilakukan oleh belanda pada era Lekkerkerker. Suatu misi pengepungan dan menghancurkan kekuatan yg disinyalir pusat persembunyian para pemberontak blambangan yang telah dikuasai oleh belanda. Hingga penghuninya juga ada yg lari ke pulau sempu di malang selatan.

Ahh.. nusa barong. Seperti apakah kondisimu kini dan peradaban seperti apakah yg sedang berkembang disana? Semoga bisa kesana suatu saat dengan pelayaran kapal yang bagus dan menikmati batas terdepan dengan wilayah christmas island aussie.

Perjalanan, 12 september 2012
Sedang didalam mutiara timur pagi,
Meluncur dari banyuwangi ke surabaya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s