narasumber “paling” muda


Narasumber Diskusi Publik Nasional, tema : Utang Luar Negeri, Globalisasi Ekonomi dan Dampak Kenaikan BBM, yang diselenggarakan oleh Koalisi Anti Utang Nasional dan BEM FISIP Unair (27 Januari 2006)

Siang ini di undang oleh Koalisi Anti Utang (KAU) Nasional yang bekerjasama dengan KAU Jatim, membuat diskusi Utang dan Kenaikan BBM. Berbicara satu meja dengan Revrisond BAswir (kepala Pustep UGM), DR. Ichsanudin Noorsy dan Dosen FAkultas Ekonomi dari Univ Brawijaya menjadi pengalaman tersendiri bagiku.

Imperialisme energi dan rejim utang adalah tema besarku. Dihadiri sekitar seratus undangan cukup membuat suasana menjadi meriah dalam dialog, meski dengan waktu yang terbatas. Apalagi jadwal acara juga molor, seperti acara kebayakan. Presentasi kupersiapkan dengan beberapa Slide berisi peta ketersediaan energi minyak dan gas Jawa Timur, sekitar 28 blok yang ada di Jatim. Yang kesemuanya sudah di kapling oleh perusahaan Swasta nasional dan multinasional.

Iya, jatim menang kaya migas. Tetapi tidak untuk rakyat. Dan negara telah menjadi alat beroperasinya kapital untuk menyalurkan ”keserakahannya”. Seperti halnya watak dasar kapitalisme, mengeksplitasi sebanyak-banyaknya untuk meraih keuntungan. Tanpa peduli keselamatan lingkungan dan manusia. Keseimbangan adalah keniscayaan, itu yang terjadi dalam proses pembangunan negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s