environmentalisme; Think Critically Act Locally


Kaum muda bergerak. Keadilan lingkungan untuk semua. adalah spirit environmentalist movement yang sedang dikembangkan walhi “return” di Jawa Timur. Angkatan pertama, yang kami sebut sebagai “special generation” di training menjadi environmentalist itu gampang (meG@) di ikuti 15 pemuda-pemudi yang luar biasa. berani berfikir sebaliknya atas apa yang terjadi disekitar mereka. selama tiga hari mereka berproses. mulai dari membangun kekuatan bersama dalam training meG@ di rumah pucang, tepatnya Jl. Pucang Anom Timur II No.21 Surabaya Telp.031-5014092. Hari kedua mereka belajar menemukan visi pribadi, yang akan membedakan dengan generasi muda lainnya. bahwa punya visi dalam hidup adalah sangat baik untuk mengenali siapa “pribadi saya” sebenarnya. kenapa ini penting, sebab saat ini banyak pengangguran ber IP tiga koma (begitu sub judul sebuah berita koran nasional di Indonesia). Ya! telah jutaan orang muda bersekolah hanya karena “gengsi”, bermental pekerja, tidak kreativ dan tidak punya citra diri, DLL.

Bersama di hari kedua training meG@ ini, kaum muda di rumah pucang ini berani keluar dari hal-hal biasa. mengimpikan masa depan yang belum pernah di impikan. sebab dengan mimpi kita telah melatih neo cortex otak kita untuk menemukan kecerdasan yang membangkitkan imajinasi. imajinasi bisa melahirkan pengetahuan, tetapi pengetahuan itu sendiri terbatas. setelah mendapatkan chalenge the dream, mereka mulai merancang masa depannya dengan memaksimalkan kerja otak kanannya. tetap dengan aneka desain dan gambar warna-warni yang merangsang kerja otak makin bernergy. mulai ada yang ingin menjadi duta environmentalist yang mendunia, kota impian yang bersahabat dengan lingkungan hidupnya, dipenuhi dengan aneka tanaman dan sungai yang jernih, DLL.

Orang muda luar biasa, environmentalist generation. bersahabat, saling percaya sampai pada hari ketiga mereka merancang tindakan baru dalam praktek environmentalist. muncul ide-ide praktis yang akan dilakukan, salah satunya adalah mengembangkan minat untuk membuat tulisan yang menjadi ajang aktualisasi gagasan orang mud dalam merekam apa yang terjadi di sekitar kita. tentunya tetap dalam kaitan dengan kondisi lingkungan hidup. Ok, prend-prend muda, kita tunggu karya innovatif dalam membuat terbitan-entah jurnal-bulletin atau info kreatifnya terkait apa yang terjadi di sekitar kita.

ini adalah awal dari impian 30.000 orang muda environmentalist yang akan kita jangkau selama 3 tahun ke depan. gerakan lingkungan kami “walhi” merefleksikan selama ini ada tradisi yang tidak meregenerasikan gagasan dan gerakannya, sehingga belum maksimal menjangkau kaum muda, maka keterlibatan kaum muda dalam gerakan lingkungan pun sangat kecil, dan kalau kita mau mengakui jangkauan kita yang terbatas. maka training vibrant environmentalist sangat layak menjadi strategi. sebab dia tidak mahal, cukup alokasikan waktu, rekrut secara terbuka siapapun kaum muda yang bersedia, pasarkan gagasannya sesuai dengan tradisi “live style” mereka, bergandengan tangan dan berfikir sebaliknya kita sebarkan virus environmentalist.

hidup – bersahabat – berbagi… kaum muda bergerak untuk keadilan lingkungan, berkembang menjadi diri sendiri, menemukan energy innovasi, kita perluas gerakan keadilan lingkungan di sekitar kita.

so, tetap Think Critically – Act Locally.

Selamat Datang Angkatan pertama dan angkatan muda lainnya, Kamu telah menjadi Keluarga Environemntalist Nasional (ken)

One thought on “environmentalisme; Think Critically Act Locally

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s