ASFEstival 2007


Kompas Dari Spidol Berbuah ASFEst 2007

Sapi kontemplasi ; sapi sunyi sekali

 

Sapi pintar memanjat ; sapiderman

 

Sapi bisa untuk nulis ; sapidol

 

            (he, he, he…. by: sapi bergembira)

 Pada suatu sore, seminggu  sebelum lebaran 1428 H. Menjelang buka puasa, saya ngumpul bersama alumni andalan Green Student Environmentalist (GSE) Surabaya. Tempat yang kami pilih adalah Kedai Hijau Kampoeng Nelayan, view one stop service café resto n kolam pancing ikan segar, lokasi di tengah Kota  Sidoarjo. Acara dibuka Prita sang manager andalan Penggalangan Sumber Daya Eksekutif Daerah WALHI Jatim. Tantangan pertama. Saya usulkan memulai pertemuan dengan cerita terbaru, menjadi luar biasa dan berdampak pada semua orang. Itu yang kami sepakati. Prita, Rini, Andik, Echa, Roni, Didit, Suliyat, Pipi, mendapatkan bonus bercerita diawal pertemuan. Sedang Abenk dan Anjar datang belakangan langsung gabung. Hasilnya, semua menjadi bersemangat dan antusias dalam meeting “break buka puasa”.

 Apa yang dibayangkan dengan tempat ini sebelum berangkat dan apa yang dirasakan saat berada di tempat kedai hijau kampoeng nelayan? Itulah pertanyaan saya kepada teman-teman. Kami memulai dengan memutar spidol  (ujung yang dipakai menulis biasanya, diputar oleh siapa yang mau mengawali) dan akhirnya spidol menjadi kompas penunjuk siapa yang dapat giliran bercerita. Semua menceritakan dengan mudah dan sederhana. Mengalir jadi energi positif. Simpel dan konkrit adalah cara partisipasi pertemuan ini.

 Saya melakukan gerilya fasilitasi dengan mengusulkan : ”Ceritakan pengalaman mengikuti HUT sebuah lembaga/perusahaan/organisasi yang menurut anda adalah luar biasa?” Banyak ide yang kemudian keluar dari pengalaman masing2 orang. Edan! Cerita mobilisasi sebar selebaran oleh sebuah perusahaan dengan Helikopter, bahwa setiap pemegang selebaran itu mendapat voucher yang bisa ditukar hadiah langsung jika datang ke perusahaan. Ribuan orang datangi perusahaan ini dengan antrean panjaaannggg untuk menukarkan vouchernya pada hari yang ditetapkan. Amazing cerita ini!

 Setelah buka puasa. Kami lanjutkan dialog ”meja makan” dengan menemukan berbagai ide luar biasa. Seperti rencana Ulang Tahun WALHI yang ke 27 di tahun 2007 ini akan dimulai pada 27/10 hingga 27/11. Sesi diskusi menemukan branding menjadi menarik ketika ada pertanyaan: apa branding acara HUT WALHI ke 27 ini? siapa kelompok sasarannya? apa ide baru kita? bagaimana melakukannya? Setelah senam otak kanan-kiri, merangsang limbic system (pengalaman bawah sadar) kami saling memeras hati dan otak, keluarlah berbagai koleksi gagasan cemerlang. Daftar belanja ”ide” pertemuan ini menjadi ”tabungan” yang siap diinvestasikan.

 Action Support For Environment Festival – ASFEst 2007. Adalah akronim setelah melakukan reframing atas acara HUT organisasi lingkungan tertua dan terbesar di Indonesia (WALHI). Niatnya temuan Brand Image ini bisa dipakai setiap tahun di WALHI Jawa Timur. Ya inilah energy cerah dan penuh lompatan dalam mendesain kegiatan. Struktur yang biasanya kita sebut panitia, berubah menjadi pemain panggung (nyuri walt disney way). Dan tentunya pementasan mesti punya sutradara, penata gaya, team kreatif, sumber modal, pool resources, sales ide, perekam event, dll.

 Brand telah diciptakan. Kemudian ikon ”personifikasi” yang akan menjadi simbol ”maskot” juga diciptakan. Team outline (komunitas komik Surabaya) menyumbangkan desain pohon (berwajah, bertubuh, berambut, lengkap dengan gaya manusia) sedang melakukan aneka gaya seperti; bicara aksi kritis, mengajak, menunjukkan, menantang bertindak, mengapresiasi, dll. Ikon ini kemudian diberi nama, dengan dua usulan  nama Si ENVI atau Si PALING. Envi (dari; Environmentalist), PaLing (dari; Pahlawan Lingkungan).

 Akhirnya sebulan ini kami akan membuka Celebrate WALHI 27th dengan Launching Rumah Komunitas Lingkungan. Dilanjutkan dengan open house rumah komunitas lingkungan (di rumah pucang – sebagai GREEN SOCIETY TERMINALS). Pameran di green gallery rumah pucang selama sebulan penuh (foto aktivitas, lukisan, komik, karikatur, seni instalasi, dll). Menyelenggarakan susur sungai gratis untuk pelajar SLTA (tapi syaratnya adalah mereka yang punya rangking 1-5 di sekolahan masing2). Training Jurnalis Lingkungan ANDALAN untuk mahasiswa dan kaum muda berusia 17-22th. Pelatihan Youth Environmentalist Leadership Program (YELP), biaya Gratis. Membuka Klinik komik sabtu-minggu untuk umum. Dan penutupan kami selenggarakab Environmentalist Gathering dengan Green Music ala Enviornmentalist muda di Rumah Komunitas Lingkungan. Sebulan kedepan jadi punya banyak tantangan. Tentunya harapannya makin banyak yang bisa terlibat dalam gerakan lingkungan dan selalu mengembangkan komunitas lokal yang multi lokal dengan spirit interest masing2. Bahagia rasanya!

 Makin yakin aja kalau Vibrant yang membantu melahirkan antusiasme disertai energi refresh, rileks bisa menimbulkan “AHA – Kejaiban ” di berbagai kesempatan. Kami telah melakukannya. Lalu kapan anda mengalaminya? Sukses untuk ASFEstival 2007 di Jatim.

SELAMATKAN LINGKUNGAN DENGAN CARAMU!!

 Ipoel

 

2 thoughts on “ASFEstival 2007

  1. Pelayanan Limbah Domestik : Industri;Perkantoran; Gedung/Apartment; Perumahan; Sedot WC; Air Kotor; Saluran Mampet;Rembesan & Bikin Septictank Hubungi : ISKANDAR No. Tlp. 021-74631310 & 021-70492265

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s