Volunteer Pembaharu


ADA-ADA SAJA DAN SELALU SAJA ADA!

Kemarin fasilitasi Voluntary Community Organizer (VCO) di Ponorogo (27-28 November 2007). Di ikuti 35 peserta mulai dari pendamping program dan para VCO dari 13 Desa dari 3 Kecamatan. Membuka acara dengan perkenalan mandala diri bagi peserta sudah menjadi tantangan, karena sebagian besar peserta merasa sulit menggambar simbol atau “image” yang mewakili empat pertanyaan. Tetapi akhirnya mereka masuk ke learning zonenya. Kemudian bergantian berbagi cerita dengan penuh senyum bahagia.

Tema pelatihan ini adalah tentang pengorganisasian, dan sengaja di slide pembuka saya beri tema “ADA-ADA SAJA DAN SELALU SAJA ADA”. Dan saya mengenalkan Vibrant Communication yang saya dapatkan dari INSPIRIT. Memulai dengan apa itu  pengorganisasian, tetap mereka saya minta menjawabnya dengan mengaktifkan otak kanannya. Jadi tetap membuat desain cerita, tetapi dari kumpulan print out  kartu “clip art” yang saya ambil dari laptop.  Hasilnya semua orang berkelompok dan presentasi dengan unik. Segar energi belajarnya. 

Membangun impian desa yang akan diorganisir mereka. Saya berikan tantangan untuk membuat impian bersama dan menjelaskan jika kita bekerja mengikuti impian bersama itulah awal mewujdkannya menjadi kenyataan. Berangkat dari apa yang bisa membuat desa kita selamat, sejahtera, harmoni sesuai dengan impian anda. Dasyat hasilnya, mereka mengimagekan bahwa di desa mereka akan punya klinik, sekolah, energy alternatif, media komunikasi (radio dan TV lintas kampung).

Dimalam hari kedua saya coba menantang mereka mengenali realitas sosial mereka, tetapi tidak analitik. Jadi saya tantang dengan membuat karya puisi ciptaan kelompok. Sebelum mereka menciptakan puisi, saya putarkan kekuatan puisi di dunia. Mulai kisah pablo neruda di Chile hingga Wiji Thukul di Indonesia (yang hilang hingga sekarang). Hasilnya tercipta puisi yang menginspirasi. Bahwa kenyataan sosial mereka adalah peluang untuk melakukan perubahan, itu tema yang saya tangkap dari puisi para VCO.  

Review dengan membuat surat kepada orang paling dicintai dari proses belajar hari pertama hasilnya mengharukan. Di clossing saya gunakan kartu tarot dan mereka mengambil untuk memberi penjelasan singkat dari apa yang dirasakan selama dua hari peatihan. Hasilnya luar biasa ”saya seperti mendapat ilmu langsung dari langit dan baru kali ini saya bisa tenang, enak ngomong dihadapan orang banyak”, begitu kata pak bakir. Sedangkan Mba Enny yang tinggal di Desa lain mengungkapakan perasaaannya, bahwa ”saya merasa menjadi makin terbuka seperti gambar ini, yang ada pelangi dan ada dua orang yang tangannya terbuka” jadi siap belajar terus menerus dan mengembangkan apa yang saya peroleh disini untuk teman2 di Desa.

Selamat buat para VCO yang telah memberi saya banyak hal dari perjumpaan dua hari ini. Terima kasih kepada mas Yus, pak Huri, dan semua panitia yang lain. Juga tak lupa Sayid yang sudah mau menemani hingga mengambil tas kecilku yang ketinggalan saat mau pulang. Kapan cerita pengalaman yang benar2 baru dan tidak pernah Anda lakukan dalam hidup bisa dibagi?

 

ipoel

 

 

 

Tinggalkan Balasan

