Hari Bahagia


beberapa waktu lalu saya membaca buku Dalai Lama. dia mengisahkan cara hidup bahagia. bahwa cukup sederhana dia memaknai bahagia. dia bertanya “apakah disaat anda ingin mengunyah makanan kesukaan disaat lapar, kemudian itu terpenuhi anda bahagia?” ataukah “Anda merasa tidak nyaman hidup di tempat tinggal yang lama dan Anda memutuskan untuk pindah?” dan “setelah itu apakah merasa lebih baik dan itukah yang anda pahami sebagai bahagia”. sebenarnya itu adalah kesenangan, sebab bahagia itu sumbernya ada di dalam diri “jiwa”. dia memang tidak dipengaruhi oleh energy diluar kita, tetapi ada didalam jiwa kita “dia bersemayam” pada diri tiap orang. tinggal anda mau memesanya untuk hadir dalam kenyataan dan pengalaman hidup Anda.

hari ini saya memfasiltasi TOT internal keluarga rumah pucang. kontentnya tentang manajemen resiko bencana. dikawinkan dengan upgrade skill para fasilitator Andalan Rumah Pucang. Saya mulai dengan mengajak menilai apakah pelatihan ini penting? kemudian berlanjut pada meminta mereka untuk menggambarkan apapun dalam hitungan sepuluh detik. semua orang memilih warna spidol favourit masing-masing. saya tambahkan syarat menggambarkan apapun tetapi menggunakan tangan kiri (kebetulan ini saya yakini bisa menjadi tantangan bagi peserta). dan media yang dipakai menggambar ini di satu lembar kertas folio saja kemudian digilir pada teman disebelahnya hingga mendapat jatah semua.

kemudian satu persatu saya minta memberikan apa makna masing-masing dari gambarnya. luar biasa semua memberikan jawaban yang simple, seperti damai, dua anak saya, kasih, belajar. setelah itu saya minta setiap orang untuk memberikan makna image dan kata yang diciptakan dengan Manajemen Bencana. seger memulai sesi ini tanpa menyerang pikiran mereka.

Semua orang mendapat giliran untuk memfasilitasi. termasuk setelah saya mengawali melakukan proses refleksi dan umpan balik setiap kali seorang tampil menjadi faslitator. maka selanjutnya peserta sendiri lah yang memfasilitasi proses terkait topik2 manamejen bencana (mengenali apa itu bencana, mengurai dampak dan tindakan apa saja dan menanyakan apa yang dikelola). setelah itu kontent tanggap darurat (apa itu darurat, manajemen kedaruratan, assesment, posko, evakuasi), sementara barak-logistik-memulihkan trauma-dan relasi sosial besok pagi.

saya terkesan dengan penampilan mereka semua. banyak hal yang saya dapatkan, termasuk penampilan perdana team baru kami “AROK”. yang mendapat giliran fasilitasi assasement info di tanggap darurat. setelah mempelajari sebentar kontentnya, dia lalu mengajak semua peserta msuk zona belajar dengan proses merasakan. dia bisikkan sesuatu pada orang paling ujung kanan, kemudian diminta meneruskan ke orang sebelah dan seterusnya sampai semua mendapat bisikan. selanjutnya dia tanya apa pesan yang sampai pada orang terakhir. saat menyebutkan, semua langsung saling pandang dan tertawa lepas. terutama peserta yang pertama mendapat bisikan. sebab ini berubah dari yang dia terima diawal. terima kasih Arok, aku pasti akan menggunakan temuan ini di tempat lain dengan kontent yang berbeda pula.

Sesi umpan balik proses belajar terasa mengharukan ketika semua mengucapkan sangat senang, cukup senang, sangat bahagia dan menjadikan hari ini benar-benar bersejarah, pasti semakin indah dan bahagia kita semua jika yang seperti ini di buat makin sering untuk materi pengetahuan yang lain (demikian abeng mengapresiasi proses belajar. (itu . bahwa kontent dan proses belajar yang dilakukan sangat segar dan memadukan proses bermain dan belajar yang isinya benar-benar dapet (begitu pesan echa). bahkan situasi ini sungguh mengesankan dan membuat energy keluarga rumah pucang makin dasyat rasanya karena setiap orang berbagi dan menjadi yang terbaik dalam sesi upgrade skill fasilitator Penanggulangan Resiko Bencana (begitu pesan Prita). semua saya menyangka tadi pagi melihat mas Ipul ekspresinya kurang semangat saat datang di Rumah Pucang dan membaca koran, ternyata asumsi saya keliru ketika melihat energy dan ekspresi fasilitasi mas ipul hari ini (terima kasih pur sudah menyampaikan pengamatannya yang berkesan).

terimakasih kawan-kawan semua. saya juga merasa sangat bahagia hari ini dan sore ini, sebantar lagi saya akan menceritakan ini kepada istriku dirumah dan kami akan merayakannya dengan saling berbagi cerita bahagia yang lain. sampai jumpa di sesi besok pagi ya…….
saya merayakan kebahagiaan dengan Vibrant! dunia berubah. Manusia penuh keagungan insani pelakunya… kapan Anda berbagi melakukan dan merasakannya…??

ipoel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s