Bau-bau


jam 5 pagi dah di juanda tuk berangkat fasilitasi ke Bau-bau. masih dalam kesempatan bantu proyek Inspirit meningkatkan kapasitas pembaharu kampung di SULTRA. transit di Bandara Hasanudin Makasar selama 6 jam. banyak terjadi ledakan gagasan ditengah menunggu siang hari berangkat ke Bau-bau. untunglah ketemu dengan buku kecil yang menginspirasi. keputusan besar dan bermakna yang dilakukan oleh seorang pendiri Roam To Read. sebuah Blink (berfikir tanpa berfikir, begitu kata Gladwell). karena si John Woody mengalami ledakan gagasannya dari perjalanan wisata hiking ke Himalaya. setelah berkomunikasi dengan seorang pengajar sekolah anak-anak disalah satu desa di Nepal. Dentuman kata si guru “barangkali anda suatu ketika datang dengan membawa buku pak!”. membuat si john impian dan imanjinasinya menjadi menari-nari. sehingga dalam kurun waktu tidak sampai 15 tahun dia berhasil mengembangkan Roam to Read di seluruh Asia 3600 ruang baca untuk anak dan beragam program beasiswa pendidikan.

pengetahuan. sebuah keajaiban yang diyakini oleh john akan mampu mengubah dunia. padahal ledakan gagasannya sendiri bukanlah pengetahuan, tetapi imajinasi proses dasyat tentang makna hidup. setelah puluhan tahun hidupnya dibajak oleh kenaifan-kenaifan untuk “sekedar menjadi kaya”, menjabat orang penting microsoft yang ditugaskan di Sydney dan kemudian dipindah ke beijing. ternyata cukup membuat dia teraleneasi atas makna hidup yang sesungguhnya. pertanyaan apa yang akan saya wariskan pada dunia, manfaat apa yang harus saya lakukan dengan penuh bahagia sebelum mati menjadi pemicunya.

empat hari di bau-bau sangat berkesan. bertemu dengan para pembaharu kampung yang antusias dalam mengembangkan visi membngun komunitas kreatif vibrant. hari pertama comic life menjadi hal baru buat peserta. kemudian muncullah beragam cerita dan makna selama enam bulan terakhir aktivitas mereka dalam membantu kelompok dan mencipta kegiatan di tempat masing-masing. hari kedua membangun visi, kami kenalkan Music n dancing tuk visioning. hasilnya extacy oleh salah satu peserta membawa efek semangat luar baisa bagi kelompoknya. Rasyid nama orang ini, hari pertama masih jaim-jaim. tetapi hari ini dia dan kelompoknya menularkan emosi yang luar biasa saat menciptakan bunyi dari gelas, kayu, palstik, kertas, batu dan alat-alat apapun yang ada di sekitar mereka. bahwa inilah metafora seorang leader kreatif seharusnya tidak pernah berhenti mencipta hal-hal baru dan energy bagi kelompoknya. bahwa leader juga harus selalu semangat untuk menjadi inspirasi bagi kelompok, begitu refleksi kelompok ini.

malam terakhir, saya sama Yaya sempatkan diri keluar dari hotel, ditemani si udin yang gaul. saya sebut gaul karena dia pintar bergaul. salah satu tandanya adalah ketika kami jalan, dia banyak disapa dan menyapa orang. saat di hotel, mulai dari sopir, staff, karyawan kenal dia. saat di resto sang pemilik kenal, pengamen pun sampai tidak berani mengamen kepada kami karena liat dia “sebab kenal baik”. akh udin, kau memberi begitu banyak kesan.

terima kasih kawan-kawan peserta komunitas kreatif vibrant di Muna dan buton, terima kasih udin dan semua kawan yang membantu di acara. debur ombak yang selalu terdengar ketika beranjak malam, masih kuingat saat santai dikamar dan mengerjakan slide tuk persiapan esok hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s