Bisnis Sosial


Memperluas gerakan mempengaruhi orang lain yang mendapatkan respon, memahami manfaat dan menimbulkan efek pada gerakan lingkungan. ternyata bukan hal yang rumit. tetapi hal itu bisa Anda lakukan dengan mudah-murah-cepat dan menyenangkan. pengalaman seperti ini saya alami ketika memperluas gerakan menyelamatkan hutan lidung dan menolak PP.2 Th.2008 yang membuka kesempatan kepada pihak pemodal untuk menyewa hutan indonesia.

Masih dalam rangka memperluas ide merekrut relawan dan donatur dengan P.A.S.P.O.R Relawan Penyelamat Hutan Indonesia. pada tanggal 28 kemarin saya lakukan di Kota Malang. dihadiri oleh kaum muda, mahasiswa, dosen, putri lingkungan kota Malang dan beberapa masyarakat komunitas serta NGO. konfirmasi dari kawan Lulu, Alumni pertama Green Student Environmentalist Kota Malang yang kuliah di Institut Teknologi Nasional “yang hadir besok sekitar 40 orang”. ternyata saat saya datang mencpai hampir seratus orang. sungguh diluar di dugaan, sehingga dia dan teman-temannya harus mencari air minum yang jumlahnya setara dengan jumlah orang yang hadir.

Lulu, anak muda dari kepualauan Buton-Sulawesi Tenggara. bagi saya sangat luar biasa energinya. saya teringat ketika pertama kali membahas desain ide Paspor Relawan ini, dengan memakai celana pendek (satu-satunya yang tersisa, karena celana panjangya sedang di cuci). datang ke sebuah Cafe, yang menjadi janjian pertemuan saya dengan Dewan Daerah WALHI Jatim. Selanjutnya kami berbagi tugas. saya harus mengalokasi waktu, Anggota DD WALHI jatim mngundang orang dan lulu juga mengundang alumni GSE serta kelompok mahasiswa lain.

hasilnya pada tanggal 28 Maret, bertempat di sebuah ruang kelas kuliah ITN adalah momen yang tidak mudah saya lupakan sebagai proses pembelajaran. sebab disinilah saya temukan anergi yang mengalir begitu haibat. saya mulai pertemuan dengan mengapresiasi siapapun yang hadir “selamat datang pada pertemuan bisnis sosial, wahai para calon investor dan relawan penyelamat hutan Indonesia” begitu sambutan saya. kenapa saya sebut ini bisnis, sebab ini adalah perkenalan saya dengan Anda untuk menginvestasi gagasan dan gerakan penyelamatan hutan. saya perkenalkan apa manfaat bagi mereka kalau menjadi Relawan dan berdonasi. dengan antusias mereka menyambut dialog pada saat setelah 20 menit saya presentasi. dengan menjadi relawan akan mendapatkan investasi pengatahuan “training singkat” meningkatkan seni komunikasi publik dan melakukanpublic fundraising, selanjutnya bagi mereka yang paling tinggi mendaptkan dukungan akan diberi “award” dan menjadi simbol membangun gerakan penyelamat hutan indonesia.

Mahasiswa dari lintas perguran tinggi di Malang (ITN, Unibraw, Widyagama, UMM) dan beberapa dosen menyatakan mendukung gerakan ini. satu orang dari putri lingkungan kota Malang menyebut ini informasi yang sangat bermanfaat dan seorang mhasiswa juga menyebut orientasi kebijakan ini merupakan pembodohan dan penjajahan baru. wow… dasyat respon mereka, padahal saya dalam presentasi tidak menyebut-nyebut ini adalah “kurang ajar”, tetapi ini “penghinaan” bagi masa depan Indonesia. maka kita mau terus dihinakan atau mau berbenah dengan membangun gerakan “meledek/menyindir” dengan menyewa hutan sendiri dengan harga yang lebih mahal dari ketetapan pemerintah.

Akhirnya saat sesi dialog berakhir. saya tantang semua yang hadir untuk menjadi relawan dan donatur. hasilnya edan! sejumlah 76 formulir ludes di isi oleh peserta untuk daftar jadi relawan. dan sebanyak Rp 136.000 uang terkumpul untuk menyewa hutan lindung Indonesia. benar-benar cara yang mudah-murah-cepat dan asyik dalam melibatkan orang lain dalam meberikan dukungan bagi gerakan lingkungan. hanya dalam satu jam setengah kami mendapat 76 dukungan orang baru untuk menjadi relawan penyelamat hutan.

ok. terima kasih buat semua yang hadir saat itu dan para relawan yang telah bergabung. kemarin di Surabaya juga telah dilakukan aksi launcing PASPOR RELAWAN PENYELAMAT HUTAN INDONESIA. Relawan di Kota Surabaya telah bergerak dan menggalang dukungan kepada masyarakat luas. kapan Anda akan bergabung dalam aksi ini? caranya gampang hubungi aja rumah komunitas gerakan lingkungan di Jl. Pucang Anom Timur II No.21 Surabaya Telp 031-5014092 atau email: walhijatim@gmail.com. atau gabung aja di Friendster Relawan penyelamat hutan Indonesia yang di kota Malang ( n_forest_savior@friendster.co.id) atau hubungi email; n_forest_savior@yahoo.co.id

ipoel

Tinggalkan Balasan

