YAKITA


Fantastic, demikian menyebut kata saat memilih satu kata yang mewakili perasaannya hari ini. Banyak hal baru, ide, paradigm yang menambah saya untuk memaknai manusia. Terbayang setelah ini akan mengembangkan berbagai hal yang akan saya lakukan bersama team work di YAKITA untuk makin produktif. Pertemuan hari ini dari mulai hingga penutupan benar-benar membawa pencerahan. “Wow”, dari sekian bulan yang lalu kegiatan yang tertunda hari ini benar-benar bisa membuktikan proses belajar yang memang WOW, demikian Dini memilih satu katanya. Bahagia Sekali, begitu Bruri mewakilkan perasaannya pada pertemuan capacity building YAKITA. “THINK Smart” itu yang saya rasakan dan menjadi energy selanjutnya beraktivitas, demikian Adit menemukan kata terindahnya hari ini. Saya sangat senang, Anggi memberikan kata penutupnya di sesi feedback. Seorang lagi yang saya juga ingat adalah Echin, dia alumni pertemuan YSE Ashoka yang dilakukan di wonosobo, memilih kata yang mewakili perasaanya adalah Fresh (segar), saya menjadi makin segar dan serasa mendapat energy tambahan dari proses belajar sehari ini.

Melewati pengalaman yang membuat Saya benar-benar sangat bahagia. apalagi mendengar kejujuran kaum muda pembelajar yang percaya pada impian, cita-cita, visi dan adanya dunia yang lebih baik jika kita menciptakannya mulai saat sekarang.

Hari ini saya dipercaya menjadi fasilitator sebuah kelompok aktivias sosial kemanusiaan mengelola proses belajar sehari yang menantang tantang membangun Team Work dan Relawan Andalan, berlalu dengan sangat segar, penuh antusiasme, keterlibatan aktif semua partisipan kaum muda yang rata-rata belum genap 30 tahun, bahkan diantaranya belum 25 tahun. Saya kagum pada semangat, motivasi, keyakinan dan keuletan mereka mendampingi Orang Hidup dengan HIV AIDS, mendampingi siswa SLTA dan SLTP yang ingin terlibat pada program ini. Begitu juga menerobos birokrasi LAPAS (lembaga permasyarakatan) yang menjadi sarang hukuman “kaum krimina”, bisa mereka jadikan tantangan kelompok sasaran untuk program kepedulian dan penanggulangan HIV, Narkoba, menghindari seks tidak aman dan aneka seputar aksi stop aids.

Memulai sesi perkenalan dengan pengalaman terbaik. Setelah itu saling bercerita, membuat suasan jadi nyaman dan mendapat pengetahuan tentng siapa rekan kerja saya setiap hari, begitu Adit member kesan metode perkenalan yang telah dilewati. Saya orang yang bersemangat, begitu Andre berkenalan. Saya Visioner, Dita tidak mau ketinggalan menyampaikan tentang 10 kekuatan utama dirinya di urutan pertamanya. Saya punya kecerdasan linguistic dan bergaul, Si Dini berbagi tentang kekuatannya. Saya bisa bekerjasama, Anggi menimpali saat mendapat giliran berbagi kekuatan utamannya.

Tidak perlu asisten kah mas? Demikian Adit menawarkan dirinya saat saya mau pulang dari kantor YAKITA. Langsung kami semua tertawa ngakak mendengar ucapan spontan Adit. Bahagia. Bahagia. Bahagia dan bahagia saya hari ini, setelah membantu proses pertemuan kelompok kaum muda kreatif yang peduli pada isu penganggulangan HIV/AIDS dan pengembangan kegiatan berbasis publik untuk memperluas gerakannya. YAKITA sebagai pusat Addiction Treatment and Recovery Community Center. dimana fokusnya adalah mencipta persatuan, pelayanan dan pemulihan demikian tulisan kecil di kartu nama sang manajer program yang diberikan kepada saya ketika mau pamitan.

Saya mendapat begitu banyak energy dari orang muda penuh semangat dan berbinar-berbinar untuk melanjutkan mendesain kegiatan training, aksi sosial yang lebih berdampak pada komunitas, kelompok dan para pihak lainnya. Salah satunya dalam waktu dekat adalah mengenalkan skill training yang menyegarkan bagi para aktivis, juga guru-guru sekolah yang berminat belajar bersama mereka.

belajar adalah proses mencipta! lakukan saja, sempurnakan sambil berjalan!

belajar adalah proses mencipta! lakukan saja, sempurnakan sambil berjalan!

Disesi terakhir tentang membangun visi masa depan bersama team work. saya pergunakan alat bantu TAROT CARD. lalu saya tanya tentang bagian yang paling disukai, kemudian kaitkan dengan prestasi membanggakan paling puncak yang anda alami dalam kerja team. Lalu selanjutnya di kartu itu, jika Anda menjadi bagian didalamnya dibagian manakah posisi Anda. ternyata uniknya semua orang sampai begitu banyak yang menjadi jelas. gunawan misanya dengan mengambil sebuah gambar yang mirip setan, menemukan penjelasan menarik bahwa setan sesungguhnya bukanlah yang menggoda manusia untuk menjadi gagal. tetapi manusia pelaksana hidup itu sendiri yang kadang berperilaku tidak lagi manusia. sebuah reframing  tentang makna manusia dan hidupnya. Gambar saya adalah mirip wanita yang berada ditengah lingkaran yang membuat dia sepertinya susah keluar darinya, tetapi melihat wajahnya tetap semangat, enjoy, maka masalah didunia itu juga sama bisa dinikmati dan asyik aja kita menghadapinya, itulah kalimat Iwet yang juga mengeluarkan keunikannya. senang melihat semua orang makin lepas dan jujur menceritakan kontribusi dirinya dalam bekerja sama mencapai tujuan kelompok.

Terima kasih kawan-kawan semua. Saya banyak belajar dari kalian semua. Ditunggu aktivitas dan proses belajar bersama lanjutannya untuk mencipta kreativitas untuk dunia yang lebih cerah. ditunggu kabar selanjutnya untuk proses belajar bersama dan mencipta inisiatif baru yang lebih segar… getarkan dunia dengan semangat dan gairah hidupmu mencipta perubahan!

ipoel

4 thoughts on “YAKITA

  1. thats why I always reminds him!!!
    bertemu 1000 wajah dalam keseharian kita bukanlah suatu yang luar biasa manakala kita tak lagi mampu menggali makna…
    sungguh .. sungguh berbeda, aku dulu dan kini setelah menerima kesempatan session fasilitasi yg sarat makna,,
    menghargai setiap keunikan makhluk tuhan bernama manusia, membuat hidup terasa lebih ringan adanya
    tak ada lagi airmata ketika sahabat mengecewakan kita, justru doa tulus mengiring kesuksesan langkahnya
    tak ada lagi amarah ketika dunia enggan menghiraukan ledakan kita, justru ketenangan dan tegar yang ramah memancar

    thanks ya mas ipoel, fasilitasimu membantu aq lebih memaknai hidupku
    mengubah setiap rasa sakitku menjadi energi positif yang baru, thanks
    taqabullahu minal wa minkum, minal aidzin wal fa idzin, met pwasa salam tuk smua keluarga

    Suka

  2. setiap orang adalah pribadi yang uni, tapi orang yang mampu menggerakan dan menyadarkan orang dari tidur panjangnya itulah yang lebih unik. he…e…ee….

    Suka

Tinggalkan Balasan

