The Ecopreneur


Kampoes Ecopreneur - aksi kreatif gerakan lingkungan.

Kampoes Ecopreneur - aksi kreatif gerakan lingkungan.

Ecopreneur Institute (EI) adalah perusahaan innovasi sosial hibrida. Yang didirikan oleh asosiasi individu kreatif pada tahun 2008. Latar belakang pendirinya kumpulan dari aktivis sosial yang sudah lebih dari sepuluh tahun bergerak dibidang lingkungan hidup, akademisi, aktivis hak asasi manusia, penulis cerpen-novel, jurnalis, pemasar gagasan innovasi sosial. Yang kesemuanya ”expert” dapat diandalakan dan bisa bertanggungjawab pada bidangnya.

EI percaya bahwa setiap orang bisa mempengaruhi perubahan. Misi utama kami adalah mempromosikan gagasan ecopreneur, menginisiatifi hal-hal baru untuk gerakan lingkungan dan menemukan, membantu, mengapresiasi para pelaku ecopreneur di Indonesia.

Bagaimana cara EI bekerja?

Dalam keseharian diatur distribusi peran yang sesuai dengan minat dan keyakinan para badan pengurus. Sedangkan untuk mengantisipasi penyimpangan kewenangan kami mepercayakan kepada dewan pengawas. Sedangkan dalam pembagian perannya ada empat unit andalan.

Pertama, unit Kreatif : job deskripsi utamannya adalah merumuskan isu-isu strategis promosi, merancang – membangun team pelatih untuk merancang- melakukan training reguler.

Kedua, unit Enterprise : tugas utamanya adalah Merancang produk-produk Enterpise, menyelenggarakan event kreatif, menggelar FeSTIVAL Ecopreneur Society tahunan.

Ketiga, unit Fundraising Publik, fokusnya adalah Melakukan Fundrasing Publik – membangun dan merawat hubungan membership, merancang marketing Training Fundraising – Canvassing, Dirrect Mail, Direct Dialog, Kegiatan Amal-Donasi, mengelola data base “donatur, membership, relawan, alumni Training/Pelatihan”.

Dan yang keempat adalah unit Media Center. Yakni mendokumentasi aktivitas lembaga (proses, pelaksanaan dan setelahnya), menulis-mendesain-memproduksi-mengelola Tabloid/Bulletin/Journal/koran, mengembangkan Relawan Jurnalist Ecopreneur, mengelola media online ECOPRENEUR seperti webblog, website.

Sedangkan untuk prioritas kerja pada periode tahun pertama kami akan fokus pada :

(1). Mempromosikan Gagasan Ecopreneurship; (2). Mengelola kompetisi ecopreneur; (3). Training/pelatihan Reguler kelas Ecopreneur; (4). Melakukan publik fundraising dan event enterprise yang ditujukan untuk melahirkan tantangan kreatifitas baru.

Dengan saling percaya dan keterbukaan informasi. EI siap menjalin kerjasama yang saling menghormati dengan pihak-pihak lain.

MELAHIRKAN INISIATIF BARU

setiap orang mempengaruhi perubahan - temukan suara jiwanya.

setiap orang mempengaruhi perubahan - temukan suara jiwanya.

Mimpi kami saat ini hingga lima tahun kedepan, bahwa kami sedang melompat untuk melampaui hal-hal yang biasa agar mempunyai tantangan kreatifitas. Untuk itu kami bertekad melahirkan 1000 Ecopreneur, 1000 Alumni Training, 10 DUTA Ecoprneur sampai tahun 2014, dan menjangkau 1 juta orang menjadi member, donatur EI.

Pada tahun 2008—2013 kami fokus untuk mewujudkan produk –produk sosial inovatif : (1). Duta Ecopreneur tahunan ; (2). Jaringan Ecopreneur; (3). Alumni training/pelatihan reguler Ecopreneur; (4). Fasilitator Ecopreneur, dan; (5). Komunitas kreatif multi minat terkait gerakan lingkungan.

Nilai-nilai di EI yang diyakini dalam hidup ini adalah H.I.D.U.P. :

o Hibrida : merengkuh misi sosial dengan enterprise manajemen

o Inovatif : berani berbeda serta peka pada perkembangan sosial

o Dialog : percaya pada komunikasi efektif ciptakan perubahan

o Unggul : bisa diandalkan pada bidang yang jadi tanggungjawabnya

o Pemimpin : berani dan mampu memberi keteladanan kepemimpinan

Dalam setiap proses aktivitas, event, program, festival. Kami akan merekrut Relawan, Raider Nation, Ilustrator, journalist, reporter dan Connecter. Tentunya ini juga terbuka bagi siapapun berdasarkan jangka waktu dan kontribusi yang di tetapkan oleh Manajemen Operasional Ecopreneur Institute.

Sedangkan untuk mereka yang dalam hidupnya telah benar-benar mendedikasikan hidupnya secara konsisten melestarikan lingkungan, yang disertai dengan dampak perubahan sosial sekitarnya, melahirkan dukungan masyarakat dan mudah direplikasi ditempat lain. Maka inilah yang kami sebut sebagai MAVENS ECOPRENEUR (ME). MEseperti inilah yang layak medapat apresiasi. Tentunya hal ini melalui proses tahap demi tahap yang kredibel, melibatkan assessor yang sudah teruji dalam proyek innovasi sosial, menominasikannya di hadapan para Maestro juri Ecopreneur Institute. Selanjutnya untuk yang terpilih menjadi (ME), akan mendapatkan dukungan untuk hidup, pengembangan kapasitas, mempromosikan, membantu memperluas jaringan dan mereplikasi gagasan luar biasa ditempat lain.

Kompetisi untuk memilih DUTA Ecopreneur sebagai trend dan gaya hidup baru juga akan digelar setiap tahun. Sebuah forum alumni dan jaringan training/pelatihan reguler juga akan dimaksimalkan menjadi ajang interaksi sosial yang segar. Sedangkan momen yang sengaja dipilih sekali dalam setahun, EI akan menghelat festival masyarakat ekopreneur. Yakni sebuah serangkaian event yang dikemas dalam skala enterprise, mulai dari pameran hingga pawai.

Semua hasil fundraising publik dan donasi, akan digunakan 25 persen biaya operasional sedangkan 75 persennya akan kembali menjadi kegiatan untuk publik. Semua itu akan kami laporkan secara tertulis dan setiap akhir tahun akan mempublikasikan hasil audit oleh akuntan publik yang kredibel. Inilah jalan kreatifitas yang bisa diharapkan melahirkan inovasi sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s