Marketing Sosial


Ecopreneur Institute Way!

Ecopreneur Institute Way!

akhirnya berkumpul juga. ungkapan ini rasanya pas diberikan pada perjumpaan pertama para calon pendiri Ecopreneur Institute (EI). beberapa kawan yang sengaja saya undang untuk hadir di kampoes ngopi guna mengikuti pertemuan memasarkan gagasan bisnis sosial yang saya kemas dalam suasana santai, hangat dan bersahabat.

dimulai dengan berkenalan semua yang hadir. baru saya jelaskan apa itu gagasan EI dan apa kenapa gagasan ini penting? bahwa untuk di indonesia gagasan kewirausahaan lingkungan ini masih asing. karena memang belum ada yang mempromosikannya. maka ketika EI akan menjadi promotor utamanya peluangnya sangat besar.

indikatornya ketika saya sengaja iseng masuk di search engine “mbah google”, ternyata file untuk hal ini di negera sebesar indonesia masih langka banget. selanjutnya adalah seperti yang saya upload sebelumnya di blogg ini. bahwa dengan memadukan semangat misi sosial dan spirit enterprise. akan menjadikan EI sebagai organisasi yang hibrida dalam melahirkan innovasi sosial. mencipta inisiatif baru terkait gerakan lingkungan yang kreatif, menemukan, membantu dan mengapresiasi para pelaku ecopreneur. akan menjadikan warna gerakan lingkungan di indonesia akan makin berwarna.

meniadakan kemandegan, memberikan kebebasan kepada setiap orang yang mau bergabung untuk berkontribusi sesuai minat dan kebutuhannya. menjadi topik yang hangat pada proses memasarkan gagasan yang saya lakukan ini. “jadi apa selanjutnya yang pertama kali bisa kita lakukan secepatnya???” demikian hujan respon dan pertanyaan berulang dari beberapa orang. senang melihat energi kawan-kawan yang hadir, serasa tidak tahan untuk memulai perubahan. “setelah kawan-kawan memilih dan mengambil keputusan, apakah bersedia bergabung menjadi pendirinya. karena gagasan ini tidak mungkin di titipkan pada orang lain. jadi para pendirilah yang akan memulai, berkorban dan penuh totalitas mewujudkannya”, demikian jawaban saya.

bagaimana kita memulainya? kita mulai setelah beberapa orang meneguhkan komitmen untuk segera merancang apa yang mungkin kita lakukan. tentu itu merupakan follow up setelah kita melampaui proses penemuan kekuatan masing-masing orang, karena inilah asset terbesar kelompok ini sebelum memulai. setelah itu kita mengimpikan, impian bersama dan mendesainnya menjadi tindakan.

selanjutnya  selang satu hari saja, pengalaman barunya sudah ada yang bisa dijadikan proses belajar bersama. inilah yang membedakan cara kita bekerja nantinya di EI. setuju! dan dibuat lebih cepat agar kita bisa memulai gagasan yang bagus ini. demikian respon penuh semangat dari kawan-kawan. lakunya gagasan ini memang sudah saya bayangkan sebelumnya dan pertemuan yang singkat ini akan menghasilkan hal yang efektif. terima kasih buat semua yang telah hadir dan membagi energy kreatifnya. tentu secepatnya kita akan kumpul lagi dan sudah makin maju mewujudkan aneka desain taktik dan aktivitas yang bisa diwujdukan.

“pernahkah anda meremehkan sekelompok kecil orang yang sedang merubah dunia, padahal kelompok kecil inilah satu-satunya yang sedang memulai perubahan….” demikian pesan kata-kata bijak dari anoname. tetap dalam bermain-belajar dan bekerja. mencipta hal-hal baru di dunia! (poel).

One thought on “Marketing Sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s