menulis hadiah


besok saya akan berangkat menuju ke Bali. kali ini memenuhi ajakan Master Vibrant dan pendiri Inspirit innovation circless. untuk kesekian kali job fasilitasi akan saya jalani bersama Insipirit. dari TOR yang saya baca besok yang akan menjadi peserta adalah para aktivis yang menggali konsep hak untuk orang yang hidup dengan virus HIV/AIDS. kebetulan sebagian diantaranya adalah dokter. ya itu acara di bali untuk tanggal 21 sampai dengan 23 oktober. malah rencana saya tanggal kepulangan saya undur sehari karena sudah tidak sabar ingin lihat desa Less yang di diami mr.Arso yang begitu cinta dengan bawah air. ya dia penyelam handal, juga pebisnis ikan hias yang handal, serta periset dan konsultan pada bidang ini n pulau2 kecil, nah hebat kan dia?? saya ingin belajar banyak saat bertemua dia. kebetulan selama di Aceh pada bulan agustus tahun ini kami sempat bersama-bersama dalam kegiatan yang di sponsori oleh samdhana.

bali baguseee... kapan Anda Terakhir ke Bali???

bali baguseee... kapan Anda Terakhir ke Bali???

memutuskan berangkat lebih awal adalah cara saya untuk memadukan menikmati seni hidup. ya seni hidup yang sering saya percayai memadukan bermain, belajar dan bekerja. sudah menjadi rencana lama jika tahun ini akan kebali lagi, maka saya akan berangkat dengan jalur darat. berapa jarak sesungguhnya jika ditempuh melalui jalur darat dan memerlukan waktu berapa lama. tetapi jalur darat pastinya akan menyenangkan dan penuh pengalaman.

dari surabaya saya akan naik Kereta Api. kemudian transit di banyuwangi barang semalem untuk menemui para sahabat yang sejak beberapa bulan lalu tidak bertemu. ada seorang kawan yang ide2nya sering segar. Rosdi namanya. kebetulan dia tadi kirim email dan memberi tahu kabar terakhir banyuwangi, yang ternyata “memukul ide kreatif buat saya”, email yang ada attachmentnya saya buka. ternyata isinya adalah foto dia yang lagi memeberi maka nseekor kambing. saya jadi menduga apakah kedatangan saya mau diajak menggembala kambing, menghitung kambing, mencari rumput atau menikmati sate dan gule kambing selama disana besok. akh dijalasani sajalah…. terima kasih rosdi yang sudah membuatku tersenyum barusan sat membuka emailmu….

berangkat menyusuri oestoeck (demikkian jaman belanda menyebut wilayah timur jawa timur yang dimulai dari Pasuruan hingga banyuwangi).

kira-kira sampai banyhuwangi adalah sore hari kalo melihat jadwal di stasiun kemarin, tetapi kereta terlambat dua jam setengah itu biasa, begitu syair lagu iwan fals pada tahun pertengahan 19080-an.

setelah dari banyuwangi saya akan menyeberangi selat bali dan sekitar satu jam katanya sudah sampai pada daratan wilayah bali. langkah indahnya perjalanan seorang diri dengan menikmati bermain, belajar dan bekerja kali ini. tentu saja pengalaman yang akan terkenang, karena saya melakukannya sendirian. berbeda ketika tahun 1997 saya ke Bali bersama dengan teman2 muda sekampung saat itu. dan jika dulu karena memang tujuannya berwisata, kali ini adalah lebih bernilai karena sedang menikmati seni menjalani hidup.

o ya. saat ini saya juag berdoa untuk semangat terbaik buat anak saya ” kak jihan”, yang tadi pagi saya anter ke tempat sekolahnya sedang mengikuti lomba mewarnai. semoga dia lakukan yang terbaik dan mencipta pilihan warna sesuka hatinya. menggoreskannya dengan penuh percaya diri dan sesuai maunya dia sendiri. sebab inilah cara mudah memberikan kesempatan terbaik pada perkembangannya untuk memutuskan dan menikmati yang terindah sesuai dengan yang di inginkannya….

tulisan ini adalah hadiah bagi diri saya sendiri yang selama bulan oktober, baru pertama kali saya kembali mengisi blog ini. saya meyakini setiap hal kecil yang memberi kita kesempatan menjadi diri sendiri dan bisa kita lakukan dengan penuh kebahagiaan adalah layak untuk mendapatkan hadiah.

begitulah seni menjalani hidup…

by: ipoel

Tinggalkan Balasan

