Apa itu Alternatif?


alumni CNI Go Green bersama CERAH Institute

alumni CNI Go Green bersama CERAH Institute

orang pinter adalah orang mampu mengingat, menghitung, menganilisis, mengurai dan menyimpulkan. rasanya koq tidak selalu begitu.

Hari ini saya memfasilitasi training Creatif pemimpin Remaja “Citra Remaja”, yang diselenggarakan oleh Yayasan CNI Peduli di Surabaya. sekitar anak muda belia, mulai dari kelas satu SMP hingga mahasiswa dan pekerja “perawat” dis Rumah sakit yang menjadi peserta.

kali ini saya ditemani partner dengan semangat tinggi, Sayid namanya. dia pemuda dari kota Reog yang sangat energik dan punya minat besar pada gerakan perubahan. terima kasih sudah berkontribusi. banyak berdialog tentang pengalaman dan mengapresiasi proses belajar.

tantangan belajar yang sejak mendapat permintaaan sangat membuat saya membayangkan bakal dapat pengalaman baru. dengan semangat compassion (empati plus), begitu Dalai Lama menyebutnya. maka saya mendapat energy yang luar biasa. dimulai dengan proses berkenalan, semua remaja saya ajak untuk menemukan prestasi paling membangakan dalam hidup kemudian mengenali dengan kekuatan apa melakukannya. setiap orang mendapat kesempatan untu kbergabung pada kelompok kecil dan berbagik kisah luar biasanya kepada teman lainnya. proses discovery yang sempurna. dan tidak butuh waktu lama, sepuluh menit sudah dapat dilalui.

acara yang dikemas dengan tema CNI goi green. toopiknya adalah tentang global warming. apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata pemanasan global… dugaan saya adalah sederet ancaman, krisis, bahaya yang benar-benar dianggap tidak serius, meski awalnya semua sepakat memang ini adalah masalah kehidupan. proses be;ajar inilkah yang kemudian saya balik dengan menyebut pemanasan global bisa diparkir, dan ayo di ciptakan tandingannya!

rumit? tidak. sangat gampang. mulailah dengan berpikir sebaliknya. ya yang benar-benar berbeda. menurut para ahli, media informasi, buku, peneliti, kisah horor didalam efek global warming seoalah dunia tidak lagi punya harapan., dan gerakan apapaun akan niscaya. padahgal tidak demikian. sangat banyak yang bisa dilakukan dan telah ada berbagai alternatif untuk menciptakan harapan di kehidupan sekarang dan masa depan.

mulailah dengan menemukan apa lawan kata global warming! maka pilihannya bisa dengan dingin-kesejukan lokal. maka impiannnya adalah ; BAGAIMANA MEWUJUDKAN DINGIN-KESEJUKAN LOKAL?? Jika ini yang digunakan maka gerakan yang dibangun telah menemukan bahasa masa depannya. dan gerakan tidak lagi dibangun diatas reaksi, dan respon atas situasi yang dijejalkan kepada kita infoirmasi dengan penuh dramatis biasanya.

mulai saja mereframing atas tindakan tips-tips yang biasana secara umum disarankan kalo ingin berperan menjadi agen perubahan sosial dan berkontribusi pada gerakan lingkungan. slogan stop global warming, tidak lagi menemukan konteksnya, begitu juga anti global warming benar-benar kehilangan orientasi gerakan dan masa depannya. karena anti dan stop ini cenderung melahirkan skeptisme atas tindakan-tindakan selanjutnya.

hemat energy, kurangi pemakaian kertas, kurangi pemakaikan plastik. adalah contoh-contoh seruan yang tidakm visionner dan melahirkan kreatifitas. kenapa? karena semuanya sangat dangkal atas bahasa [perubahan masa depan. artinya belum tentu plastiknya, belum tentu kertasnya dan energynya.

karena secara pengalaman pribadi saya waktu mengikuti acara Lire N Fete di pusat kebudayaan perancis, saya sempat di tunjukkan oleh salah satu staffnya kalo di perancis telah ada kantong plastik yang sangat mudah didaur ulang. karena selain urusan teknologi, ternyata inisiatif kreatifnya memang amazing. yakni ada gerakan yang telah membuat plastik dari kulit kentang. jika demikian maka apakah plastik masih relewan menjadi pilihan slogfan untuk menjadi penyebab pemansan global?? begitu juga tentang kertas, selain selama ini bahannya adalah bubur kertas yang diolah dari kayu “hutan” dan kayu yang lain. bukankah setiap hari daun kering pepohonan juga berjatuhan, apakah hanya kayu yang bisa menjadi bahan baku kertas? apakah tidak ada bahan yang lain? jika ada. apakah p[ernah diimpikan bahwa memang mungkin bahan kertas bisa dari bahan yang lainnya.

melahirkan kreatifitas dengan berawal dari pertanyaan kreatif. inilah yang juga menjadi energy si Tomas Alfa Edison, bahwa bola lampu yang sekarang menyala adalah bukan boila lampu ke enamratus, keseribu, tetapi konon lebih dari dua ribu lampu ujicobanya selalu pecah ketika dinyalakan, dan dia tidak pernah mengena; menyerah.  andai dia menyerah mungkin malam ini kita masih saksikan lampu kelap-kelikp traidisional yang eksotis itu menrangi sekitar kita. jika plastik, kertas bisa digugat alternatifnya. maka energy sudah melampui terlebih dahulu, adanya energy gratis panas matahari, belum maksimal dikembangkan, energy memasak seperti biogas juga belum maksimal diperluas, meski telah ada pelaku-pelaku kreatif yang berhasil dengan pilihan energy alternatif.

inilah yang menjadi salah satu proses berbagi informasi yang saya lakukan di acara go green CNI Indonesia hari ini. selain menjadi faslilitator training, kebetulan diminta presentasi sedikit tentang pengalaman dan apa yang saya tahu tentang mempelajari isu global warming. mari melompot keluar kotak untuk melahjirkan berbagai alternatif., dan tinggalkanlahj gerakan anti dan stop! mari mencipta alternatifnya. bukankah bahasa masa depan telah ditemukan! jika tidak mau pemanasan global ya Pendinginan-penyejukan LOKAL!!

senang rasanya diakhir acara training ketika umpan balik proses belajar, semua peserta memberi apresiasi senang, bahagia, semangat, berkesan, dan ceria. bagi saya inilah skill dan seni falisitasi Vibrant yang selalu punya “mistery”, kemungkinan-kemungikinan baru dan keajaiban membangun proses belajar yang membebaskan dan malhirkan semangat baru….

tq

(ipoel).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s