Good News


Bahagia. Cerah. Hari ini menghiasi pagi beraktifitas. Sejak kemarin mendapat telpon dari Mba nunuk, penyiar Radio JJ FM. Memberi kabar kalo gagasan ecopreneur convensi dan competition menarik untuk di follow up. Sehingga pihak marketing dan manajemen Radio JJ FM mengajak bertemu, mereka ingin tahu agenda besar seutuhnya promosi gagasan ecopreneur.
Awalnya ide ecopreneur memang menjadi gairah besar saya setelah demisioner dari Dir ED Walhi Jatim. Bahwa bagaimana melahirkan gerakan sosial baru dengan pendekatan menggabungkan misi sosial dan enterprise menajemen.

Pernah mengumpulkan beberapa kawan untuk mengajak menjadi board di ecopreneur institute. Kemudian agak lama belum ada yang “bergairah” besar untuk melanjutkan menjadi ide lebih segar. Saya pun kemudian merefleksikan kembali ide ecopreneur menjadi sebuah sense. Ya nilai hidup dari sebuah perusahaan innovasi sosial yang saya dirikan sendiri. CERAH institute kemudian mengambil alih ide ini menjadi produk Andalan selain seni fasilitasi.

Pengalaman memasarkan ide di tim pemasaran sebuah perusahaan sebuah Radio bisnis terkemuka di surabaya. Menjadi prestasi hidup yang luar biasa bagi saya. Menyaksikan mereka begitu berbinar dan antusias menyambut dengan penuh harap. “bagaimana jika kita menjadi tidak hanya media partner, tetapi satu2 nya dari pihak media yang ikut menjadi inisiator”, begitu mba Viro berharap. Wow! Saya pun senang mendengar keinginan besar mereka.

Seni negosiasi yang dapat saya pelajari dari pengalaman pagi ini adalah dapatkan apa yang menjadi keinginan siapa yang sedang anda hadapi. Dan tantanglah memandang sesuatu dari sisi yang lain. wah dapat kebenaran lagi dari seni fasilitasi terkait teknik Re-framing. ini yang menjadi salah satu jurus saya dalam menegosiasikan ide ecopreneur ini tadi pagi. Selain itu saya juga mendapat respon yang sangat cepat untuk menyusun anggaran dan bagaimana sistem bagi hasilnya. Dari sini saya sudah bisa membayangkan bahwa “ada uang” di depan mata para team marketing pihak Radio JJ FM. Tetapi ini tidak akan membuat saya larut untuk langsung meresponnya. Saya tegaskan kalo saat ini kita sepahamkan dulu ide dan visi aktivitas yang tidak sekedar seperti panitia acara tujuh belasan “begitu istilh saya tadi”. Jadi budget akan tetap kita bahas dan kita rancang nantinya di tahap kedua, sekaligus sebuah draft proposal yang mengatur pembagian kerja, prospek sponsor dan lainnya.

Jika anda percaya uang adalah kendala untuk melahirkan kegiatan segar dan baru. Disinilah kebenaran untuk yang kesekian kalinya saya menemukan makna bahwa uang itu hanya dampak dari sebuah gagasan kreatif dan seberapa besar gairah anda memasarkan gagasan, lalu mewujudkannya menjadi tindakan. Sebuah kata hati yang menjadi impuls pemikiran, kemudian memandu tubuh kita untuk berbuat sesuatu. Ide Ecopreneur sebentar lagi akan memasuki babak penting.
Untuk kamu sekalian yang berusia 16-22 tahun yang berdomisili di surabaya. Bersiap-siaplah untuk belanja ide, ikut proses audisi gagasan kreatif, menjadi finalis yang berkesempatan ikut Green Super Camp, dan menjadi finialis untuk dipilih menjadi Duta Ecopreneur di sebuah acara green inagurasi.

Jika kamu bertanya apa itu ecopreneur? Maka sederhananya adalah sebuah ide yang menjadi tindakan untuk berbuat bijak dan bestari terkait lingkungan hidup yang menghadirkan dukungan, artinya di terima oleh orang lain disekitarmu. Dikerjakan dengan penuh gairah melakukan perubahan sosial.
Tidak perlu muluk, tetapi kreatif. Ide baru yang segar dan berangkat dari THINK LOCALY ACT LOCALLY. Jadi ga ada yang bakal kerumitan menciptakan peluangnya. Boleh individu maupun berkelompok. Boleh sedang dan akan dikerjakan. gampang kan? jika bisa dibuat gampang kenapa dibuat rumit? lakukan saha!

(ipoel)

Tinggalkan Balasan

