be success


apakah Anda pernah mengimpikan tentang sukses? lalu apa itu sukses menurut Anda? kenapa sukses menurut diri sendiri lebih penting dari memniasakan membandingkan dengan kisah sukses orang lain?

dimana sudutnya dunia? tentu saja dengan berlatih meyakini apapun yang telah kita kerjakan menjadi sumber pengetahuan dan pencerahan diri sendiri lebih penting. karena dari sinilah si “diri” sendiri akan dilatih menciptakan citra diri (bukan identitas). karena citra diri memang lebih erat kaitanya dengan konsep hadir. hadirnya si hidup kita di dunia.
Lalu apa yang telah kita tetapkan tentang sukses? segera tetapkanlah tujuan hidup, karena disinilah “peta jalan” yang akan menjadi pemandu kita melangkahkan kaki. mengkomunikasikan gagasan, melahirkan tindakan mewarnai dunia. pesan mulia pernah ditulis oleh Tao “bahwa jika engkau tidak mempunyai tujuan dalam hidup. maka kemanapun engkau melangkah telah sampai pada tujuan. tetapi jika engkau menetapkan tujuan, maka engkau akan tahu telah sampai dimana sekarang perjalananmu”.

Lalu sukses yang bagaimanakah menurut saya. sukses menurut saya adalah tentang LEGACY. ya warisan tentang apa yang mau saya wariskan pada keluarga saya sendiri dan dunia yang saya tinggali. telah menjadi spirit saya bahwa sukses itu adalah menjawab apa yang akan dikenang orang tentang kita setelah mati. dan terkait ini konteksnya saya yakini lebih pada bagaimana kita menjalani hidup.
lalu yang kedua adalah sukses itu bagaimana membantu orang lain menjadi lebih sukses dari situasinya yang selkarang kita jumpai. boleh apapun. mulai dari apa saja yang membuat orang lain menjadi lebih gembira, senang hati, bersuka ria dan penuh gairah menjalani hidup.

kenapa saya memilih ini? ya karena telah banyak kisah kesuksesan seringkali dipersempit memaknai hidup ini adalah kompetisi. lalu kalo tidak kompetisi, sukses seringkali dibatasi pada seberapa banyak yang kita raih dan kumpulkan terkait “perangkat hidup”. selain itu sering juga saya menjumpai sukses itu adalah prestasi terkait sebuah kejuaraan. mulai dari juara olahraga, juara menjadi yang terkaya dikampung sendiri dan tertinggi jabatan pada suasana kerja tertentu.

bagi saya ini belum ada apa-apanya dengan makna sukses yang lebih “menjadikan hidup lebih hidup”.

mengembangkan image ala kita. menjadikan kebahagiaan dan keceriaan jadi pengalaman terbaik. akan memperkaya kita menemukan arti lain dari sukses. bisa dengan bagaimana kita berimajinasi tentang apapun yang tidak biasa, tentang kreatifitas dan tentang apapun.

tiga haru lalu. saat berangkat kerja saya menemukan energy yang luar biasa saat berangkat bersama dengan istri saya. di tengah jalan kami menyaksikan mendung kecil-kecil yang menggumpal dan berjalan diterpa angin. lalu kami sepakat menyebut satu persatu bentuk mendung itu ada yang seperti kuda lari dan melompat, ada anak gajah yang sedang menjulurkan belalainya. amboiiii…. indahnya langit pagi itu dan segarnya suasana hati saya menciptkan image baru tentang mendung yang tidak berarti hujan itu…. (phoel).

2 thoughts on “be success

Tinggalkan Balasan

