Palangkaraya


Jumat dini hari pukul 02.00 berangkat dari terminal yogyakarta menuju Surabaya. Pukul 08.00 sampailah di terminal Purabaya (bungurasih). Langsung dijemput oleh Rektor Kampoes Ngopi – Iyat. Maka menuju Lakars secepatnya.

Sampai di rumah, sebentar saja. Kemudian mesti berangkat lagi ke juanda. Semalam pk.21.309 di telp sama Direktur Eksekutif Nasional WALHI diminta gantikan menjadi faslitator pertemuan di palangkaraya. Ya pertemuan WALHI Kalimantan Tengah yang mau melakukan rencana strategis buat WALHI kalteng 2009-2013.

Take off dari juanda pukul 15.20 menuju Bandara SyamsudinNoor Banjarmasin. Bersyukur Dunk2 sang penjemput yang baik hati menemui saya. Setelah ini langsung kami mencari travel yagn berangkat menuju Palangkaraya.

Berkenalan dengan sopir energik bagn mias… ceritanya mulai perjalanan nikah hingga punya anak 3 dan meninggal semua. Lalu yang hidup sekarang adalah yang keempat, dengan penuh ketegaran dan tenang dia bercerita…. Saya waktu itu hanya menanyakan apakah sudah berkeluarga? Lalu dia cerita tentang peristiwa itu… tapi ada satu lagi yang membuat belajar dari gairahnya dan cara dia menjalani hidup.
“saat pertama kali pindah dari desa kemudian mengiontrak rumah di banjar, yang saya punya sama istri hanya satu tempat memasak air. Jadi kalo mau punya air minum masak dulu, baru setelah itu dipakai untuk menanak nasi wadah tersebut. Bahkan untuk tidur saja berbantal lengan.” Hebat timpal saya spontan! Koq hebat? “begitu si Mias Merespon”, iya sampeyan oran hebat, buktinya sekarang bisa mengemudi Mobil Kijang dan katanya mobil ini sekarang milik sendiri setelah 5 tahun mengkreditnya. “Terima kasih telah mengajari saya untuk belajar hidup bang!”, itu respon balik saya.

Ini adalah cerita perjalanan darat dari banjarmasin menuju Palangkaraya. Menyenangkan menyusuri perjalanan dengan obrolan penuh makna. Saat saya Tanya senadainya sekarang ada orang dermawan menawari modal 1 milyar apa yang akan sampeyan lakukan bang? Jawaban dia sangat luar biasa, saya akan belikan mobil dan mendirikan perusahaan travel sendiri, selain itu saya juga akan buka bengkel mobil katanya. Benar-benar ide yang tidak defisit.

Pukul 23.30 baru tiba di Palangkaraya. Ketemu si Linyut penjaga kantor WALHI kalteng dan langsung bergerak dengan motor WIN100 menuju Sei Gohong, tempat lokasi pertemuan. Mampir warung kaki lima yang kebetulan orang Surabaya. Ditengah gerimis tengah malam kami menyusuri perjalanan kurang lebih 30 menit, baru sampai di sei gohong. Melemaskan otot, cuci muka, bangunkan si Satriadi dir ED WALHI Kalteng untuk diskusi dan persiapan pertemuan besok pagi. “ku serahkan semuanya pada kamu pul prosessnya”. Ok, besok kita akan coba kenalkan metode renstra yang baru, yang tidak defisit jawab saya, ada tools namanya Appreciative Inquiry”.
Ini berbeda dengan Renstra yang biasanya berangkat dari problem solving, begitu penjelasan singkat saya. Kita akan mulai dengan menentukan topiknya.

Kalo memakai problem analisis, asumsinya organisasi sebagai problem. Tapi kalo AI maka organisasi dipandang sebagai misteri. Dan semua cita-cita perubahan adalah serba mungkin. Tinggal besok bagaimana kita menemukan (discovery) hal-hal dasyat yang pernah dikerjakan. Lalu mengimpikan (dream), mau ada apalagi yang diciptakan dimasa depan, kemudian mendesainnya (apa yang mungkin), dan trakhir menggerakkan kata hati untuk mewujudkan mimpi (destiny).

WALHI adalah kunci…
Teruslah berjuang bersama rakyat,
Sampai keadilan terwujud, …
Walhi Jaya….
(itulah beberapa gubahan lagu laskar pelangi hasil ciptaan kelompok)

Hohohoho…. Senang mendapat limpahan energi semua orang pada pertemuan selama dua hari di sei gohong. Selamat ber PDLH ya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s