Just Creative!


Jika organisasi anda mengalami kemandegan dan upaya melahirkan pembaruan dilakukan kemudian sistem yang ada ternyata meperumit sendiri dan menjadi sumber stagnasi. Tidak ada pilihan lain selain lebih baik di suntik mati aja! demikian kata Tom Petters dalam Reimagine.

memperoleh gagasan dan pengalaman baru adalah, keberanian melompat dari dalam kotak. jadi tidak hanya berpikir keluar kotak. karena ide tanpa tindakan sama saja tidak melahirkan pengetahuan baru. perkara wawasan dan pengetahuan baru juga bukan seberapa banyak informasi, buku dan dialog yang kita lakukan. tetapi sumber wawasan baru tercipta melalui, adakah cara baru yang anda ciptakan dalam mengurus atau mengerjakan hal-hal yang saat ini menjadi kenyataan Anda.

mengenali perbedaan memang gampang sekali. Dan itulah yang lebih banyak dikonsepkan untuk diajarkan kepada generasi bangsa ini. Sekarang! cobalah mengenali persamaan untuk menemukan hal berbeda “lainnya” mungkin hal-hal yang justru kecil sekali digunakan menjadi pemicu menemukan ide baru oleh seseorang yang sedang terjebak pada rutinitas. misalnya kalo anda membandingkan antara semut dan pesawat terbang apa bedanya? tentu jawaban lebih dari 30 dalam 10 menit bisa anda temukan! tetapi sekarang coba ganti membicarakan APA SAJA PERSAMAAN BUAH DUKU DAN MOBIL BALAP ?? silahkan menemukan sepuluh hal dalam waktu sepuluh menit. rasakan energy yang anda dapatkan dan coba kenali beragamsumber ide dari koteks ketidakteraturan saat memeras persamaan dua benda tersebut. Demikian si Roger Van ough yang menyebut dirinya ahli sejarah ide dan berguru pada Heraclitus tentang apa itu kreatifitas.

inilah berbuat “masih berfikir” saja tentunya. ya berfikir yang dilatih untuk memandang kekacauan dalam konteks yang berbeda. dan inilah konteks tumpakan sampah yang begitu indah jika diamati lebih detail, secara alamiah dia menjadi tumpukan yang tidak direkayasa. dan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi yang mau mengenali konteksnya dari sisi yang berbeda tentunya.

lompatan keluar dari kotak untuk aksi kreatif Anda saat ini, membawa pengetahuan baru! Itu yang sering dipercaya dengan populernya sebutan “think out of box”. Padahal penemuan baru itu tidak hanya berpikir keluar kotak, karena itu baru fase pertama. Jika mau mendapatkan indahnya kreatifitas maka perlu “bertindak melompat keluar lingkaran”. Demikian yang bisa saya petik dari perjumpaan dengan para kreator dalam multi minat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s