LOCAL COOLING


sore ini brangkat ke sumenep. memenuhi undangan kawan-kawan Biro Pengabdian Masyarakat (BPM) pondok pesantrenGuluk-guluk sumenep Madura.

dalam sesi satu hari besok saya akan belajar bersama sekitar 30 guru. keinginan mereka melahirkan inisiatif baru dan merancang tindakan nyata di tingkat lokal sangat segar rasanya ide itu untuk dicecap seharian besok.

tepat satu hari sebelum perigatan hari Bumi Internasional. dimana para pegiat, pecinta, pelaku pro lingkungan dan masa depan kehidupan Bumi. biasanya seperti “upacara” dan rutinitas melahirkan beragam event dan menyampaikan pesan-pesan mereka kepada dunia.

rata-rata semua ide dan kehendaknya sangat bagus. dan andai di buat seperti yang di inginkan oleh para Guru sekolah Pondok di Sumenep besok. tentunya membayangkan sebuah upaya tanding yang riil dan membawa perubahan massive terkait keberlanjutan lingkungan “bumi” bisa disaksikan dimana-mana.

menemukan jalan lain dan alternatif. tidak ada yang rumit. mulailah berani berpikir sebaliknya. Artinya begini jika memang anda tidak setuju dengan Global Warming (GW), maka apa sih lawan kata GW?? Saya menebak, bahwa Anda tiap pribadi yang membaca tulisan ini pasti sudah menemukannya.
setelah tahap memikirkan dengan berbeda dan sebaliknya bisa dipenuhi. maka alangkah baiknya kalo selain pikiran adalah menggerakkan gairah nyata untuk melahirkan spirit perubahan sosial. ya bertindak, mengambil pengalaman terbaiknya lalu melejitkannya kembali ke arah yang melampaui tindakan berpikir tadi..

One thought on “LOCAL COOLING

  1. Mas Ipoel, saya M Mushthafa, salah seorang peserta Workshop yang diceritakan di tulisan ini. Terima kasih atas kesempatannya berbagi pengalaman dan wawasan di forum Workshop Guru Annuqayah kemarin. Menginspirasi dan meneguhkan semangat!
    Oya, saya sempat menulis catatan untuk Workshop kemarin, bisa diakses di http://www.rindupulang.blogspot.com.
    Terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s