Passion


kemarin malam (8 mei 2009) saya belajar banyak dari seorang Guru sekolah anak-anak yang begitu besar perhatian, kasih sayang dan Pasionnya pada dunia anak.

mengembangkan sekolah anak usia dini dengan memanfaatkan bagian samping rumahnya yang mungil. tidak berarti ide, tindakan dan mimpinya juga kecil. apalagi di tiap ruang kosong dindingnya berhias aneka desain dan kumpulan karya tempelan, rangakaian, hasil karya cipta anak-anak yang original.

sebelum saya ketua himpunan PAUD kab Sidoarjo memberikan sambutan yang apresiatif atas inisiatif Bu Rozi dan suaminya Mas Cahyo yang telah memasuki tahun ketiga.

Lalu ketika sesi saya menjadi narasumber. saya berbagi tentang dunia pembelajaran dan bagaimana memandang kecerdasan di jaman kekinian. saya share tentang 6 indera baru kecerdasan dunia yang pernah ditulis dalam A Whole A New Mind si D.H. Pink. sebelumnya saya dahului dengan cerita orang tua bijaksana dari kumlan cerita koleksi saya.

PAUD dan TK SAKINAH. begitu menginspirasi saya tentang sisi lain kehidupan di perbatasan LUMPUR LAPINDO. Tepatnya di Kalitengah-Tanggulangin, sepasang suami istri mendirikan lembaga bimbingan belajar. sebelum lumpur usaha sampingan dan pengabdian ini begitu lancar, tetapi sejak ada lumpur waktu 3 tahun lalu. langsung sepi! sejak saat itulah bu Rozi harus memeras otak dan tenaganya untuk mencari aktifitas “mengajar” di sekolah lain. beberapa kali ditolak, tetapi tidak membuat energinya luntur. dengan segenap keyakinan dan bahasa “blak-blakan” dia mengajukan permintaan kepada tempat dia melamar pekerjaan mengajar. “silahkan di bayar beras, kalo mamang tidak ada uang, lha wong saya dan keluarga juga butuh beras”. hebatnya dia tidak larut dan meratapi kondisinya pada situasi saat itu. justru mencipta peluang dan tindakan baru, meski tertatih pada awalnya.

setelah “agak bisa bernafas” dia membuka PAUD dan TK. kini sekolah impiannya telah berlangsung. dan semalam saya menyaksikan salah satu lompatan yang luar biasa dengan tindakannya. tetangga dekat, wali murid, utusan dari dinas pendidikan beserta ketua himpunan PAUD se Kab Sidoarjo juga hadir di acara parentig yang dia gagas.

diawal acara bu Rozi memberikan sambutan apresiasi kepada siapa saja yang hadir. juga mengisahkan keberhasilan hebatnya anak-anak selama sebulan terakhir. salah satunya dalam memenangi pentas Drama yang tanpa latihan, tetapi memebebaskan bagaiman main drama dengan caramu untuk memerankan tokoh hidup keseharian (anak, ibu+bapak, adik dan kakak serta teman bermain). kehebatan yang lain dari kemampuan anak-anak “hijau” ini begitu cepat menguasai ilmu menghitung “aritmatika”. saya trenyuh saat bu rozi memandu acara belajar menghitung dan  mengapresiasi anak-anak didiknya ini. di akhir dia memberi ciuman kasih sayang kepada tiap anak yang telah lulus melakukan demo menghitung di depan semua khalayak. semua seperti sudah menjadi anak sendiri.

sumber inspirasi lainnya adalah untaian kata indah yang penuh isi dan semangat yang terpampang di dinding, membuat saya bahagia dan suka sekali. “BERMAIN ADALAH CARA BELAJARKU”, demikian mantra sakti di Sekolah anak SAKINAH ini. hebat! luar biasa!

terima kasih buat pengalaman ini. usai acara saya melanjutkan obrolan hingga larut malam bersama Ekhy-istri, dul, Ganda, Pak Yok dan Bu Rozi. satu kata-kata yang masih terngiang dalam pikiran saya hingga satu perjalanan pulang menuju rumah pk. 00.15 dari SAKINAH adalah kata penutup bu rozi dalam sambutan penutupnya. bahwa saat ini DESAIN SAKINAH IMPIAN sedang dalam penyempurnaan. dan salah satu program terdekat adalah menjadikan proses belajar dengan model berkunjung ke rumah murid-wali murid bergantian dalam 3 minggu sekali akan dikembangkan. juga perbaikan, peningkatan terus menerus yang akan dilakukan SAKINAH akan dilakukan dengan bantuan dari teman-teman CERAH Institute. khususnya manajemen, sistem dan program kreatif lainnya.

saya makin bahagia. mendapat kesempatan memperluas DUNIA CERAH dengan banyak orang. sebuah kesempatan sangat istimewa yang membuat saya makin punya PASSION menikmati dan meraih tujuan hidup….

“jika anda pernah meragukan sekelompok kecil orang melakukan perubahan? sesungguhnya itu sia-sia, karena sekelompok kecil inilah yang sesungguhnya sedang secara langsung mengubah Dunia…” By : Anonyme

Tinggalkan Balasan

