Visioning – Seni Mencipta Masa Depan!


apapun yang dikerjakan tiap orang dengan kehendak baik. dia sedang mencipta dunia ala caranya.

visioning. adalah seni melihat masa depan. dengan menghidupkan kembali imajinasi, kreatifitas, inovasi, membuka hati-pikiran dan semua indera tiap manusia pada saat proses belajar. maka akan terlahir gagasan-gagasan terobosan yang luar biasa.

hal inilah yang saya jumpai ketika selama dua hari bersama SPEKHAM (solidaritas perempuan untuk keadilan HAM). sebuah organisasi kreatif di kota solo yang berdiri sejak 1998. selama tanggal 3-4 Agustus kemarin, saya diberi kesempatan untuk mengelola creative meeting yang bertajuk VISIONING.

visioning berbeda dengan Renstra atau strategic planning. jika dalam teori perubahan klasikal, semua ide perubahannya sering berangkatnya dari analisa masalah (problem analisis). tetapi jika dengan visioning adalah mencipta afirmasi yang menghidup-hidupi suatu fokus (impian) yang dic cipta bersama-sama oleh kelompok.

tentunya diringi dengan membangkitkan passion yang berbeda juga ketika mimpi telah berhasil dirumuskan.

melalui alur menemukan core positif (sumber kekuatan utama) tiap diri orang yang terlibat langsung dalam kegiatan dan program. lalu saya lanjutkan dengan mengenalkan Asset Based Thinking untuk makin menguatkan sumber keberhasilan dan kekuatan apa saja yang dikerjakan selama aktivitas kelompok di tahun terkahir. hebat! keluar berbagai prestasi dan capaian-capaian luar biasa yang menguatkan kehadiran tiap orang di lembaga ini. ada sedikit saja peristiwa yang masih jadi kecenderungan dalam kelompok ketika di tantang menemukan asset diri dan lembaganya, proses menemukannya lumayan lama. inilah buah dari install otak manusia yang selalu memandang dunia dengan defisit, ya bahwa ketika tidak ada masalah di dunia seolah-olah mencipta hal yang lebih baik dan makin baik bersumber dari yang benar-benar baik seolah menjadi situasi yang perlu waktu lama.

inilah tantangan organisasi sosial yang mesti mempertimbangkan. apakah akan melanjutkan relasi dengan MENJUAL GERAKAN. atau GERAKAN MENJUAL. dua hal yang sangat berbeda adalah, ketika menjual gerakan maka akan melahirkan relasi kecenderungan pribadi yang menjadi pekerja organisasi sosial. sementara kalau gerakan menjual adalah sebuah fase dimana sebuah kelompok telah sangat yakin dan penuh gairah untuk mencipta hal yang lain dengan gagasan inovasi dan genuine pada jamannya.

ketika sesi Visioning masuk pada kebutuhan mencipta MANTRA PERUBAHAN. banyaj cara yang bisa digunakan, mulai dari menggunakan aneka gambar terlebih dahulu, lalu merumuskan kata ajaib dan mengujinya dengan pendekatan. apakah gagasan itu mengganggu, tidak terbantahkan, afirmatif dan benar-benar menimbulkan keyakinan untuk mewujudkannya. si kelompok yang Anda bantulah yang akan menyediakan jawabannya.

pasca mantra perubahan. maka menciptakan misi yang benar-benar akan membantu kelompok makin terang jalannya untuk menuju masa depan yang ditujunya. baru setelah ini ciptakan pra syarat-prasyaratnya bagaimana misi ini akan dikerjakan dengan pilihan berbagi peran tiap orang dan kontribusi apa yang akan mereka berikan. disinilah perlunya menetapkan TEAM IMPIAN (appreciative Team) untuk menjaga visioning tetap hidup.

baru pada sesi akhir. the hierarchy of effect akan membanru proses visioning makin menantang peserta untuk menjejangkan mantra, identitas (branding), komunitas, komunikasi dan perubahan bisa diperjelas dalam gairah sepenuh hati kelompok.

selamat kepada SPEKHAM yang telah menemukan mantra barunya – PASSION FOR LIFE. di tunggu kehadiran ide kreatif dan multi suporter kelompok Anda untuk makin hebring mewarnai dunia.

terima kasih kepada mas Dani yang memberi limpahan energy. Budi. Indri. Mba Vera yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk menularkan virus visioning kepada kawan-kawan SPEKHAM yang luar baisa.

ditunggu cerita yang menggairahkan dari buah kreatifitas dan inovasi sosial kawan-kawan di kota Budaya Solo.

One thought on “Visioning – Seni Mencipta Masa Depan!

  1. duniaku tercerahkan karenamu…..,hari ini aq merasa terbelit oleh batasan2 yg aq tak tahu siapa dan apa yg memunculkannya. tapi sekarang……,aq tlah membebaskan diriku dari belitan itu….
    tq cak ipoel….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s