GELUNTUNG GENUINE


masa depan. perubahan itu mencipta. progressive. adalah rangkaian kata yang demikian kuat mengalami keberadaannya di Desa kecil bagian wilayah kabupaten Tabanan Bali.

miracle from Geluntung Tabanan Bali

miracle from Geluntung Tabanan Bali

dua hari berjumpa dengan “orang gila”, Bli Agung Kayon. demikian nama popularnya. pada awalnya saya hadir adalah karena melengkapi energy dari kawan-kawan environmentalist muda. ya kaum muda yang sedang bermetamorfosa untuk mencipta perubahan bersama keluarga Sahabat WALHI Bali. bersyukur saya bisa memberikan mereka tantangan proses belajar untuk menjadi Trainer masa selanjutnya bagi pendidikan yang berdampak bagi gerakan lingkungan di pulau nan indah dan eksotik. perjumpaan budaya, keluhuran dan alamnya yang sulit untuk tidak diterima sebagai anugrah dunia.

sejak kedatangan. sambutan sang empu Agung Kayon yang begitu ramah dan santun, plus bersahaja dalam kesederhanaan. membuat saya kagum atas energy persahabatannya. segelas kopi dan obrolan singkat menemani saya malem itu.

dinihari berkenalan dengan Profesor Human Ekologi, yang konsern pada etnobotani dan pengembangan proses belajar yang membebaskan. Pak Surya dia begitu dia mengenalkan dirinya, tanpa embel-embel apapun.
baru ditengah obrolan inilah saya banyak belajar darinya tentang semangat hidup, kreatifitas, keuletan dan komitmen atas mencipta pencerahan pada bidangnya.

setelah selesai training hari pertama. datang lagi perjumpaan “edan” yang kedua bersama orang-orang luar biasa, Mr.KABEH demikian dia punya nama akrab dan popular. sang Master Fisika “science” yang juga sangat progressive memaknai ilmu fisika dan membuatnya menjadi mudah (demikian dia berbagi cerita tentang dunianya). sebuah antena Televisi yang murah merian nan berkualitas telah mampu dproduksinya bersama anak-anak muda kampung. dan telah terjual 50.000 unit produknya. hebat!

Mengubah dunia dari kampoeng. mewarnai kampung dari rumah. mendinamisir rumah dengan perubahan perilaku di level individu, itu yang menjadikan saya mengalami pencerahan lain pada praktek hidup penuh alternatif. seger rasanya berjumpa dengan kreatifitas salah satu warga Geluntung.

belajar tentang kehidupan

belajar tentang kehidupan

SOB. adalah sebuah radio komunitas produk rumah dan gairah satu orang yang begitu mengesankan. Bli Gung demikian dia akrab dipanggil anak-anak muda. selain radio SUARA ORANG BIASA. dia juga menciptakan modifikasi dan inovasi Sepeda Motor Panel Surya (tenaga matahari). Wow! begitu saya lihat bentuknya yang ciamik, terkesima saya menyaksikan “kenakalan idenya”. juga sebuah panel surya yang dipasang diatap rumahnya, telah menghasilkan sumber energy yang luar bisa ekologik. “semua ini keisengan dan buah dari proses pembiaran mas ipul”. pembiaran adalah pengalaman belajarnya yang dibolehkan untuk merusak-membongkar (utak-atik) radio yang dibelikan bapak dan kakeknya. sebuah metode belajar yang diterimanya sejak fase kanak-kanak hingga remaja, tiada patut disalahkan.

sejak saya menyimak cerita dan menyaksikan bentuk-bentuk produk harapan dunia yang luar biasa ini, saya kagum dan bahagia. sebuah praktek hidup dan capaiannya yang tidak terbahntahkan.

hari kedua fasiltiasi para calon trainer akhirnya bisa saya selesaikan dengan manis. hal itu terbukti dari umpan balik proses belajar dari tiap orang yang merasa senang dan makin semangat. terima kasih buat kawan-kawan environmentalis muda. juga keluarga Bli kayon dan neneknya yang telah berusia 100 tahun. begitu setia mendoakan dan memberikan energinya untuk menyediakan fasilitas bagi kami semua yang semangat belajar di rumahnya.

kecil itu indah. dan tiap yang indah itu adalah keseimbangan dan kedamaian yang berpadu dalam harmoni alam semesta bersama kebudayaan manusia yang menghidup-hidupi dirinya untuk belajar dari alam… demikian saya memaknai konteks perjumpaan nan penuh kemuliaan dan sumber inspirasi.

saya sarankan pada kawan-kawan gerakan lingkungan yang ingin belajar menjadikan Sang Surya – Matahari – Metanai – Raditya – Srengenge – Syamsiyah – The Sun – adalah sumber energy. maka belajarlah ke Geluntung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s