creative campaign 1


kampanye kreatif. yang bagaiamanakah itu dan mengapa itu penting?

kampanye kreatif itu serangkaian desain tindakan dan aksi yang benar2 dikerjakan dengan memadukan pikiran, cara bertindak dan tindakan yang penuh gairah atas cita2 perubahan yang di inginkan. untuk apa dia dikerjakan? untuk membantu orang lain melakukan hal yang sederhana, segar dan mengesankan. juga untuk menginfluence para pengambil keputusan untuk mengubah kebijakannya. itu jika Anda adalah pelaku organsiasi sosial dan gerakan sosial yang memang memilih melakukan pembaharuan dengan menjadikan program aksi sebagai rangkaian mempengaruhi situasi.

influence constituen

appreciative constituen

bagaimana jika untuk perusahaan, parpol, organsiasi pemenangan proses kampanye pemilihan pemimpin (baik kepala daerah kab/kota maupun provinsi, serta presiden sekalipun)? tentunya banyak kesamaan pada pola dan prinsip membumikan tentang apa itu kreatif? sudah menjadi umum jika perusahaan adalah bagaimana nama dan [roduknya memang di desain dengan benar-benar menjual.

lalu untuk parpol dan proses kampanye pemenangan? nah ini baru yang jarang di lakukan oleh kebanyakan tim sukses para kandidat calon pemimpin. lihat saja, desain poster-baliho yang sangat kaku dan seriuuusssss ketika memajang foto sang calon. koq jadi narsiss banget gitu yaaa? atau maunya melompat, sampai ada yang bergaya ala petinju, superman, musisi dan aneka bentuk pose. sampai-sampai ada pula yang memasang gambarnya itu di tengah kuburan dan di pagar kuburan… (mirip mengajak para pemilih rumah masa depan itu juga untuk dipengaruhi) hehehehehe……

pertanyaannya. apakah yang seperti itu yang namanya menjual? tentu tidak. apakah itu yang namanaya strategi komunikasi yang menguatkan branding? jelas bukan.

so? berkampanye secara kreatif yang jelas penting di tetapkan pertama kali adalah tujuannya untuk apa dulu. lalu mau mempengaruhi siapa? kenapa bukan bukan mempengaruhi apa? karena jelas segmen dari kampanye kreatif adalah M.A.N.U.S.I.A.

hmmm…. jika telah yakin bahwa ini memang untuk manusia, maka disitulah kita bisa lanjutkan manusia yang mana? manusia yang menjadi kelompok sasaran kepentingan kita atas cita2 apa yang mau kita ubah dan kita ganggu tentunya.

jika mengacu manusia sebagai makluk sosial, tentunya apa yang membuatnya mudah bersosial, adalah sifat naulriahnya untuk merasa penting terhubung dengan situasinya. bahwa manusia selalu butuh informasi (yang baru, segar, bermakna), tetapi tidak kehilangan atas menjawab kepentingan sifat kesukaaannya pada hal yang personal.

maka tiap kampanye perlu menetapkan pesan khusus untuk menyasar kelompok khusus sebagai targetnya. bahwa sadar diri kita sedang kuat dimana dan kurang dimana? dikenal dimana dan tidak dikenal siapa? adalah beberapa dari sebagian kecil menetapkan tentang mau mempengaruhi kelompok yang mana.

proses kampanye yang menjual itu adalah bagaimana produk mampu membuat secara mudah orang bisa terlibat, berkontribusi dan merasakan manfaat langsung yang tidak bisa di bantah. manfaat apa, bisa apa saja. mulai dari pengakuan diri, kesenangan, kehadiran, penghargaan, dan yang terpenting adalah dia benar2 merasakan sesuatu yang bsia dimaknai sebagai pengalaman terlibat sebuah kampanye kreatif.

sebagai seorang pengkapanye. kenalilah dari tahap event kreatif yang anda lakukan kepada pola kreatifnya? bagaimana kita belajar pada hal2 kecil dari sesuatu yang awalnya seperti tidak mungkin, bisa menjadi mungkin. dan tiap orang pasti mempunyai pengalaman semacam itu. baik yang di kampung pedesaan, maupun di kampung perkotaan metropolis. bahwa kampanye keratif itu berhasil membesarkan hati para kelompok sasarannya dan membuat orang mau secara gembira melakukan ikut menjual produk kampanye kreatif yang di desain oleh team kreatif.

ipoel

(creative consulting di LinkCERAH)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s