creative competition


Grand final CEC

“isenk-isenk belum berhadiah”. itu mungkin kata yang tepat untuk mewakili proses kreatif yang saya lalui bersama tim indonesia yatimpreneur movement. ya sebuah prosposal terbuka untuk perubahan bagi masa depan anak-remaja yatim indonesia. baik yang tinggal di panti maupun di rumahan (kampung). khususnya usia 16-23 yang sedianya berada pada usia produktif.

belajar berkreasi bersama pelaku perubahan

logo indonesia yatimpreneurs movement

kami rumuskan menjadi sbuah tantangan perubahan dalam model bisnis inovasi sosial. awalnya ide ini adalah obrolan santai di tempat biasanya saya sama dua kolega yang lain untuk berjumpa. bahwa para yatim adalah sumber inspirasi dan pelaku perubahan. maka kira-kira apa saja ide perubahannya yaaa??

dari situlah ide melahirkan wirausahawan yatim di indonesia yang akan di mulai dari 3 kota (surabaya malang lamongan), akan menjadi titik pijaknya.

kebetulan di bulan mei kemarin kami dapat info kalau di britiish council insONEsia sedang ada program namanya Community Entreprise Challenge (CEC) dengan karegoti pemula (ide akan / yang belum dikerjakan) dan aksi yang telah di lakukan dan akan dikembangkan (madya-semi establish). maka kami pun mengisi formulir british dan dikirim pada akhir bulan mei. eh ternyata kami lolos saringan tahap satu yang dipilih sekitar 200, dari 500 lebih form aplikasi.

lalu saringan tahap tiga, dari 200 dipilih lagi 70 peserta. dan kami pun lolos. akhirnya diundang lokakarya di bandung pada pertengahan bulan juni. nah dari 70 inilah peserta di minta menyempurnakan proposalnya dan dikirim paling lambat 6 agustus 2010. IYM pun mengirimkan, menarik ketika ada pengumunan bahwa kami lolos dari 45 peserta tahap akhir lolakarya final dan menuju Grand final 10 besar.

gaya keren

saat di profile jd grand finalis CEC 2010 British Council

kemarin (20-23) mengikuti putaran terakhir acara CEC British ini di Hotel SAntika Bumi Serpong Damai (BSD) Jakarta (tangerang selatan tepatnya). dan pada hari ketiga di umumkan siapa 5 peserta pemula yang lolos grand final dan 5 peserta madya yang juga lolos. selanjutnya nama-nama itulah yang akan punya kesempatan presentasi di hadapan 5 panelis juri CEC selama 10 menit saja.

IYM pun lolos di grand final, sebagai gagasan pemula yang akan dikerjakan. heheheee…. saya dalam hati pun ikut gembira dan menikmati permainan ini. ketika presentasi, dari 5 panelis juri ada satu yang melontarkan pertanyaan menantang “ini idenya mau bikin british council ke dua ya”, saya jawab beda. ini bisnis model yang memberikan kemandirian dan penyaluran minat sebesar-besarnya bisnis kepada komunitas yang akan di mulai dengan creative event for impact namanya Yatim ACADEMY.

usai berhadapan dengan tim juri. semua peserta nanti malam akan menghadiri panggung hiburan dan penghargaan yang disiapkan di Teras Kota Blitz Megaplex samping hottel santika. lalu ketika di umumkan siapa CEC pemula dari 5 grand finalis, rupanya Alloh swt memberikan jalan lain untuk IYM terus berkreasi.

refleksi saya adalah. dalam creative competitiion ini, bahwa ibarat sebuah produk barang dari calon produsen industri besar. maka proses competisi ini adalah uji “surva” daya beli dan minat pasar pada publik. ada yang menarik ketika di hari ketiga beberapa peserta memberikan dukungan dan ramalan kalau IYM akan lolos, demikian beberapa orang mendatangi dan memberi dukungan pada saya. saya hanya tersenyum dan terima kasih. nah kembali ibarat survai tadi, bahwa proses beberapa bulan yang menjadi “aturan main” adalah membuktikan gagasan IYM memang yahut dan layak di lanjutkan, karena pasar mengapresiasinya dari 500 lebih ide dia masuk 5 besar untuk di seleksi akhir.

yah, semoga setelah ini ketemua dengan energy lebih cerah untuk bikin perubahan. saya teringat sebuah pesan, “jika hidup ini prestasi itu adalah semata-mata urusan kompetisi dan sebutan juara. maka pemimpin besar tidak akan pernah di lahirkan ke dunia untuk menginspirasi tanpa sebutan juara dan ikut kompetisi” hehehe…. bagaimana menurut Anda?

salam dunia cerah.

ipoel

One thought on “creative competition

  1. “jika hidup ini prestasi itu adalah semata-mata urusan kompetisi dan sebutan juara. maka pemimpin besar tidak akan pernah di lahirkan ke dunia untuk menginspirasi tanpa sebutan juara dan ikut kompetisi”

    setuju banget.

    kompetisi (yg fair) adalah sebuah koreksi terus menerus pada diri untuk berubah menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s