kampong dalu


 

prubahan itu proses mencipta

komunitas kreatif

 

adalah suatu singkatan dari Komunitas Wirausahawan Kampong. Dan untuk kesekian kali spirit perubahan itu mencipta! menunjukkan kekuatannya dalam mencerahkan saya bagaimana mengerahkan sumber daya (inti kekeuatan). khususnya kekuatan komunikasi efektif antar orang dan mengubah kualitas relasi antar orang.

kawan kampong berada di pinggiran barat kota surabaya, tekadnya adalah ingin menjadi komunitas kreatif terkemuka yang senantiasa mencipta peluang dan perubahan berbasis kekuatan. karena mereka ingin meninggalkan berpikir berpikir berbasis kekurangan (Defisit based thinking-DBT, tapi Asset based thinking (ABT).

berimajinasi dari kampoeng untuk kampong. tapi nanti dulu, berhentilah berpikir dengan batas kampong. karena imajinasi itu tidak terbatas. maka kehadiran komunitas di kampong yang menyebut dirinya kawan kampong. dari kampong untuk dunia. itulah ledakan energy dari sekelompok pribadi yang berani berimajinasi dan bermimpi untuk mencipta peluang terbaik.

banyak hal yang ingin diwujudkan oleh komunitas ini. mulai dari pendekatan isu dan aktivitas berdampak bisa dijadikan pilihannya. Seperti inovasi model ekonomi alternatif, bank kampung, inovasi peningkatan Sumber Daya Manusia, pengelolaan lingkungan hidup, pembuataan teknologi alternatif, perluasan informasi teknologi, inovasi masa depan pangan, hal yang terkait dengan isu kesehatan, dunia anak, remaja, maupun kelompok-kelompok rentan.

dan menariknya ide apapun akan berangkat dari spirit “mencipta peluang terbaik”. ya sudah saatnya mengubah haluan sekedar berpijak pada krisis dan menganalisis sebab akibatnya. untuk berpindah gelombang pada apa yang benar-benar ingin di ubah dan diwujudkan. maka mengapresiasi tiap pribadi dan melahirkan tantangan dalam tiap proses belajar-bermain-bekerja di komunitas kreatif seperti kawan kampong, akan sangat memberi banyak makna bagi pemajuan gerakannya.

Mengapa  spirit seperti  ini penting?  karena berani mengubah krisis menjadi peluang baru dan menjadikan masalah adalah makna lahirnya solusi baru, benar-benar membuka jalan  mengubah bagaimana mempengaruhi cara berpikir jangka pendek menjadi jangka panjang. Lalu dengan inilah akan terbuka cara memaknai untuk mempengaruhi proses perubahan sosial, bahwa berpikir besar dan bertindak kecil itu penting. agar kita terhundar dalam jebakan sekedar menjadi seorang survival dari aneka desakan situasi sosial ekonomi. inilah praktek berpikir kritis bertindak nyata. Artinya ketika kita kreatif, maka urusan dana-budget-uang itu lebih merupakan sebuah dampak dari ide kreatif tersebut. Jadi anggaran bukan sebab lagi.

Jadi semua kemandegan. Ketidakmenentuan situasi jelas bukanlah awal untuk sekedar menganalisis dan menyibukkan diri dalam aneka “bualan theory perubahan”. juga bukan akhir dari ketiadaan jalan baru untuk mencipta perubahan. Saatnya bertindak, dan sempurnakan sambil berjalan.  mau  mengambil inisiatif baru atau terus bergerak dengan pendekatan perubahan yang sudh klasik dan ketinggalan jaman jelas merupakan sebuah pilihan!

Dan ungkapan  kata-kata bijak semama hidup Einstein yang menemukan konteksnya untuk mencipta peluang dan perubahan diyakininya sebagai serba kemungkinan dari berani mencoba,  “bahwa di dunia ini hanya ada seorang yang gagal, yakni dia yang tidak perah mencoba hal-hal baru”.

pesan ini rasanya pas dengan upaya gerakan komunias kawan kampong yang akan memulai aksi riilnya dengan melahirkan produk sosial namanya KAMPONG DALU (kampong dagang alternatif dan unggulan). sebuah pasar rakyat, yang dibuka mulai sore hingga malam hari. ditujukan kepada siapa saja dan akan menawarkan produk apa saja yang bisa diperdagangkan dari basis potensi nyata di kalangan masyarakat lokal. mulai dari aneka kuliner, kerajinan, aksesories, fashion, dunia bermain, yang akan dipadukan dengan semangat edukasi (pengetahuan), hiburan (event kreatif), aneka lomba dan ajang kreatifitas seni budaya.

salut dan semoga segera berkibar panji-panji kreatifitas dan aneka produk inovasi sosial lainnya. saya benar-benar bangga bisa ikut terlibat dalam proses diskusi semalam bersama para pendiri kawan kampong. impian dunia cerah dengan menyaksikan sisi lain dunia dalam situasi sosial terkecil benar-benar semakin nyata dari yang pernah saya impikan. goodluck n good jobs !!!!

salam dunia cerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s