wirausahawan kampong


 

dunia butuh orang yang tidak bisa diam. petruk gugat!!

punawakan ... dewa yang menyamar rakyat

 

manusia itu otaknya didesain dengan sel-sel dan sistem syaraf yang membuatnya merasa penting terhubung dengan manusia satu dengan yang lainnya. karena dia makhluk sosial, maka dia bukan makhluk biologis (seonggok daging yang berjalan-jalan). apalagi sekedar menjadi makhluk homo economicus.

univesrtity of research and entrepeneur. itu salah satu kata yang sekarang lagi booming di beberapa perguruan tinggi indonesia. bahkan ada yang secara fokus memilih the school of entrepreneur. itu baik dan menarik. bahwa menjadi wirausahawan menjadi hal mendekatkan orang pada loop pertama memilih bos buat dirinya sendiri.

saya percaya perubahan bisa dilakukan dari manasaja dengan proses apa saja! dan ketika menjiwai kata wirausahawan kampong, saya menjadi tertarik untuk mendapatkan makna pembedanya dan karakter dari konteks wirausahawan kampong.

oke. kita mulai saja makna sederhananya dari pemilihan kata. kata wira (sansekerta, berarti seorang kesatria). sebagaimana spirit seorang kestaria, adalah sbuah pribadi yang tidak pernah menolak tantangan dan pantang menyerah. tapi disisi lain ketika dia bertanding, dia juga memilih lawan tanding. tidak sembarang bertanding. usahawan adalah seseorang yang gemar berusaha untuk mengubah krisis menjadi peluang dan mengubah masalah menjadi solusi baru.

pertanyaannya. apa bedanya wirausahawan ini dengan wiraswasta, wiraniaga, pengusaha?? secara sederhana wirausahawan kampong, berbeda dengan kata diatas. seperti kata sapu tangan yang telah menjadi satu dalam maknanya tersendiri.

seorang wirausahawan kampong, bisa terjadi ketika sebuah pribadi berani dan mampu mengubah situasi asal, dari yang tidak ada nilai tambah, menjadi makin punya nilai tambah. dan tentunya bukan dalam jebakan ekonomi semata. tapi apakah juga terjadi nilai tambah pada wilayah relasi sosial. apakah hubungan antar orang menjadi makin berkuwalitas. dengan apa dia bisa diharapkan terjadi? tentu dengan mengubah kuwalitas percakapannya sosial. komunikasi yang berenergy tinggi sangat diperlukan untuk sampai pada tujuan perubahan seperti itu.

apa parameter nilai tambah yang bisa menjadikan kata wirausahawan kampong sampai pada makna sebenarnya? kita buat saja dari dampak sosialnya, dampak ekonominya, dampak budayanya, dampak etos kerjanya. nambah rasa solidaritasnya, nambah kepeduliannya, nambah mutu intreaksinya, nambah capitalnya, nambah peluang dan kesempatan untuk berkembangnya. nambah pengakuan dan hak kelolanya atas sebuah asset usahanya.

mengapa kampong? ya karena inilah sistem sosial terkecil ketika antar pribadi dan keluarga menjadi terhubung. dalam kerangka ruang kota, sebenarnya konsep kota itu sendiri juga niscaya jika melihat wilayah-wilayah perkampungan besar di indonesia. contohnya perkampungan besar di surabaya. ketika seseorang pejabat publik saya tanya yang mana kota surabaya? dia tidak bisa menunjukkannya, meskipun mencoba meyakinkan saya dengan balai kota, luas wilayah, cakupan demografis dan geografisnya. dia tidak menjelaskan yang sebenarnya tentang yang mana dan siapa kota surabaya!

maka kampong menjadi pijakan yang penting untuk menjadi pilihan utama dalam menguatkan dan melipatgandakan kekuatan perubahan yang diiinginkan. saya membayangkan surabaya bisa menjadikan tiap kampong menjadi kampong wirausahawan dengan multi minatnya. bisa punya kampong kreatif, kampong software, kampong produksi, kampong pangan, kampong energy, kampong kertas organik, kampong pendidikan, kampong outbound, kampong processor, kampong buku, kampong alat tulis kantor, kampong sayur, kampong wisata, kampong kompos, kampong sablon, kampong percetakan, kampong tinta, kampong benang, kampong kainj, kampong konfeksi, kampong riset, kampong data base, kampong selular, bank kampong. kampong inovatif. kampoeng CERAH!

 

kaum ibu memimpin perubahan

yang di kampong yang memimpin perubahan

 

perubahan sistem itu misteri. sistem itu cenderung mandeg dan dia tidak bisa ditentukan arahnya, maka buanglah pikiran ingin menguasai.

tebarkan virusnya sampai dia menjangkiti dan menularkan energy perubahan dengan caranya sendiri. bahwa tiap orang adalah pelaku perubahan, dan tiap pribadi kreatif mampu menjadi gangguan kemapanan.

apalagi, sebenarnya tiap sistem pribadi dan sosial selalu ada hal yang tidak bisa di duga. maka ketika Anda ingin menjadi seorang wirausahawan kampong. gunakanlah tantangan sederhana bagi diri sendiri. dengan menjadi wirausahawan kampong, di masa depan saya mau mengganggu dan mengubah apa saja??

ubahlah cara kita memandang semuanya. dan mulailah dari cara memandang diri sendiri, bahwa tiap pribadi penuh dengan keunikan dan kekuatan. sampailah pada konteks yang membuat jiwa, hati, body, pikiran senantiasa menari-nari mencipta perubahan. maka kita bisa mengerti pada saatnya di dunia ini ada sisi yang lain.

salam dunia cerah,

ipoel’s

One thought on “wirausahawan kampong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s