DIAV Visioning


bahagia. dua hari berada dalam lingakran kecil yang penuh semangat. visioning Yayasan DIAV (5-6 pebruari 2011). yang sekarang telah berkembang dengan unit-unit produk bisnisnya. mulai dari DIAV Multimedia, DIAV Global English, PAUD & TK SAKINAH. adalah metamorfosa yang kian berkembang dari gairah besar sepasang suami dan istri yang luar biasa.

pak Yok (sucahyo), selaku founder Yayasan DIAV. dan Bu Rosi (pendiri PAUD dan TK SAKINAH). yang sangat besar perannya sejak usaha ini di dirikan. Bu Rosi pernah menjadi juara “Magic Cube” atau “magic Box”, sebuah alat peraga edukasi yang lahir dari gagasan berbasis asset. bagaimana potongan2 kayu dan sisa bahan2 yang menghasilkan kotak dan bentuk kubus itu bisa dijadikan alat bantu belajar. itulah karya yang menjadikan dia menjadi juara di tingkat provinsi jatim beberapa tahun yang lalu saat guru PAUD dan TK ditantang untuk berkarya.

Visioning bisa membantu kelompok untuk makin menemukan jaan perubahan dengan bertumpu pada kekuatan assetnya. mulai dari asset personal, asset sosial, asset tim kerja. semuanya selalu punya kisah2 membanggakan yang tiada pernah kering. jika deposito pengalaman inspiratif itu kita panggil. maka disitulah tersedia kebanggaan dan manajemen pengetahuan yang bisa melejitkan tiap pribadi dan kelompok mencipta perubahan dengan lebih ajaib.

pra menyusun rencana strategis. dan lebih menemukan apa yang bisa menjadi “nyawa” sebuah kelompok, itu istilah saya memudahkan imaje atas visioning. bahwa dia adalah sistem analog yang mengedepankan kecerdasan imajinasi dan intuisi atas seni melihat masa depan. masa depan seperti apa? masa depan yang memang mau kita saksikan. maka perlu fokus pada tiap inti positif (bukan ebrpikir positif), tapi benar-benar berpijak dari asset terbaik si kelompok.

caranya mudah. semua bisa diawali dengan membangun rasa percaya dalam kelompok. lalu tanyalah setiap orang, “apa saja yang membuat Anda bangga terlibat pada kelompok ini”. “apa saja yang pernah anda bisa merasakan benar-benar di manusiakan dalam kelompok ini”. dugaan saya, jawabanya akan ajaib. bisa saja dia ternyata adalah hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan dan rutinitas.

kemudian. berikan tantangan pada kelompok tersebut untuk menciptakan harapan dan impiannya. mimpi yang benar2 ingin di saksikan (bisa 7-10 tahun kedepan)? dan ajak mereka menemukan apa yang benar2 mau mereka kontribusikan untuk menjemput impian tersebut dan bagaimana merawat mimpi tersebut? itulah alur sederhana tentng mengapa visioning itu penting.

cara selanjutnya adalah berpikir visual. biarkan visi itu pendek, menggugah dan mudah dipahami. dan sayangnya visi itu dari bahasanya jelas bukan kata2… tapi gambar. ya, visual.  nah gunakanlah semacam vision board, vision digital, vision audio (semacam filem pendek) atas apa yang benar-benar mau Anda saksikan tepat pada tahun 2020 misalnya. 

selain mengenalkan Visual thinking. visioning juga bisa menantang pada kelompok untuk memahami makna “siapakah pemimpin yang berkualitas?”. itu akan membantu tiap orang untuk menemukan kembali cara berkomunikasi antar orang yang lebih efektif dan relasi antar orang yang lebih berkualitas. itulah perubahan sosial buat manusia yang percaya kalau dia adalah memang makhluk sosial. dan itulah efek jika tersedia pemimpin yang berkualitas.

sesi hari kedua di pagi hari, saya menyaksikan suguhan menarik dari kecerdasan kinestetik tiap orang yang benar-benar berbeda. juga bagaimana kekuatan musik bisa membantu tiap orang untuk lebih menjadi dirinya sendiri. tiap orang yang berperan menjadi transetter gerakan mengiringi alunan nada musik, memilih bergerak dengan caranya masing-masing. suasana makin cair.

usai senam pagi dalam ruangan dengan berkeringat. saya jelaskan kenapa penting ini dilakukan, karena jika kita tidak bergerak maka otak kita juga tidak kemana-mana. begitu sitiran dari anonymus tentang pentingnya bergerak.

untuk membantu tiap orang lebih merasakan bahwa mengubah kualitas percakapan bisa mengubah relasi antar orang. saya perkenalkan cara mudah untuk kembali menggunakan komunikasi dengan hati. dengan mencipta kacamata kreatif ari kertas. saya berikan topik percakapan tentang kapan dan apa peristiwa yang benar-benar mengubah hidup anda, lalu peristiwa yang memanusiakan Anda dalam tim kerja. serta bagaimana persaaan Anda saat itu.

saat sesi releksi singkat. saya ajak peserta untuk debriefing dari peristiwa tersebut. bagaimana perasaan Anda saat berdiskusi dengan mata tertutup tadi? menarik dan lebih bebas menyampaikan apa yang ingin saya katakan? begitu ungkap cinthya. bisa lebih menyampaikan apa yang menjadi kata hati… itulah temuan menarik saat kita berkomunikasi tanpa melihat analisis tentang siapa yang ada di hadapan kita.

itu adalah cara mudah untuk mengajak orang melepaskan prasangka dan menganalisis tiap apa yang sedang disampaikan orang lain. pesan lain yang tak kalah pentingnya adalah, saya mengajak tiap orang untuk kembali menemukan “jantungnya” proses belajar dalam interaksi sosial. bahwa secara fisologis manusia di ciptakan dengan dua telinga dan satu mulut. itu artinya kita perlu belajar menyimak dengan aktif apa yang di sampaiakan oleh orang lain dan mengenali tiap pesan pentingnya.

Saya bermimpi DIAV akan terus membesar. para guru2 di PAUD dan TK  SAKINAH bisa dijemput dan diantar dengan mobil dinas. TK SAKINAH menjadi sekolah terkemuka bagi dunia anak-anak di Kabupaten sidoarjo. adalah sebagian kecil dari mimpi-mimpi luar biasa kelompok ini. “jka kita yakin dan percaya atas mimpi kita, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, karena dunia serba mungkin. dan tidak ada yang keliru dengan mencipta kemungkinan baru. sebab belajar dan perubahan itu adalah proses mencipta!”. begitu komentar singkat saya setelah tiap kelompok mengungkapkan mimpinya dalam presentasi yang kreatif.

Senang. bangga. Great. Perfect. bahagia. puas. luar biasa. adalah satu kata penutup dari tiap orang dalam sesi umpan balik proses belajar. dan ketika saya minta mengungkapkan dengan singkat apa di balik kata itu. semua memberikan komentar yang menggugah. hingga di akhir acara dengan bangga dan terharu pak yok seperti merasakan kekuatan spiritual yang membuat tiap kata-katanya disampaikan dengan penuh penghayatan dan bergetar…

selamat buat DIAV Groups. selamat meraih impian baru dengan gairah baru menuju DIAV inspiratif pada 2020. gbu!

4 thoughts on “DIAV Visioning

  1. waw… luar biasa untuk TK Sakinah dan pak Yok juga istri tentunya sang penggagas masa Depan. makin hari makin maju. kemajuan yang dialami TK sakinah tidak lepas dari sosok pak Yok yang menurut saya luar biasa. beliau sangat bersahaja tapi punya semangat dan impian yang begitu kuat. itu adalah kesimpulan selama perjumpaan dengan beliau beberapa tahun yang lalu.
    terima kasih untuk mas Ipeol yang sudi berbagi ilmunya. penjelasan mengenai pentahapannya begitu runtut dan cukup jelas sehingga bisa dibagi ilmu fasilitasinya. visioning merupakan alat peneropong masa depan organisasi atau diri kita sendiri. yang menarik dari visioning adalah alat untuk melihat gambaran masa depan dengan cara dan media yang menggugah imajinasi. luar biasa. siiiip. maksih guru..

    Suka

    • Terima kasih mas Ipoel atas tulisannya dan pujian yg luar biasa…, juga mas sayid, silahkan mampir ke rumah kalau lewat di Sidoarjo agar kita bisa ngobrol² sepanjang hari (he….3x). Saya betul² sangat tidak menduga dng apa yg sy rasakan, tetapi saya yakin pengaruhnya untuk seluruh krew kami akan sangat besar manfaatnya acara visioning beberapa waktu yg lalu. Sungguh sangat luar biasa, saya merencanakan hal ini akan menjadi rutinitas tahunan kami, yg akan dilakukan setiap ulang tahun DIAV. Keesokan harinya saya menerima komentar dari para guru yang rata-rata mereka mengatakan sungguh luar biasa perasaannya setelah mengikuti acara tersebut. “Kedepan kalian pasti harus ada perubahan, kalau kita ingin maju” ( itu jawaban saya kepada mereka). Sekali lagi Terima kasih Gus…..Salam untuk keluarga

      Suka

    • senang mendapat kunjungan dan komentarmu pada blog dunia cerah yid……

      semoga kamu sekeluarga terus menginspirasi dunia dengan caramu!!

      salam dunia cerah,

      ipoel

      Suka

  2. @sayid: […….penjelasan mengenai pentahapannya begitu runtut dan cukup jelas sehingga bisa dibagi ilmu fasilitasinya…….].
    YAAA YAAA YAAAAAA……. terima kasih, terima kasihh, matur tenkyuuuu…… atas apresiasi wahai anak muda yang semangat mencipta perubahan… hehehee…
    fasilitasi memang skills yang hidup dan bisa terus bisa di hidup2i oleh siapapun. dengan fasilitasi yang cerah, dijamin kehadiran tiap orang dalam pertemuan bisa menjadi ahli.

    @pak Yok….: saya belajar untuk menuliskan dan merekam peristiwa dengan apa adanya . itulah yang saya rasakan dari suara hati [tanpa tapi!!!].
    [……… Keesokan harinya saya menerima komentar dari para guru yang rata-rata mereka mengatakan sungguh luar biasa perasaannya setelah mengikuti acara tersebut.]…”saya senang dan bahagia membaca kalimat ini pak!”. salam ku untuk semua guru bersemangat yang menginvestasikan hidupnya demi masa depan anak2 di dunia demi mendapatkan pembelajaran yang manusiawi.

    salam dunia cerah,

    [bukan Gus]… ipoel

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s