Inspirasi Melati


 

imajinasi indonesia

revolusi melati

semerbak. menarik di pandang mata. lembut dan terkesan bersih. itulah singkatnya saya etrkesan saat melihat bunga melati yang sedang mekar.

 

tapi saat melati ditambahkan kata depannya dengan Revolusi. hmmmm… mulailah berpikir berbeda. meski sebulan lalu seorang presiden dan keluarganya terusir dari tampuk kekuasaannya di Tunisia gara-gara “SPIRIT” The JASMIN REVOLUTION (revolusi melati). pun dengan presiden mesir hosni mubarak yang jatuh setelah negerinya di banjiri para pemuda dan masyarakat bersemangat yang sama dengan Tunisia.

saya sedang sedikit terusik dengan kata Revolusi Melati ini. terlepas dari analisis konstelasi politik dan analisis ketegangan ekonomi politiknya. tapi lebih pada kekuatan kata yang mengubah bunia. seperti prinsip dalam Appreciative Inquiry (AI). prinsip pertama dalam AI adalah Word Create World. dan pada kata Revolusi Melati yang terjadi di Tunisia maupun Mesir. kata ini telah menjadi inspirasi yang jelas bagi para kaum penggerak dan massa pemrotes.

hingga kita pun yang bagian lain bumi menjadi kenal dan tahu apa dibalik semangat kata revolusi melati. andai hanya satu kata revolusi saja, sepertinya dia akan menjadi kata yang “heroik” saja. tapi begitu ditambahi kata melati. dia bisa menyiratkan makna sesuatu yang putih – tulus – suci, semangat mekar – sedang tumbuh – biasanya tersedia menjadi tanman hias di depan rumah dan kebun. bisa dimengerti kegunaannya dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. pun dia adalah penghias kalung pasangan penganten yang khas jika di kampung saya. dan hanya dua rangkaian kalung melati bagi manusia di kampung saya adalah ketika “upacara perkawinan dan upacara kematian [saat dimakamkan]..”

melati jika kita suling dengan sedikit sentuhan teknologi dia punya kandungan “bibit” pengharum yang luar biasa. dikenal dengan sebutan minyak pacouli. dan inilah bahan aneka produk2 housing inddustry (sabun mandi, shampo, obat pel. sabun cuci, dan jenis parfum2 tertentu, serta produk yang membutuhkan bahan2 wewangian).

revolusi melati. satu kata yang diciptakan penuh dengan kekuatan metaforik, lateral, melompat. dua kata yang awalnya terdengar dan bermakna tak berhubungan. lalu bisa menjadi inspirasi. adalah kekuatan otak kanan yang menarik dalam konteks peristiwa dua negara kawasan timur tengah ini. hingga skr pun memicu beberapa wilayah2 lain di negeri tetangganya. bahkan di china kemarin, beberap orang di tangkap saat membawa sekuntum bunga melati ke restoran Frenchise yang disepakati sebagai tempat ngumpul oleh sebuah situs jejaring sosial.

sudah sedemikian menakutkankah bunga melati bagi beberapa penguasa dan sistem politik. lalu kreatifitas apakah yg juga bisa menjadi sebuah kata mngubah dunia di Indonesia? disinilah tantangan untuk semua pelaku perubahan penting menciptakan kata yang bisa mengawali ide dan tindakan perubahan. sebagaimana kata Republik Indonesia pada awalnya adalah kata yang asing dan ruang imajinatif.

untuk sampai pada Indonesia yang keren. tentunya dibutuhkan energi besar untuk itu. lalu dikerjakan oleh sekelompok tim kreatif yang tiada henti dan kering yang terus berinovasi. berinovasi dalam ruang-ruang sosial yang hidup. untuk menghidupkan inisiatif ekonomi yang keren, sistem pendidikan yang keren, kebudayaan yang kian keren, masa depan pengelolaan asset alam yang juga keren, sistem hukum dan politik yang juga keren. sekeren bunga melati saat mekar!!

viva revolusi melati!!

mari mekar dan tumbuh bersama untuk mencipta perubahan!!

 

salam dunia cerah,

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s