KAMPOeNG DOLANAN by komunitas LiDI


SELAMATKAN ANAK-ANAK BANGSA  INDONESIA
DARI KEKURANGAN MAINAN DAN PERMAINAN!

karena kami percaya bahwa setiap anak manusia suka bermain. dan sejak kecil suka bermain. bermain berkelompok mengajarkan budi, pekerti, keluruhan untuk mengakui bahwa kita hidup bersama orang lain.
bahwa di tiap perjalanan kadang kita tidak bisa memilih tapi sekedar mengikuti aturan main, tapi senantiasa kita percaya bahwa bermain itu memang taat pada proses.

karena kami percaya bahwa anak-anak indonesia dan anak-anak pada umumnya perlu di selamatkan dari ketersediaan mainan dan permainan yang beretika, berbudaya, berangkat dari keluhuran dan budi pekerti. dengan kecenderungan  saat ini bahwa anak-anak mengalami perkembangan dunia bermain yang semuanya serba membawa keasyikan bermain pada level individu. sementara di kawasan perkotaan yang padat huni memang lahan-lahan, halaman mulai menyempit. sehingga bermain yang bebas dan berkelompok menjadi tidak mendapat ruang untuk memainkan. tentunya selain kian punah dan tergantikannya budaya mencipta permainan dan mainan yang mendekatkan tiap anak bisa saling berbagi.

karena kami percaya bahwa permainan tradisional penting dilestarikan sebagai jatidiri bangsa. maka mari kita tengok sejenak situasi sosial disekitar kita. apa yang akan didapat si anak jika selama 3 jam di depan mainan “play station” di banding dengan satu jam dia bermain jumpritan-patel lele-gobag sodor-sepak tekong-baling2 daun hasil karya cipta sendiri. dan aneka permainan lainnya? tentunya jauh sangat berbeda, selain si anak dilatih untuk berani menjadi dirinya, dia belajar menghormati orang lain, belajar toleransi, belajar mengenal etika dan aturan main. bahwa disitulah terletak bermain benar-benar menjadi pengalaman memainkan permainan yang membentuk karakter seseorang. khususnya anak-anak.

maka kami memmutuskan untuk membentuk diri dalam satu komunitas kreatif yang kami namakan gerakan  Komunitas LIDI (Lingkar  Dolanan Indonesia). Mengapa itu penting?? karena kami ingin melakukan Gerakan Melindungi Dolanan Indonesia.

sebab dengan melindungi, maka kami ditantang untuk melakukan serangkain program dan kegiatan yang menyentuh pada bentuk  melestarikan, mendokumentasikan, mengembangkan, memainkan dan menyebarluaskan aneka bentuk mainan dan permainan tradisional.

Bersama individu kreatif dan dukungan satu komunitas terbaik pada pelestarian Dolanan Anak Tradisonal di Indonesia, yakni KOMUNITAS HONG yang berpusat di dago pakar Kota Bandung.

maka kami yang di kota surabaya mengapresiasi apa yang telah dikembangkan “kang Zaini” sebagai pendiri Komunitas HONG. berbekal komitmen, mimpi besar terbudidayakannya mainan anak Indonesia yang kaya budi pekerti dan keluhuran.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Komunitas LiDI berpusat di wilayah pinggiran Kota Surabaya melahirkan suatu inisiatif dan produk sosial yang diyakini menjadi wahana KAMPOENG DOLANAN. yaitu sebuah ruang bermain bagi anak-anak, ruang studi banding, ruang dokumentasi permainan dan perkembangan mainan, serta wahana pengembangan seni budaya bertumpu pada karya kebubudayaan Indonesia. kesemuanya dalam rangka untuk terus menjaga sebuah Inspirasi yang bernama permainan Tradisi Anak Indonesia.

selamat datang di KAMPOENG DOLANAN,
Ayoo Lindungi Dolanan “anak-anak” Indonesia!

salam hangat,

by: LiDI Community

4 thoughts on “KAMPOeNG DOLANAN by komunitas LiDI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s