Lilitan Sang Naga


TATO SANG NAGA MELILIT MERAH PUTIH di punggung petinju juara CHRIS JOHN, kira2 apa yaaa maksudnyaaa…..????? #nyaritafsir gampang-gampangan yuuk….., Adakah kaitannya dengan WTO, AFTA dan CAFTA. yang sedang dipilih oleh Garuda??? mari kita kupas pelan-pelan prend.

 

merah putih dalam lilitan sang naga ...... menyiraktkan pesan apakah ini??? jika demikian saya saluut bahwa tatto mas Chris John ini bukan sekedar Tattoo...... tapi kritik sekaligs sindiran

merah putih dalam lilitan sang naga …… menyiraktkan pesan apakah ini??? jika demikian saya saluut bahwa tatto mas Chris John ini bukan sekedar Tattoo…… tapi kritik sekaligs sindiran

eh, ngapain siih pada ramai2 persoalkan tatonya bang Chris John..? bukankah tiap orang bebas mengekspresikan nilai2 art menurut dia. lagian bahwa itu nga ada kaitannya sm prestasi seseorang. tapi tato itu di suku mentawai momen penatoan aura tiap orang memang berbeda.

 

nah coba amati lebih detail lagi TATOnya chris Jhon yang di punggungnya itu, apakah sekedar art atau sindiran? sindiran tentang apa, coba saja di besarnya NAGA di tengah2nya ada warna MERAH PUTIH.

 

 

yang bisa jadi menjelaskan MERAH PUTIH MEMANG DALAM LILITAN SANG NAGA… penjelasannya bisa macam2 juga sih selain ini. tapi jika itu bener, berarti chris jhon sedang menyampaikan realita melalui tatonya.

 

WTO di dunia yang berperan besar memang Amerika, itu dulu dan setengah sekarang. sementara peran CHINA (para taipan daratan dan negeri naga) ini sekarang untuk ukuran ASIA, bener-bener menjadi melampui megatrend yang pernah di ramalkan J.Naisbhit.

 

kembali ttg MERAH PUTIH DALAM LILITAN NAGA ini apakah sebagai pertanda bahaya atau sekedar bahasa penyampaian biasa itu silahken di amati sendiri dan liat saja efek selanjutnyaaa…

 

tapi marilah kita utak atik sebentar saja dengan cara “boglok-goblokan”, jika MERAH PUTIH DILILIT SANG NAGA itu seperti memang merah putih lah yang memilihnya hingga bisa DI LILIT. tapi coba saja kalimatnya diubah sebentar dengan SANG NAGA MELILIT MERAH PUTIH. nah berbeda nga maknya sederhananya, jika memang yang kedua ini yang terjadi. berarti memang naga ini sedang memasuki masa-masa kejayaannya seperti jaman mereka menyerang eropa, byzantium, asia raya dan separoh bumi jaman abad 13-14 itu.

 

tapi terlepas dari itu semua. amerika pun skr kabarnya sedang gerah dengan membanjirnya produk2 dari RRC yang telah berhasil menjadi dirinya yang sedemikian haibat. dari masa Sun Yat Sen (1911) kemudian berubah lagi menjadi RRC yang di gagas oleh tim tiga belas (pucuk pimpinan tertinggi PARTAI KOMUNIS CHINA). yang waktu itu di pimpin Mao, memang awal pematangan dari gerak jaman ala China. tapi semenanjung hongkong, taiwan, singapore adalah sisi lain dari cara mengelola jaringan bisnis para Taipan Asia – Amerika.

 

ini sekedar jadi pencermatan. pusat kendali satelit selular seluruh yang ada di Indonesia memang sekarang berada dimana yaaa? terus barang2 tekstil, sellular, mainan anak, kebutuhan alat rumah tangga, perbotan dan perlengkapan elektrik, serta aneka barang-barang kelas non kebutuhan sehari-sehari seperti sepatu-sandal, baju, dan bijih besi. bahkan aneka bahan makanan, kabarnya sejak AFTA (ASIAN FREE TRADE AREA) dan CAFTA (China Asean Free Trade Area) di tanda tangani tahun 2000. lebih dari 253 jenis bahan makanan mentah, buah, ternak (unggas, hingga daging kuda, jerohan ayam) sebagian besar diantaranya telah menjadi skema impor dari negeri para naga ini.buka sajawww.asean.org

 

ini bukan soal takut atas bagaimana naga menjadi besar, sementara garuda menjadi tak berdaya. tetapi kita patut bertanya dengan pendekatan proses dan sistem apa semua itu dibangun hingga menjadi besar? apakah serta merta hanya karena sistem politik ekonominya dan sistem ekonomi politiknya. dimana membangun dua sistem satu wajah dan satu wajah dengan dua sistem?

 

apakah memang begitu atau memang ini telah jadi kutukan garuda. negeri yang kaya bahan makanan, bahan mentah, kekayaan budaya, bahasa, sumber alam dan prestasi generasinya. tapi satu yang mencolok kita mulai berbeda dengan China adalah bagaimana rasa percaya diri mereka sangat tinggi menjadi bangsa yang besar, sementara menjadi Indonesia ini menurut sebagian orang dengan krisis yang skr melanda telah menyatakan dan semakin dinyatakan bahwa ini keruwetan tanpa ujung dan akhir. maka lahirlah putus asa dan frustasi.

 

padahal coba tengok awal2 paska revolusi politik di RRC, kemudian revolusi budaya dan revolusi kasusasteraan yang di dalamnya senantiasa di iringi politik ekonomi yang melihat negara berperan dengan sangat mendasar dan penting. sektor2 strategis (air, energi, pangan, sekolah, kesehatan, dan industri nasional) benar-benar dijadikan landasan untuk menjadikan pasar tidak boleh bebas. negara harus berperan. memang disini yang sekarang menjadi berbeda antara kita dengan RRC.

 

sekarang sedang berlangsung sidang tingkat menteri WT (world trade organization) di bali hingga tanggal 7 lusa. yang merumuskan sektor perdagangan barang dan jasa serta kebijakan financial institution yang menegaskan bagaimana peran negara harus benar-benar makin di lucuti. dan Indonesia di pilih menjadi tuan rumah. ah menariknya kalimat sahabat saya siti maimunah yang beberapa hari lalu menulis artikel di kompas, bahwa alasan paling “goblok-goblokan” tapi sangat politis. bahwa WTO yang di kuasai negara-negara annex1 dan mewakili kepentingan corporasi serta lembaga keuangan itu.

 

Indonesia adalah bukti nyata keberhasilan bagaimana “tangan-tangan tidak terlihat” mengerjakan merampok semua isinya. bahwa pelakunya tidak hanya taipan naga itu lah kenyataannya. lihat saja papua tambang emasnya di keruk sejak 1970-an juga caangan gas tangguhnya yang sangat besar. Lihat kalimantan, pulau besar berlubang penuh tambang, lihat sumatera yang melimpah minyak dan gasnya serta perkebunannya,  tetapi bagian yang mana kah yang punya SANG GARUDA dan diberikan sebesar-besarnya untuk kemakmuran WARGA BANGSA MERAH PUTIH..??

 

Eh, ngomong2in soal tato naga chris john ternyata nga sengaja jadi sampai ke urusan dunia. ya aseek sih, garuda bisa terbang tinggi, karena dia burung. kakinya kuat bisa mencekeram. tapi NAGA juga dalam mitologinya bisa terbang dengan kecepatan penuh, kakinya lebih kokoh mencengkeram dan jika sampai meludah yang keluar itu “api”.

 

dan setahu saya salah satu kesamaan naga dan garuda itu adalah pada cara melanjutkan generasinya, sama dengan menetaskan telurnya. nah loh….., tapi bedanya anak garuda dan anak-anak naga. meskipun sama-sama masih kecil dan baru menetas., kalau anak garuda akan belajar terbang dan makan dengan menggunakan paruhnya. jika sampai batuk entah apa yang keluar dari tenggorokan anak garuda, tapi jika anak-anak naga jelas jika sampai kena batuk apa tenggorokan gatal [yang keluar itu lidah api]… hicks hikcs.

 

#terima kasih chris Jhon,

 

TETAP JUARA DALAM BIDANGMU ….

 

senja sehabis hujan di tepian bendungan

“RISALAH AREK PINGGIRAN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s