PARKLAND


satu tempat multi cerita.

 

sudah lama saya tidak membuat sinopsis film. dan film ini menarik buat saya untuk dibagi kepada para pemirsa. Pembunuhan Presiden John F. Kennedy (JFK) pada 1963 menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi rakyat Amerika Serikat. Momen tersebut diangkat ke layar lebar dalam film berjudul Parkland yang baru saja merilis trailer terbaru.

parkland

Film ini mengambil perspektif orang-orang biasa yang tiba-tiba terlibat dalam kejadian luar biasa tersebut. Mereka adalah dokter muda dan suster di Rumah Sakit Parkland, kepala dinas rahasia Dallas, kameramen yang mengabadikan kejadian tersebut, agen FBI, Lee Harvey Oswald dan tim keamanan Presiden. juga robert oshwald yang terlibat mengurus kakaknya yang menjadi eksekutor penembakan, yang disusul dengan penembakan lee oswald [pelaku] di tembak keluar setelah dari ruang penyidikan. tragis!

 

Parkland disutradarai sekaligus ditulis oleh Peter Landesman yang didasarkan dari buku Four Days In November karya Vincent Bugliosi. Dibintangi oleh Zac Efron, Marcia Gay Harden, Billy Bob Thornton, Paul Giamatti dan Ron Linvingston.

 

Film yang menceritakan kekacauan yang terjadi di Dallas setelah penembakan John F. Kennedy. Mereka yang terlibat dalam mengatasi kekacauan tersebut, termasuk berurusan dengan kesedihan keluarga JFK.

Setelah kematian Presiden JFK, wakil Presiden Lyndon Johnson naik menggantikannya yang selanjuntnya mengubah wajah Amerika selamanya.

 

Film ini keren! kekuatan jackie, istri kennedy mengikuti 4 hari peristiwa sejak di pangkuannya suaminya ditembak. mencoba disolusikan oleh tim dokter rumahsakit PARKLAND. dan akhirnya tetap meninggal. hingga upacara pemakamannya yang menjadi sumebr berita internasional.

 

tokoh keren lainnya adalah si perekam gambar detik2 peristiwa penembakan dan bagaimana keadaan luka yang dialami oleh kennedy oleh seorang penyuka perekam gambar. yang mengabadikan momen hidup yang membuatnya trauma.

 

klimaks dramatic buat saya adalah pesan tentang bagaimana menghadapi dua sisi kehidupan menyambut kematian. antara seorang pembunuh dan seorang yang menjabat sebagai preseiden. satu berada pada sisi apresaisi dan penyambutan. satunya sampai sulit mendapatkan makam ketika oshwald akhirnya ditembak ditengah kerumunan. dan tidak dalam upacara kematian yagn dipersiapkan. bahkan untuk mengangkat peti matinya dari mobilnya hampir harus diurusnya sendiri. pesan humanis tentu memang hadir di film ini.

 

satu rumah sakit. dua pasien yang diurus oleh satu tim dokter yang sama. di ruangan yang sama. dua-duanya mengalami luka yang sama, ditembak. dan sama-sama dalam kondisi kritis masuk RS parkland. dan dua-duanya meninggal disitu.

 

selain itu alur cerita yang juga mengesankan buat saya adalah kalimat yang terlontar dari si penyaksi pemilik kamera yang berhasil merekam detik-detik akhir laju mobil yang di tumpangi kennedy bersama istrinya. ketika ditembak ditengah keramaian, ada satu film pendek yang berhasil direkam. satu diantara diantaranya  adalah pilihan kalimat si pemilik kamrea saat ditemui salah satu majlah terkemuka. kemudian dia menyebut kematian kennedy sebagai kepergian “seorang lelaki yang sangat terhormat yang meninggal dengan cara dan perlakuan yang sangat tidak hormat”.

 

belajar dari film. tentang bagaimana kehormatan, bisa berakhir dengan tanpa perencanaan. begitu juga kejayaan  dan kemisteriusan. adalah penyerta warna dunia yang bisa dialami siapapun….

keluarga oswald mengasingkan diri, karena terkucil. dan tentunya melahirkan cerita selanjuutnya. dan tiap-tiap kerumitan serta keruwetan, menghadirkan solusi yang tidak terduga. selamat malam sahabat kampung

 

ipoel, 6 november 2013

 

#salam kebaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s