Merayakan Indonesia


………..
“Indonesia tanah yang mulja,
tanah kita yang kaya
Disanalah aku berdiri,
untuk selama-lamanyaa

Indonesia Tanah pusaka
Pusaka kita semuaanyaa
Marilah kita berdoa
Indonesia Bahagia

Suburlah Tanahnya
Suburlah jiwanya
Bangsanya Rakyatnya
Semuanyaa

Sadarlah hatinya, sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya merdeka merdeka
Tanahku negeriku yang kucintaa
Indonesia Raya merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya….”

Jambore Relawan Sekolah Raya lagu diatas adalah lagu kebangsaan di awal2 gelora perjuangan dan di seputaran suasana usai prokalmasi kemerdekaan Republik Indonesia. yang disebut Lagu Kebangsaan dengan nada 3 stansa.
isi syair dan liriknya demikian kuat pesan kebaikannya, bermakna secara filosofis dan melingkupi tentang harapan, doa, cita-cita, juga visi sebuah bangsa yang mau menjadi Raya [senantiasa ada dan membanggakan].

perasaan multi kebanggan ketika 13-14 september 2014 saya diajak menjadi bagian dari sebuah inisiatif jejaring relawan sekolah raya. idenya sederhana, bahwa di negeri ini banyak orang-orang baik, pribadi-pribadi penuh gairah yang selalu tidak bisa diam untuk merayakan kebaikan bersama para warga yang aksesnya terbatas.

melalui pendekatan model pendidikan alternatif yang diberikan kepada para dhuafa. kaum marginal dan yang terpinggirkan karena tidak mampu bersaing dengan dunia yang semakin cepat, makin cepat dan makin cepat. serta semakin mahal, semakin mahal dan semakin mahal. baik untuk apa yang digunakan buat kehidupan sehari-harinya, baik yang dijadikan alat mobilitas kesehariannya, maupun apa yang mau dimakannya esok pagi.

Jambore Relawan sekolah raya. demikian cara kami menamai sebuah cara merayakan pengalaman yang bertebaran di masing-masing pelaku dan komunitas. idenya berkumpul saling berbagi, saling sinau, saling menginspirasi. sebab pengalaman setiap orang merupakan pengetahuan dan pemahaman yang sangat bernilai. jika setiap orang bersedia lebih membuka hatinya di perjumpaan relawan ini maka proses belajarnya bisa menghasilkan serbuk silang ide dan gagasan untuk saling menguatkan atas apa yang sudah dan sedang terus menerus dikerjakan.

seperti inilah suasana opening hingga clossing dari proses belajar dan berbagi orang-orang yang tidak bisa diam, [KLIK VIDEO KLIP] JAMBORE SEKOLAH RAYA, 13-14 SEPTEMBER 2014.

desain awalnya pertemuan ini mau dijadikan ajang visioning [seni melihat masa depan] buat semua yang hadir. walaupun sejak awal saya sampaikan ini durasi waktu dua hari dengan di kurangi beberapa sesi untuk berbagi dari beberapa narasumber butuh siasat yang lain. dan inilah hal biasa dalam melakukan improvisasi sesuai dinamika kelompok warga belajar. usai hari pertama yang di mulai dengan lebih banyak belajar dari para pelaku yang sudah banyak melakukan aksi nyata mengembangkan dunia pembelajaran. hebatnya sesi hari pertama itu proses menyerap pengalaman dari para narasumber yang juga sama-sama bersemangat berlangsung hingga jam 23.30 WIB.

saya salut dan bangga, tidak hanya kepada para peserta yang sedemikian beragam serta bersemangat saat terlibat dalam proses pertemuan. baik secara usia, latarbelakang profesi keseharian, ketersediaan sarana dan prasarana yang terbatas. tapi bangga melihat semuanya, bahwa yang menjadi pelaku perubahan untuk membesarkan Indonesia Raya ini memang bisa dari orang-orang biasa yang jauh dari kebisingan semacam sidang paripurna. mereka masih muda-mudi [sebagian diantaranya] tapi sedemikian kaya memiliki empati atas situasi sosial dan masa depan bangsanya. saya bersyukur diperjumpakan dengan orang-orang sederhana yang demikian tulus dan bergembira menikmati suasana berbagi apa yang ada untuk saling mengapresiasi.

peran sebagai fasilitator pertemuan. tentunya selain pendidik proses dan penyedia alat bantu untuk memudahkan cara menguatkan relasi antar orang dan menguatkan kualitas percakapan antar orang selama terlibat dalam sesi jambore relawan sekolah raya.

begitu memasuki hari kedua. saya mulai sesi dengan energizer dan melakukan review cepat atas apa yang menjadi pengalaman dan pengetehuan terbaik di sesi hari sebelumnya. dengan menggunakan musik dan lagu semua bisa menjadi mudah. selanjutnya saya memperkenalkan ide dasar tentang bagaimana otak dan pikiran kita berkerja. sambil memutarkan beberapa video klip untuk menjadi pembanding pengetahuan. selanjutnya latihan berkreasi atas ide dan berpikir melompat keluar dari kotak.

mencipta kata bisa dengan meudah dipantik dengan tantangan mencipta kata untuk di berikan kepada benda-benda yang ada di sekitar ruangan. selanjutnya ajak peserta memasuki mencipta gagasan perubahan berdasar topik yang di sepakati hingga minimal tiap kelompok memiliki 20 ide perubahan. sesi selanjutnya memereas yang 20 menjadi separo. dialogkan lagi ambil prioritas yang diambil dari separonya. kemudian aajak peserta memilih 3 ide besar. dan ingat ide yang lain tadi bukan di buang, tapi sebaiknya di parkir saja. karena dilarang “membunuh ide”, hehehee……

selanjutnya ajak memilih yang utama dan benar-benar dikerjakan satu saja untuk dikembangkan dalam durasi 100 hari ke depan. idenya sederhana jika sampai 100 hari ke depan usai belajar bersama melaluji ajang jambore ini tiap orang tidak “move on” dengan agenda yang jelas, maka agak sulit mengharap ada aksi keren yang bisa menghiasi perjalanan selanjutnya. dan selamam saya dapat kabar baik bahwa dalam waktu dekat tim “anak bangsa” segera memperluas menggalang solidaritas untuk bedah sekolah TK di Malang Selatan yang sduah mau ambruk dan seperti kandang ayam untuk menjadi salahsatu proyek sosial solidaritas. aksi nyata yang dilakukan dengan kegembiraan semacam ini yang saya sukai. semoga segera bisa membantu dan memperluasnya juga untuk menjadi kabar baik saling berbagi dan membantu buat para pribadi-pribadi yang saya kenal.

saya berterima kasih kepada anwar dan nana [pasangan yang berkelimpahan jiwa sederhana], bang agus, sirod, uyak, endah yang sudah mewarnai perjalanan. juga kepada pegiat sekolah alam untuk dhuafa, karya anak bangsa, sobat kolong, atas semua inspirasinya dan semua panitia-peserta yang sudah memberi kepercayaan menjadi fasilitator proses acara. dan terima kasih semua perserta yang sudah bersedia membagi energinya selama proses jambore. semoga tahun depan acara ini bisa makin menginspirasi banyak orang.

selamat merayakan menjadi Indonesia!

salam dunia cerah,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s