ISI Ngobrol Hepi (ngopi)


Cerita Berisi ……………………………. (edisi 67)
======= ISI Ngopi (ngobrol hepi) ========

kemarin tanggal 6 januari 2015. dengan seven friends yang sudah menetapkan hati dan pikirannya. lebih baik menciptakan peluang dan menciptakan kesempatan sendiri daripada sekeda mencarinya.

perkembangan situasi yang sedemikian ramai sekaligus berlangsung dengan kecepatan yang semakin melahirkan sesuatu yang serba cepat juga sulit di hindari. tapi peristiwa yang sudah lewat seperti pilpres itu teryataada lho yang masih kena efeknya pilpres kemarin. masih menyisakan ada yang berhasil move on dan tidak – belum berhasil move on. ah yang namanya efek tentu kadarnya berbeda-beda.

visioning ISI Foundation

visioning ISI Foundation

semua memang bebas memilih. masa depan yang seperti apa yang benar2 mau kita saksikan dan apa saja yang mau kita tinggalkan ketika telah tidak di dunia ini? semua punya pilihannya masing-masing. bahkan itu bebas-bebas saja memilihnya.

untuk saat ini, jika buat saya adalah saya lebih memilih mengerjakan hal2 penting untuk melanjutkan kreasi dan daya inovasi bersama ISI Lovers. dengan spirit social enterprise dan merayakan proses mencipta. segera berdiri rumah ISI, kelas publik, bengkel kreatif ISI, Bank ISI. membangun kemitraan, menciptakan produk layananan jasa, menciptakan produk barang fungsional yang kecil-ringan-aplikatif dan menjawab kebutuhan pada segmen tertentu.

selain itu kami akan melahirkan event2 kreatif yang membwa daya inspirasi bagi masyarakat. bahwa berkreasi itu mudah, menyenangkan, positif dan bisa menular efeknya. tahun ini kami tetapkn minimal satu hingg dua event kreatif akan menjadi tumpuan menjadi peristiwa yang berisi.

eh, ngomong2 soal ISI sedari tadi. apa ish isi itu dan siapa isi itu? ini juga yang melalui proses saling memfasiltiasi berhasil ditetapkan dalam kerangka yang sangat sederhana. ISI adalah perusahaan inovasi sosial. yang fokus pada empat hal: 1. layanan jasa (pelatihan, riset aplikatif, konsultan); 2.memproduksi barang tepat guna (alat bantu pertemuan, alat bantu belajar, barang fungsional); 3. Kemitraan (social empowering, Community Development, Creative Community); 4.Even Kreatif (Panggung Apresiasi, ISI Perkusi, Kompetisi kreatif).

di sesi opening yang di pandu pak ken, tiap orang berkenalan disertai harapan. semua orang bercerita dengan asik dan menikmati prosesnya. begitu masuk sesi discovery. dipandu dengan dua pertanyaan keren (1) apa yang ingin di ekspresikan bersama ISI (2) apa saja yang ingin disaksikan dalam dua tahun lagi dengan isi?

dari cerita jwaban tiap orang. pilihan ekspresi mewakili tetang siapa kita dan dengan kekuatan personal itu sekaligus bisa menjadi modal yang besar bagi organiasi. keberadaan jawaban tentang menyaksikan apa dua tahun lagi dengan ISI juga mewakili tentang impian tiap orang. ada yang menyampaikan dengan afirmatif dan ada yang memilih dengan analog.

dengan ruang lingkup sebesar apa yang ingin di jangku? juga sangat keren tantangan tim ISI. bahwa dari lokal yang multi lokal, dan menasional. juga menginspirasi dunia. saat sesi memilih memilih prioritas. saya giliran mendapat memandu sesinya. saya ajak tiap orang merumuskan minimal satu pertanyaann dan maksimal tiga pertanyaan.

hasilnya. saya minta tiap orang untuk membacakan pertanyaannya satu persatu. kemudian saya ajak semua tim untuk memahami maksud pertanyaaan. selanjutnya mencari titik dan garis persinggungan, jka tidak sama persis adalah mirip arah mksud pertanyaannya. disini tiap orang boleh menilai (selain pembuat pertanyaan), tetapi yang terakhir adalah ditentukan oleh si pembuat pertanyaan. agar isi dari pertanyaan tetap berada pada poros partisipasi semua orang adalah penting. dan di pertemuan ini semua orang adalah narasumber. dari 15 pertanyaan, akhirnya tinggal 8 pertanyaan kunci yang jadi prioritas untuk di jawab.

usai terbangun pemahaman yang sama atas pertanyaan. selanjutnya baru memberikan jawabannya. tantangan pertama adalah si pembuat pertanyaan harus bertanggungjawab untuk memberikan jawban terbaiknya. kenapa ini penting? budaya dialog terkadang sering motivasi pribadi memebrikan pertanyaan yang sulit untuk menjadi “gagah dan terlihat cerdas”. dengan metode ini ternyata semua pertanyaan berhasil dijawab dengan baik oleh si pembuat pertanyaan dan semakin terjelaskan ketika setiap orang diberi kesempatan untuk melengkapi jawaban dari pertanyaan teman yang lain.

inilah sesi mengenali dan menghargai modal organisasi sebenarnya telah memiliki deposito berupa skill, pengalaman, rekam jejak, pengetahuan, keahlian dari masing-masing orang yang menghidupi organisasi. kesediaan menjadikannya tumpuan. bisa sangat membantu di fase selanjutnya dalam melahirkan desain tindakan dan menjemput impian. salah satu caranya adalah memastikan produk, membaca pasar dan peluangnya, serta mnentukan segmen yang semakin jelas dan posisi perusahaan mau seeperti apa dalam memilih ruang gerak terbaiknya.

selamat berkreasi para ISI Lovers. jangan lupa segera kirimkan narasi singkat dalam paragraf pendek yang sudah menjelaskan tentang kapan lahir dan dimana, apa ketrampilan yang dikuasai, minat terbesar yang telah di kembangkan, pengalaman kerjasama dengan kelompok apa saja. selebihny silah di tambahi tapi tidak lebih dari satu-dua paragraf singkat yaaa….. colek Ekhy Lee Iku Bekhy Robi Prayugo Fauzi Shfza Bung Uja Eka Candra Irawan Ony Mahardika Sasmita Effendi

alat kelengkapan surat-menyurat (AKTA, SKT, NPWP. Nomor AHU Menkumham, Rekening GIRO di Bank juga sudah beres). beberapa peluang sudah menyambut, beberapa kesempatan juga sudah membuka. selanjutnya mari kita tetap merayakan proses mencipta.

“siapa yang bersungguh-sungguh. dunia akan mendukungmu – pablo cuelho”

salam ISI Lovers,
mari membantu Indonesia Makin Berisi.

Malang, 7 Januari 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s