Alenta Bercerita


cerita cerah ……………………….. (74)
====== Alenta Minta Buku ========

gayanya yang suka jahil sekaligus mengerjain dengan sesuka hatinya, kalimatnya spontan dan suka menggoda. adalah sekian hal unik dari keunikannya yang lain dari putri kedua saya. Dia memang mengidolakan si marsha yang “tidak bisa diam” dan suka penasaran.

ehsiang tadi pas saya lagi makan “janganan dan lento, plus tempe menjes”. dia dengan santai ngajak ngobrol dan mengutarakan keinginannya. pergi ke toko buku dan menyebut toko buku yang sejak saya masih  kecil dulu juga sudah ada. dan ini bukan toko buku besar yang ada di supermarket dan mall2 itu. tetapi toko buku rintisan yang tidak saya ketahui siapa pemiliknya. tapi terkenal murah, lengkap dan kadang bukunya juga berdebu. sebab ruanganny memang tidak berAC. ;d ;d tapi lengkap dan murahnya itu yang membuat orang tua kadang di waktu mendadak dan kepepet suka mengajak kesitu ketika butuh buku dan alat kelengkapan sekolah.

mendengar permintaan beli buku itu buat hati saya tenteram sekali. karena saya juga memmpercayai bahwa mereka yang menyukai buku dan membaca maupun menulis, adalah jalan lain untuk membuka jendela dunia. bahkan kegiatan membaca itu memang akan butuh proses hingga seseorang bisa menyukai dan menikmatinya laiknya makanan favorit. kadang saya suka tertawa cekikian ketika jalan ke toko buku dan jumlah beras serta daftar belanja yang lain sudah antri, tapi karena tidak kuat godaan melihat buku jenis tertentu yang sya sukai. suka sekali nga mikir lagi buat membeli buku itu.😀😀😀

semoga yang seperti ini tidak dialami orang lain. meski pun beberapa kawan dan kolega saya pernah bercerita hal yang serupa. ngomong-ngomong tentang buku, ternyata putri kedua ini skr juga menyukai buku… dan ini suara alamiahnya siang tadi :

Alenta

Alenta : “ayah…. nanti ke toko buku yaa?”. demikian si kakak kecil alenta merajuk sedari tadi.

Saya : “ngapain ke toko buku?” tanya saya dengan enteng.

Alenta : “lhooo yaa nyari buku yaaaahh, kan buku ku sudah habis” .. spontan sambil fokus pegang tabletnya.

Saya : “emang buku apa yang habis… buku tulis apa buku gambar?”

Alenta : “buku cerita sudah kubaca semua”

Saya : “mau nyari buku cerita tentang apa?”

Alenta : “tentang si kancil dan teman2nya”

Saya : *dalam hati* ;> Baiklah… nanti doakan cuaca bagus dan kita ke toko buku jika begitu. membaca cerita memang membantumu buat berimajinasi dan ini caramu bersenang-bersenang nak… ayah senang mendengar kamu suka membaca.

bagi saya dunia anak memang dunia senang-senang. bisa membaca memang penting. tapi bukan tentang harus bisa membaca. yang penting dia suka membaca apa saja, menyukai mengeja huruf-huruf. jika dia tidak suka dan tidak senang, sepertinya akan sudah walaupun dipaksain.

efeknya dia akan makin menerima beban dan cepet menyerah, gampang putus asa. juga semakin menganggap membaca adalah sesuatu yang rumit.

tiap anak memang di karunia keunikan dan bawaan yang tidak sama dengan siapapun. bahwa sekian persen dia ada gen dan dna orang tua, bisa juga dari leluhurnya yang lain. tapi pribadi dan suara jiwanya pasti berbeda dengan pribadi yang lain.

saya menyadari sudah menjadi kewajiban bagi saya untuk membuatnya bahagia dan menjadi berkembang apa yang membuatnya dia semakin baik. apalagi buat perkembangan anak seusia yang belum selesai belajar pada kelas TK B.

semoga cuaca petang ini bagus dan bisa menemaninya mencari buku idaman dan tokoh-tokoh idolanya dalam cerita bergambar. sedikit huruf dan banyak gambar warna-warni lebih pas sepertinya. bukan buku berisi alphabet yang menjemukan bagi seusia anak seperti dia.

‪#‎terimakasih‬ yaaa nak sudah membuat ayah senang dengan permintaanmu …

Tinggalkan Balasan

