6 Fakta Unik Hidung Manusia


Hidung merupakan salah satu indera yang penting bagi tubuh kita dimana tugas dari hidung ini adalah mencium bau ataupun untuk bernafas . Tidak hanya sebagai alat indera ternyata hidung juga mampu menambah kecantikan ataupun kegantengan pada diri manusia.

nose-stock

Namun banyak orang yang tidak mengetahui fakta-fakta penting mengenai hidung ini . Karna kebanyakan orang hanya fokus membuat hidung mereka menjadi menarik di lihat orang lain . Fakta-fakta unik hidung di bawah ini akan membuat anda tercengang dan terkagum-kagum . Langsung saja berikut fakta unik tentang hidung.

1. Mendeteksi triliyunan aroma

Memang sebagai salah satu alat indera hidung ini berfungsi untuk mencium aroma atau bau , tapi tahukah anda bahwa hidung anda sebenarnya mampu mendeteksi aroma yang berbeda – beda hingga mencapai 1 triliyun aroma . Angka yang fantastis bukan .

2. Radar kejujuran.

ketika menghirup aroma segar, harum dan semerbak maka seketika pikiran dan suasana kita akan menjadi terasa nyaman. pun sebaliknya ketika mencium bau tidak sedap, menusuk, seperti aroma “kentut” atau bangkai maka seketika tanpa diperintah. tangan dan sikap tubuh akan bereaksi spontan untuk merenggut sesuatu tidak tidak berusaha menutup hidung.

3 . Pendeteksi emosi

Fungsi yang satu ini sering di gunakan oleh para psikiater ataupun psikolog . Hidung mampu mendeteksi emosi yang di miliki seseorang hanya dengan mencium keringat atau pakaian orang yang ingin di deteksi . Zat kimia yang di keluarkan oleh tubuh seperti keringat memiliki aroma-aroma tertentu sehingga dengan menggunakan hidung anda dapat mendeteksi aroma tersebut dan sekaligus mendeteksi emosi orang yang memiliki zat kimia hasil pengeluaran tubuh tersebut.

4. Kecanduan Aroma Bayi
Umumnya para kaum wanita menyukai aroma dari seorang bayi apalagi yang baru lahir . Sebenarnya ini terjadi karena aroma bayi membuat hidung para wanita menjadi kecanduan mencium aroma tersebut sehingga mereka akan berulang kali menciumnya.

5. Bersin bersifat genetic
Anda tahu apa itu bersin ? yup suatu gejala yang terjadi akibat sebuah gangguan dalam hidung tapi tidak berbahaya . Tapi bersin pada setiap orang memiliki cirri khas masing-masing . Ini di karenakan gaya bersin juga bersifat genetik sehingga gaya bersin tidak sama dengan orang lain yang tidak memiliki garis keturunan yang sama.

6. mengubah rasa makanan.

Anda boleh percaya katanya rasa itu ada di lidah manusia. iya itu betul tetapi bukan untuk rasa identik. lidah berperan kedua, bahkan bisa ketiga untuk mengetahuinya. anda boleh menguji dan mempraktekannya. bahwa ketika kita minum seduhan kesukaan bleh teh, kopi, air susu. intinya jangan terlalu dingin dan panas (rasa dingin dan panas inilah yang membuat lidah peka). tapi tidak untuk mengetahui itu rasa apa jika hidung Anda di tutup.

silahkan coba pada teman terbaik Anda dengan meminum teh atau kopi dan air gula …. lalu sebelum minum tutuplah hidung anda dengan salah satu tangan (posisi di pencet, bukan di sumbat bagian pintu hidung yaa……), bagus lagi  jika mata teman anda juga ditutup dengan saputangan atau intinya tidak bisa melihat gelas dan warna airnya.

lalu coba tanyakan yang mana yang kopi dan yang mana yang teh dan yg mana yang air gula….😀😀😀 kenapa bisa begitu? itulah uniknya keberadaan hidung manusia. bahwa selain sebagai saluran nafas dan menyaring udara, dia juga menghadirkan “pesan rasa” kepada  syaraf otak dan akal sehat  yang di kirim ke sel-sel otak kemudian di bahasakan oleh pikiran kita dengan begitu cepat.

itulah fakta-fakta unik tentang hidung manusia, pasti membuat anda terkagum dengan kemampuan hidung anda . Jadi , jangan sepelekan sesuatu hal yang ada pada tubuh anda walau itu hanya sebagian kecil . so terimakasih yaa hidung dan pembuat hidung …….

#salam kebaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s