Jihan Bercerita


Indahnya Dua Hadiah

image

Seusai menjemput si sulung kemarin. Berangkat dengan mendung gelap. Tapi tetap harus berangkat memacu kuda besi.

Kehujanan skitar jalan daerah hendrosari sampai manyar Gresik. Untung bawa jas hujan dan bisa bernyanyi-nyanyi selama perjalanan. Momen yang seperti ini suka jadi sesuatu yg saya rindukan.

Ketemu si sulung dengan wajah penuh keceriaan, karena bakal menyambut liburan akhir tahun.

Urus ini itu dan menandatangani lembar berita acara dan absensi sebagai wali murid. Selesai. lalu Goo menuju rumah.

Baru start diatas motor saya tanya “gimana pengalaman camping dua malam tiga hari di taman mangroove Tuban?”. Menyenangkan kata kakak jihan.

“Apanya yg menyenangkan?” “bisa main pasir, mandi di laut, juga tenda yg sempit yang lain malah tidur di pendopo. Malah enak yaaah aku tetep tidur di tenda yg longgar jadinya”.. Saya: “heheee….”.

Lalu apa lagi yang berkesan, saya melanjutkan. “Itu aku kmrn dpt juara lomba saat mewakili reguku lomba sandi morse”. Woowwww hebaaat, selamaat yaaa sudah bisa sandi morse (wajah saya berseri-seri bangga pemirsaa).šŸ˜‰

“Tapi aku nahan pub tiga hari yah…” begitu kalimat singkat kaak. Lah kuq bisa, tanya saya. Iya wcnya itu nga terawat dan penuh. “Waaahhh nga bener itu pemkab Tuban. Anggaran buat apa saja mereka ngurus WC lokasi wisata aja nga bisaaaa”. Kakak tulis surat saja itu pada bupati atau kepala dinas pariwisatanya (langsung saya goda ini si kakak tuk mengenali cara ngelola areal wisata). Heheeee…..

Okay. Selain itu apa yg kamu sudah siapkan jd kado buat bunda.?? “Sudah yaah”. “Ngado apaaan” saya tanya lagi. “Alquran, lah di syirkah adanya yg menarik cuma itu”, demikian kakak mendahului sebelum saya tanya alasannya.

Dua jam di perjalanan diatas motor, kami akhirnya sampai di rumah. Langsung ketemu sodara, mbah kakung dan utinya serta bundanya yg masih sibuk siapkan pesanan nasi kotak.

Dua hadiah dia bawa pulang. Selain kado buat bundanya buat hari ibu dan ultahnya dia juga membawa perubahan sikap dan makin punya karakter tuk mengenal apresiasi.

Masih teringat jelas kalimat singkatnya. Ketika td malam suhu badannya agak panas. Lalu saya minta rebahan dan saya laburi minyak oles di punggungnya tuk memperlancar saluran darah dan sdikit memijat.

Saat mengoleskan saya sesekali komat kamit…. Upppps bukan mantra penjinak ular tentinya pemiirsa.šŸ˜‰šŸ˜‰ Tapi doa ayah buat anaknya tuk makin seger dan senantiasa baik. Sebab besok kami merencanakan mau menikmati barang dua-tiga hari bergembira bersama.

Usai meratai bagian punggungnya saya akhiri dan saat saya nutup botol minyak dia dengan jelas berucap. Makasih yaaah… Kalimat ini saya senang mendengarnya.

Pas pagi tadi mau mandi. Dia merebus air buat mandi paginya karna masih terasa dingin dan agak hangat badanx. Saat air sudah mendidih. Bundanya menyarankan saya tuk mengangkatnya dan di tuang di bak yg sdh siap di kamar mandi.

Begitu air di panci saya angkat dari kompor dan saya tuang di bak kamar mandi. Langsung saya dapat menyimak dengan jelas kalimatnya “terimakasih yaa yaaah”. Adeemmmm rasanya dihati. Karena menyaksikan dibanyak tempat banyak anak2 tidak mengenal dan terbiasa berucsp demikian.

Malam dan pagi mendapat dua terimakasih dari perkembangan perilaku kakak yang masih mau 13 tahun tahun depan.

Alhamdulillah….. Adalah suatu  kebahagiaan yang begitu besaar buat anugerahmu dengan segala puji. Salah satu hal penting yang telah dipelajari dalam pesan2 kebijaksanaan saling berhubungan dengan orang lain.

Karena kadang berucap terimakasih itu menjadi sesuatu yg teramat sulit bahkan mahaaal tuk menyatakan saling menghargai pada orang lain.

Membiasakan berterimakasih atas bantuan orang lain itu penting karena kita hidup berdampingan dg yg lain.

Secara jelas akan membuat yg mengucapkan menjadi makin belajar tentang makna bersyukur dan senantiasa mengakui bahwa orang lain begitu penting buat kita sesama manusia.

Makasieh yaaa nak…. Terus baik sama semua teman dan sahabat serta mereka yg sedang lemah dan dilemahkan. Saat bisa membantu, bantulah dengan sekuatnya. Sambil mari terus belajar bersyukur… #cerahway

Salam kebaikan,

Ditemani secangkir kopi deplok ..
Selamat maulid nabi SAW dan selamat natal buat yg merayakannya…

Tinggalkan Balasan

