Mbak Yu Marsinah


#AADM23th – ada apa dengan marsinah
(8 MEI 1993 – 8 MEI 2016)

Hari ini 23 tahun yang lalu. Usai mba marsinah kirim surat protes situasi buruh di perlakukan dan meminta kenaikan gaji limaratus rupiah di tempat kerjanya.

Di usia yg menginjak 24tahun (1969-1993). Dia memilih berdiri dipihak yang jelas untuk dibela dan diperjuangkan. Dengan pengetahuan dan pengalaman seadanya.

Tapi keberaniannya bersikap dibtengah rejim kapitalistik militeristik. Disitu ada keteladanan seorang perempuan bersuara dengan sangat keraas bahkan saat sudah dikuburkan.

image

Lalu apa tanggapan yang dia dapatkan?? Di balas dengan di culik, dihajar, diinterogasi, disiksa, dibunuh dan dibuang. Bbrp hari kemudian jenazahnya ditemukan dekat hutan skitat daerah nganjuk (8 mei 1993).

Dari hasil otopsinya. Banyak tahap penyiksaan yang begitu menggambarkan tindakan terlatih melakukan kekejaman dengan metode penyiksaan. Bahkan di skitar alat vital kemaluannya remuk redam akibat pukulan benda tumpul. Belum luka lebam dan patah di kepala dan  sekujur tubuh yang lain juga akibat  setruman listrik.

Masih ingat kah institusi garis depan yang melakukannya untuk si majikan itu siapa?? Usai di tangkap dengan penyergapan. Lalu dibawa ke markas satuan kodim di kab sidoarjo. Lalu siapa yg akhirnya diadili atas kekejian itu. Garis komandonya siapa yang sdh bertanggungjawab??

Ah disaat aksi mayday blm dikenal apalagi populer pada jaman itu. Mbak Yu marsinah yang hanya tamatan sebuah sekolah SMA Muhammadiyah di Nganjuk telah mempraktekkan berpikir merdeka. Serta melampaui rasa takutnya.

Ya…. mata hati dan jiwanya begitu besar. Energi ketidaksetujuanx dan berjuang ikhlas di jalannya. Telah menjadikannya martir perjuangan kelas pekerja.

Benar bahwa banyak kasus penghisapan dan penindasan pada saat itu kepada kelas pekerja. Tapi kenapa kasus marsinah yang paling mengemuka. Selain ketepatan mengelola data dan analisisnya. Juga bentuk kekejaman dan kebiadabannya yang melawan nurasi manusia normal.

Tentu saja adalah ketulusan dan kebersihan suara jiwa mbK yu marsinah. Yang tanpa embel2 ingin populer, ingin dianggap sebagai pemimpin dan pejuang. Ingin dapat pernghargaan apalagi ingin dapat kekuasaan.
image

Apa yang dilakukan adalah apa yang benar2 sedang di hadapinya. Tidak untuk gagah2an dan untuk eksistensi.

Terimakasih penebar inspirasi dan pencerah jaman…. Semangat dan api juangmu masih terus menyala. Nama dan spiritmu menerangi dunia.

Semoga menjadi berkah dan di terangilah jalanmu di kekekalan alam kehidupan selanjutnya…

Tabik buat para pejuang kehidupan!

#AADM – ada apa dengan Marsinah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s