Buku Dunia


salam satoe seroepoet…. pernah dengar nga ada buku paling banyak di cetak di dunia selain kitab suci? buku fiksi apa non fiksi? menurutmu mungkin nga buku pidato itu bisa di cetak lebih besar dari buku novel non fiksi seperti Lord of the ring  dan harry potter..?? konon dua novel itu selain Davinci Code adalah buku paling laris yaa….. eheemmmm

zaman berganti musim, musim berganti cuaca. dan cuaca tak menggantikan waktu. manusia belajar dengan kode, sandi, gambar-gambar hingga menjadi huruf-huruf dan angka. mulailah pendokumentasian dilakukan.

dari monumen, prasasti, dinding goa dan aneka produk pengetahuan. hingga manusia mengenal tulisan dan berhasil menciptakan kertas, peradaban manusia mengalami puncaknya. Tulisan merupakan pembeda antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah. Kini kita hidup pada zaman modern, ketika berbagai tulisan telah tertulis rapi di dalam buku-buku.

berbagai tema dan topik selalu diproduksi sepanjang tahun oleh berbagai penerbit di berbagai belahan dunia. Segala pemikiran dan budaya manusia tersimpan di dalam buku-buku tersebut, seperti kotak yang menyimpan emas berlian. Buku-buku itu ibarat jembatan antara orang-orang terdahulu dengan generasi yang hidup jauh setelah mereka.

nah sekedar berbagi sahabat. dari hasil jejalan ke berbagai sumber ada dua buku yang mencatatkan rekor penjualan terlaris. salahsatu buku yang benar2 melejitkan tokoh dan penulisnya. seperti buku Harry potter karya JK Rowling.

JK Rowling sangat sukses dengan novel Harry Poter -nya. Semua serinya sukses di pasaran, kesuksesan novel Harry Potter menular dalam bentuk layar lebar. Novel Harry Potter telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 67 bahasa di seluruh dunia, dan menjadi best seller dengan 400 juta eksemplar telah terjual di seluruh dunia. Kesuseksesan Harry Potter mengubah kehidupan penulisnya JK Rowling secara dramatis dan menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. yang kekayaannya mencapai 440 juta dollar, dengan 11 digit dari kekayaan ratu inggris.

tapi benarkah itu yang tertinggi penjualannya dan paling laris, sabar dulu. karena yang melejit diatas 200 juta copy buku adalah :

2. A Tale of Two Cities

book-cover-637941699

wallpapers.fansshare.com

A Tale of Two Cities (1859) terjual sebanyak 200 juta salinan di seluruh dunia. Novel Realisme yang bersetting di London dan Paris sebelum dan selama Revolusi Perancis ini dikarang oleh Charles Dickens. Novel ini menggambarkan keadaan buruk petani Perancis dalam tahun-tahun sebelum revolusi, kebrutalan yang ditunjukkan kaum revolusi terhadap aristokrat pada awal revolusi, dan paralel dengan kehidupan sosial di London pada periode yang sama. Novel ini berkisar pada kehidupan tokoh-tokoh protagonis Charles Darnay dan Sydney Carton.

hebaaat yaaa bisa 200 juta copy?! belum ada tandingannya kah? eiittts, tunggu dulu. ternyata masih ada satu buku yang mengalahkan buku lord of the rings. juga harry potter dan novel karya Sir Charles Dickens.  untuk ukuran buku terlaris di dunia ini ada buku dari Asia yang justru tercopy dan terdistribusikan sampai 830juta copy lhoo. buku apakah itu …?

 

1. Quotations from Chairman Mao Tse-Tung – Mao Tse-Tung (1996)

Quotations from Chairman Mao Tse-Tung

Buku ini terdiri dari sebuah antologi kutipan diambil dari tulisan-tulisan dan pidato Mao Tse-Tung (Mao Zedong). Buku ini kerap disebut “Buku Merah” karena warna covernya dan sering diletakkan di dalam saku atas jaketnya sang Ketua Mao yang disebut oleh warga RRC sebagai The Heores Of People. Buku ini sangat fenomenal karena telah terjual sebanyak 830 juta eksemplar di seluruh dunia dan menjadi buku yang paling banyak dibaca. Buku ini diterjemahkan dalam semua bahasa, memiliki penyebaran yang sangat besar di seluruh dunia seperti di negara-negara Barat, di dunia ketiga dan di Eropa, karena di Eropa Timur rezim komunis adalah gerakan yang harus dicegah. justru buku ini di cetak untuk di ketahui dan di pelajari.

nah ….. sudah tahu kan dua buku paling laris di dunia dan dibaca oleh ummat manusia..?  tentunya ini bukan Kitab Suci, jadi hindari untuk membandingkan dengan kitab suci agama yang ada di dunia yang paling banyak di gandakan.

kira-kira bakal sampai kapan yaa di jaman digital ini buku akan mengalami masa senjanya? atau justru memang buku akan memiliki fungsi tak tergantikan. karena memang berbeda membaca buku dengan mencolek touch screen dengan ujung jari. ;d ;d

jika menurutmu ada buku lain yang lebih dari silahkan dehhh di cari dan berselancar jika ada yang lebih dari buku ini. silahkan dishare. jadi kita bisa saling sinau… hehee

selamat melanjutkan belajar,

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s