Lompatan Eddy Rajawali


Mencintai Mimpi itu Memperjuangkannya!

Mengikuti perlombaan. Sebagaimana hidup ini. Tidak semuanya adalah tentang kenapa harus juara dan memenanginya. Tapi caramu bagaimana memperjuangkannya adalah pelajaran hidup yang teramat penting (eddie eagle eddward).
Kalimat penutup seorang atlet sky jumper yang meluncur di ketinggian 40-90 meter. Dg laju kecepatan 60km/jam dan membuatnya tersungkur. Tapi selalu berhasil bangkit karena memiliki rasa cinta pada dunia atlet yang bertanding di olimpiade.
Meski sedari kecil terkena gangguan pada kaki kirinya. Lalu bertahun-tahun menjalani terapy. Tapi tidak menyurutkannya untuk punya impian menjadi atlet olimpiade. 
Eddie kecil. Anak seorang tukang bangunan dan diasuh ibu yang luar biasa. Terobsesi menjadi atlet besar meski dengan kacamata lebar minus yg menyertainya hingga dewasa.
*eddie kamu bukan atlet! Dan kamu tidak akan menjadi atlet* kalimat keras bapaknya tidak menyurutkan eddie kecil dan eddie remaja meneruskan impiannya. 
Salah satu visi hidupnya eddie yang menarik tergambar dalam dialog bersama ibu bapaknya. Jika menjadi atlet lompatan ski itu penting buatmu, tolong sebutkan salah satu atlet ski melompat bersama papan ski yang kamu ketahui?? “Aku, eddie edward. Adalah salah satu atlet itu”, dengan mimik serius dan penuh keyakinan dia menjawabnya. 
Jawaban eddie ini mirip kalimat James Brown si pelopor musik Funk yg bisa bergoyang-goyang dg lincah. Ketika ditanya oleh salah satu kenalan barunya tth ini aliran musik apa? Dengan enteng tp penuh keyakinan di jawab “ini musik james, james brown”. Yang akan di kenang dan jd warisanku dalam dunia musik. 
Ketika memutuskan belajar ke pusat pelatihan sky jumper di jerman dan dia berpamitan meninggalkan inggris sebagai negaranya. Kalimat dialog bapak anak ini layak disimak “apa yang membuatmu begitu yakin kamu bisa menjadi altlet olimpiade?” sergah bapaknya di halte pemberangkatan.
“Karena saya punya impian. Sedangkan bapak pernah bercerita jika masa kecilnya tidak punya impian”. Jawab eddie. “Siapa bilang bapak ga punya impian?”. Mencoba bertahan si bapak. “Jika memang bapak bisa mengingatnya, sebutkan satu saja apa impian bapak?”. “Yaa jadi pelapur (tukang cat) inilah impian bapak”. Tidak mau berdebat lebih panjang, eddie memilih diam.
Tidak langsung mus perjalanan eddie bisa jd kontestan olimpiade. Bahkan berhasil memecahkan rekor negaranya dlm keikutsertaan. Tapi di bully, di remehkan, di rendahkan dan selalu jadi sasaran yang layak dikerjain menurut sesama tim atlit adalah makanan sehari-hari eddie.
Beruntung dia memiliki ibu yang bisa mengenali kekuatan terbaiknya. Dengan panggilan kecil hingga dewasa sebagai “young man”. Selalu bisa menghadirkan energy ketika eddie sedang rapuh.
Dalam perkembanganx. Berjumpa dengan petra si pemilik bar yang kaya referensi dunia sky jumper. Juga menghangarkan perjumpAn dengan seorang mentor yg pada awalnya menolak melatih. Akhirnya luluh juga untuk diminta eddie melatih. Seorang pembersih lapangan yg pemabuk dan tdk ada yh tahu jika dia adalah mantan atlet yg mundur dr peredaran karena suatu ketidakdisplinan. 
Satu kalimat pearly yang diperankan Jack Hughman ttg cabang olahraga sky jumping ini adalah dia bukan hanya teknik. Tapi ini adalah seni meluncur, terbang dan mendarat. Pertanyaannya sebesar apa rasa cintamu padanya akan menentukan bagaimana kamu mengenali kunci dasarnya.
Melompat itu dasarnya apa? “Take of” jawab eddie pada si pelatih dalam ujian makna dasar dunia olahraga penuh resiko. Konsep analog menyalurkan hasrat dan bercinta dalam proses meluncur, terbang dan mendarat akhirnya berhasil di imajinasikan dengan baik oleh eddie. 
Film drama mendidik yang diangkat dr kisah nyata seorang anak muda yang terlambat menjadi atlet. Dihambat oleh elit dunia asosiasi olahraga di negaranya dg alasan klasik, pendanaan dan ketakutan pada kekalahan. Tidak berlaku buat eddie. 
Dia berhasil menunjukkan bagaimana memperjuangkan rasa cintanya. Dengan imajinasi masa kecil, kekuatan passion (gairah) dan compassion (bela rasa pd dunia sky) saat usia remaja.
Di tambah satu lagi NYALI. disini urusan mental yang membuat dia berhasil mendapatkan sisi manusia pejuang yang bermakna pada dunianya. 
Mau nonton filmnya?? Silah lgsg cekidot dan googling saja kata kunci sang tokoh utama. Bagus jika selanjutnya di jadikan bahan ngobrol ttg apa saja yg bisa di petik sebagai pembelajarannya. Semoga bermanfaat. 
Salam kebaikan,

Bendungan, 6 Agustus 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s