OUTBOUND Plus

 

The OUTBOUND PLUS PACKAGE

Video Klip serial Pelatihan Tim N Character building


Kepada Yth.

Para Kolega, calon mitra Cerah

Salam dunia cerah,

Perkenalkan kami, The Outbound Plus(TOP) merupakan salah satu produk andalan dari CERAH instititut untuk outdoor activity. CERAH adalah lingkar inovasi sosial, berdiri sejak tahun 2008, kami berkontribusi pada pengembangan kapasitas individu dan kelompok.

TOP adalah program yang telah dirancang khusus untuk pengembangan dan pembentukan karakter Sumber Daya Manusia yang handal secara individual dan mampu bekerjasama secara kelompok. Setiap pelatihan menggunakan metode belajar Experiential Learning dan alam terbuka sebagai ruang belajarnya. Program-program yang dibuat disesuaikan dengan situasi alam dan kondisi peserta yang akan mengikutinya. Mengutamakan faktor keselamatan dan tidak menghilangkan unsur fun. Inilah salah satu makna plus kami.

Untuk itu CERAH menawarkan menjalin kerjasama dalam mengelola program-program di antaranya: Gathering Plus, Outing Plus dan Outdoor Management Training. Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Ikut memasarkan program kami secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Penempatan flyer/brosur kami di front office.
  3. Fee untuk setiap order program akan kami berikan sebesar 5% nett dari nilai kontrak yang di sepakati.
  4. Paket dan tarif program dapat menghubungi kami karena hal ini tergantung pada kebutuhan layanan yang diinginkan peserta, lokasi dan durasi kegiatan

Suatu penghargaan bagi kami yang telah memperkenalkan diri kepada lembaga yang Bapak/Ibu pimpin, dan berharap penawaran ini dapat ditindaklanjuti. Atas perhatian, kesempatan dan kepercayaan menjalin kerjasama  dengan segala kerendahan hati Kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

CERAH institute

Pilihan PAKET TOP:

1. Untuk Anak-anak ;

2. The outbound Plus untuk REMAJA dan PEMUDA

3. The Outbound Plus untuk DEWASA

PROPOSAL PROGRAM OUTDOOR LEARNING SPIRIT

 

Apa dan mengapa ?

Memahami dan melewati sebuah “Tantangan” yang hadir di depan kita, terkadang diperlukan sebuah proses yang sering disebut “pengalaman”, baik pengalaman langsung maupun simulatif. Menyadari hal ini, kami menawarkan sebuah pendekatan pelatihan yang berbeda, melalui sistem Outdoor Experiences Learning Spririt, dengan tujuan khusus dan umum untuk membuat individu lebih mudah dalam memahami dan menyikapi sebuah Tantangan serta menumbuhkan kecerdasan emosional yang signifikan. TOP  merangkum sebuah kegiatan Outdoor Learning Spirit bertajuk The Outbound Plusuntuk perusahaan/lembaga/organisasi.

 

MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM

  1. Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan pesonal block maupun interpersonal block dalam berhubungan dengan rekan sekerja.
  2. Dalam pekerjaan sehari-hari, diharapkan dapat menciptakan suasana akrab, sikap kerjasama dan tenggang rasa.
  3. Meningkatkan sprotifitas yang tinggi denganharapan akan diterapkan juga di dalam suasana kerja sehari-hari.
  4. Memepersiapkan peserta untuk menerapkan asas-asas kerjasama kelompok dan budaya baru (encounter culture) dalam unit organisasi masing masing.
  5. Mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dan dievaluasi dalam pembentukan tim yang solid, pemeliharaan personil dan mengatasi hembatan yang baisanya terjadi dalam tim.
  6. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dan menimbulka rasa kebersamaan dan kepercayaan sehingga terjalin sinergi.
  7. Meningkatkan ketrampilan interpersonal tentang berbagai isu yang berkembang di perusahaan dan memberikan umpan balik (feed back) positif untuk meningkatkan produktifitas kerja.

 

PILIHAN PROGRAM-PROGRAM PRODUK TOP

  1. A. PELATIHAN MANAJEMEN DI ALAM TERBUKA

1. GATHERING PLUS

Merupakan suatu bentuk wisata di alam terbuka yang dirancang dalam suasana rekreasi, santai dan gembira dengan muatan edukatif untuk saling lebih mengenal, meningkatkan solidaritas, silaturrahmi, kekompakkan maupun menanamkan budaya suatu organisasi atau perusahaan. Gathering Plus dapat berupa acara kumpul bersama, reuni, arisan maupun ulang tahun yang dikemas dengan paket permainan edukatif dan kreatif.

2. OUTING PLUS

Outing Plus adalah kegiatan wisata yang diperuntukkan bagi kalangan institusi pemerintahan, lembaga dunia usaha, eksekutif atau karyawan suatu perusahaan dan instansi yang diadakan diluar ruang. Dengan memadukan konsep belajar dari pengalaman dan metoda Andragogy, kegiatan ini dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Wisata ini sangat efektif untuk menggali dan mempertajam potensi individu, meningkatkan kebersamaan, motivasi, inisiatif serta membentuk sikap kepemimpinan. Dalam kegiatan ini, peserta bebas terlibat langsung, beragumentasi, meneguhkan prinsip-prinsip, mengambil resiko, memutuskan solusi serta bekerja sama. Hingga bermanfaat bagi peningkatan kinerja perusahaan dan instansi.

 

B. TAMAN BERMAIN DAN WISATA PETUALANGAN ALAM

1. LOW ROPE ACTIVITY

Adalah rangkaian rintangan permainan yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menjadi simulasi kegiatan alam terbuka seperti climbing, rappeling dan rope management. Dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan (Safety Procedure) dan kenyamanan, aktivitas ini dapat diperuntukkan sebagai sarana olahraga serta hiburan bagi keluarga (family).

2. EXPERIENTAL BASED STUDY

Adalah kemasan kegiatan berupa pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dapat aplikasikan dengan menggunakan alam terbuka sebagai media. Proses pengenalan diri, minat dan bakat berbasiskan kurikulum sekolah sehingga program ini sangat efektif untuk para peserta karena mereka terlibat untuk melihat, mendengar dan langsung berbuat (experiential learning). Program ini dirancang bagi sekolah-sekolah unggulan kota, dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan (safety Procedure) dan kenyamanan.

3. KNOWLEDGE MANAGEMENT

Adalah kemasan pendistribusian sejumlah pengetahuan yang akan menjadi pembelajaran bersama. Knowledge Management ini telah diformulasikan sebagai sumber pengetahun bersama dan dapat di implementasikan dengan makna “berguru pada alam” Program ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan, instansi dan sekolah-sekolah unggulan kota.

 

C. CONSULTANT AND TRAINER EXPERIENTAL PERSONALITY

TOP memiliki beberapa tenaga ahli yang bisa saja dapat dimanfaatkan secara personal apabila di butuhkan. Tenaga ahli yang telah menguasai teknik memfasilitasi untuk berbagai event di alam terbuka seperti perencanaan perlombaan lintas alam skala nasional, ketua dewan juri skala lokal dan nasional, pengasuh rubrik konsultasi aktifitas petuangan di beberapa media nasional,training of trainer di beberapa lembaga sejenis.

 

OBJEKTIVITAS PROGRAM-PROGRAM TOP

OBJEKTIVITAS

Saling mengenal lebih dalam dan saling memahami kekuatan

  1. Gambaran umum tujuan dan sasaran kegiatan(kerjasama dalam kelompok)
  2. Disiplin diri terhadap kelompok dan komitmen pada pelatihan
  3. Motivasi seseorang mengikuti pelatihan(harapan dan kecemasan)
  4. Menghilangkan batas-batas diri antar peserta, komunikasi, persepsi dan kebersamaan
  5. Meningkatkan percaya diri, kerjasama, saling menghargai, sportivitas, proaktif, tanggap, tanggung jawab, leadership, pembagian tugas, problem solving, decision making
  6. Kebugaran dan kebersamaan
  7. Melampaui batas-batas diri, mengukur potensi, supportif, tabah dan tidak putus asa
  8. Harapan mengenai kelompok untuk sebuah komitmen baru
  9. Melihat hasil perkembangan diri selama pelatihan, menggali potensi yang diperoleh dalam kelompok
  10. EVALUASI
  11. PERSONAL ANALISIS
  12. IMPLIKASI
  13. LAPORAN KEGIATAN

 

TOP PACKAGE Mengeksplorasi apa saja?

  • Dinamika kelompok, proses membangunan suasana positif, pengenalan kelompok, adaptasi dan sosialisasi, pendobrakan zona personal serta kemampuan membangun tim kerja.
  • Kompetisi ceria, melatih proses kompetisi sehat, sportif serta menerapkan strategi pemahaman pengalaman terstruktur dan pengenalan potensi diri serta kelompok.

 

 

  • Tantangan tim, kegiatan problem solving dan keberanian menghadapi tantangan serta pengolahan strategi dan pengambilan resiko.
  • Idea Share & Next Act, aksi tindakan dan pemantapan diri mengembangakan potensi di lingkungan kerja, dengan prinsip mulai dari diri sendiri, hal kecil dan dilaksanakan sekarang juga.

 

Kenapa itu Penting?

Kemampuan sumber daya manusia yang meliputi tiga unsur yaitu : pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude) harus selalu ditingkatkan. Untuk memenuhi sumber daya manusia yang berkualitas, tidak saja mengedepankan pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga pola sikap dan perilaku.

Tentunya suatu sikap dan perilaku tidak akan datang begitu saja. Untuk itu diperlukan adanya sebentuk aktifitas untuk pengembngan kemampuan sikap dan perilaku yang mampu secara efektif mensosialisasikan nilai-nilai yang ada dalam perusahaan atau institusi.

Stimulasi untuk memepercepat perubahan paradigma sikap, prilaku, disiplin, dan etika kerja serta kepribadian melalui kegiatan pelatihan alam terbuka akan memberikan kemampuan adaptasi pada situasi dan kondisi serta pola yang dikehendaki dengan lebih cepat. Metode Experiental Learning dipercaya dan telah dikaji sebagai sebuah metode yang paling efektif dalam mengakomodasi kebutuhan tuntutan terhadap hasil suatu pelatihaan.

Melalui metode “Experiental Learning” dengan alam terbuka sebagai media pelatihan, maka orang akan tampil begitu spontan, tanpa basa-basi. Suatu kehidupan organisasi disimulasikan melalui sebuah permainan yan gsecara langsung dirasakan oleh setiap peserta pelatihan, peserta langsung merasakan sukses atau gagal di dalam pelaksanaan sebuah tugas. Kalau terjadi kesuksesan peserta segera tahu perilaku apa yang membuat mereka (tim kerja) sukses, sebaliknya kalau tim kerja gagal dalam melaksanakan sebuah tugas, peserta langsung mengetahui perilaku mana yang menjadi penyebab kegagalan itu.

 

APA SAJA MANFAATNYA?

Permainan dan simulasi yang diarahkan pada pemberian penglaman-pengalaman yan gberguna dalam pekerjaan sehari-hari seperti:

  1. Terbentuknya tim kerja yang tangguh dan solid dalam perusahaan guna peningkatan kinerja dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
  2. Mampu menumbuhkan sikap saling tenggang rasa (empaty) yang dalam.
  3. Menambah rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
  4. Memahai peran dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam pekerjaan.
  5. Menjadikan individu dalam perusahaan lebih siap terhadap perubahan dan perkembangan dunia usaha.
  6. Mengenali karakteristik kepribadian diri sendiri dalam berinteraksi pada kontekas tim.
  7. Dapat menyelesaikan tugas bersama, bekerja sebagai sebuah tim dan saling engembangkan individu-individu dalam tim.

 

BAGAIMANA DENGAN LINGKUP KEGIATAN?

Pelatihan ini dirancang dengan keterpaduan secara integral. Yakni mensinergiskan antara liburan, berwisata, bertualang, berolahraga, belajar dan menjalani pengalaman baru.

 

LALU APA SAJA MATERI KEGIATAN?

Adapun materi-materi yang akan disajikan pada masing-masing program kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Discovery. Adalah sesi untuk membangun kekuatan belajar bersama. Caranya adalah dengan menjelaskan prinsip operasinal proses pelatihan yang akan dialami. Melahirkan kesepahaman kapan dimulai dan kapan mesti istirahat. Setelah itu akan dilakukan berkenalan antar semua orang dengan cara yang berbeda.
  2. Ice Breaking

Pada sesi ini, peserta diharapkan dapat saling mengenal satu sama lainnya secara efektif dapat menghilangkan hambatan serta Personal Block dan Interpersonal Block dalam menumbuhkan kedekatan dan raa saling percaya.

  1. Building Trust with Extreme Learning

Melalui sesi ini, peserta dilatih untuk mengembangkan keberanian, keyakinan, dan keparasahan total serta membangun kepercayaan terhadap tanggung jawab yang dibebankan. Selain itu juga bisa membangkitkan sikap yakin dan percaya pada kemampuan diri. Sehingga segi Self-Respect meningkat pula.

  1. Basic of Art Communication CERAH

Membina hubungan antara sesama rekan kerja yang dapat diperoleh secara efektif dengan cara berkomunikasi secara efektif. Melalui materi ini para peserta dilatih untuk dapat mengungkapkan gagasannya dan bisa juga menerima gagasan dari luar.

  1. Team building

Pada sesi ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pelaksanaan kegiatan dimana hal ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan kerjasama tim yang sinergis dan sesuai denga tanggung jawabnya masing-masing.

  1. Competition Games

Pada sesi ini diharapkan peserta dapat memeberikan kontribusi kepada kelompoknya dalam menghadapi sebuah tantangan dimana pada sesi ini peserta mendpatkan simulasi tentang bagaimana menghadapi suatu ajang kompetisi yang sportif.

  1. Personal challange

Pada sesi ini diharapakan peserta mempunyai kemampuan dalam pengelolaan diri, tidak kehilangan kontrol emosi dalam menghadapi tantangan, tidak menarik diri bila menghadapi kesulitan dan tantangan serta tegar dalam menghadapi situasi panik.

 

SKEMA PROGRAM

Berdasarkan metode pelatihan diatas, program pelatihan disusun secara bertahap meliputi :

  1. Orientasi umum Alur dan Proses
  2. Perkenalan dan Discovery
  3. Ice Breaking
  4. Membangun Kekuatan Bersama
  5. Materi Praktek Kegiatan (Low Impact dan High Impact)
  6. Debriefing
  7. Merangkum proses
  8. Daily Feedback
  9. Reporting

 

PROSES BELAJAR DAN AKTIVITAS

Outdoor :

Proses materi training mengutamakan keterkaitan antar permainan, probing, debriefing dan presentasi serta refleksi pengalaman aktivitas untuk jadi pengetahuan baru. Skemanya adalah:

  1. Adanya skenario program yang tersusun
  2. Menyediakan Role of the Game, Apresiasi dan Bonus Punishment
  3. Penghitungan “mood meter” Prestasi dan Scoring

 

Indoor :

  1. Presentasi
  2. Eksplorasi
  3. Dialog
  4. Multipple Intellegence Perspektif

 

 

APA YANG PERLU DIPERSIAPKAN PESERTA?

Setiap peserta diminta menyediakan kesiapan mental, fisik dan perlengkapan pribadi. Berbagai komitmen, motivasi dan minat mengikuti belajar sampai selesai  tentunya bisa membantu mental.  Dan apabila hanya mengikuti salah satu atau ada sesi yang terlewatkan maka berpotensi mengurangi kuwalitas belajar yang sudah dirancang. Sedangkan untuk fisik, pelatih akan memandu untuk melakukan beberapa gerakan peregangan sebelum melakukan aktivitas program. Kemudian untuk perlengkapan pribadi sebaiknya kostum yang di gunakan adalah celana panjang lapangan (PDL) atau celana olah raga, T-Shirt beserta pakaian ganti, topi/bandana, sepatu kets atau sepatu jogging dan obat-obatan pribadi.

 

SIAPA TIM PELATIH UTAMA?

Dalam kegiatan pelatihan media outdoor Spirit Learning, CERAH Institute menerapkan standart kompetensi para pelatih dan seluruh team ahli yang berpengalaman, meliputi :

 

Fasilitator

Adalah para expert di bidang seni mengelola proses belajar dan pertemuan yang sudah berpengalaman di bidangnya lebih dari 10-15 tahun.

 

Instrukttur

Adalah para Co Trainer yang terlatih dan terpilih dari seleksi team yang ada di perusahaan kami.  Dijamin sangat berkompetensi dalam memandu pelatihan baik indoor maupun outdoor.

 

Medical Resque (paramedics)

Adalah sumber daya yang secara khusus ditugaskan untuk respon kesehatan selama proses training yang selalu disediakan dalam setiap kegiatan pelatihan outdoor.

 

Trainer High Rope Course dan Tim Logistik

Para trainer yang berkompetensi dalam bidang belajar di luar ruangan yang di dukung dengan peralatan (eqipment) yang memenuhi stndart keamanan Internasional. Tugas utama tim ini adalah memprioritaskan selalu memantau dengan cermat, sigap terhadap tantangan keamanan bagi setiap peserta selama proses training.

 

FASILITAS

Dalam penyelenggaraan kegiatan Outdoor Corporate Training ini, CERAH Institute menyediakan fasilitas bagi peserta dan penyelenggara:

  • Design Program
  • Pelatih Utama, Instruktur, Trainer
  • Tim Logistik
  • Peralatan dan Perlengakapan
  • Simulasi Interaktif (outdoor games)
  • Photo/Video Dokumentasi
  • Enjoy Night (hiburan, Barbeque, Pesta Kebun) ; jika ada permintaan.
  • Laporan (review dan Narasi singkat beserta Rekomendasinya, jika diperlukan)
  • DLL… (disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan pelatihan)

 

BIAYA PELATIHAN

Seluruh biaya yang timbul atas penyelenggaraan kegiata pelatihan ini didasarkan atas jumlah peserta serta jenis akomodasi YANG DIPILIH SESUAI KEINGINAN KLIEN. Yaitu dengan mengutamakan fasilitas akomodasi berupa kamar hotel atau dengan model Natural Survival? Misalnya dengan memilih adventure style seperti Camping.

Biaya yang dikeluarkan perusahaan guna penyelenggaraan acara ini sesungguhnya merupakan investasi jangka panjang untuk menciptakan keunggulan insani dalam kesatuan kerja perusahaan itu sendiri. Karena manfaat, keuntungan yang didapat dari investasi ini akan kembali sepenuhnya pada perusahaan. Yang bisa berupa peningkatan kinerja, produktivitas, image dan pencitraan tentang komitmen perusahaan pada pemajuan lahirnya manusia unggul yang akan meningkatkan pencapaian visi-misi dan tujuan perusahaan.

 

SEBAGAI PENAWARAN BERIKUT PENAWARAN HARGA TOP

bisa langsung menghubungi: cerahinc@gmail.com Telp. 031 – 7536069

 

 

 

SAFETY FIRST SELAMA PELATIHAN

Bagi CERAH institute, safety adalah melaksanakan seluruh perencanaan dan tindakan-tindakan penting untuk mengantisipasi suasana belajar agar aman bagi seluruh peserta untuk bermain, berwisata, berolahraga, belajar dan mendapatkan pengalaman baru.

Ada dua pendekatan yang selalu menjadi  prinsip di CERAH mengenai safety, yakni :

  1. Physical Safety

Kegiatan dengan memilih alam terbuka selalu memiliki tantangan dan resiko keselamatan pada peserta. Dan kami pihak pengelola training selalu mengutamakan keselamatan peserta dalam setiap setting aktifitas kegiatan. Caranya adalah dengan menggunakan peralatan yang telah teruji secara internasional dan dipasang oleh ahli yang benar-benar berpengalaman.

 

Namun demikian, ketika masih terdapat resiko yang uncontrolable, seperti kurang kehati-hatian yang disebabkan oleh peserta sendiri adalah faktor paling banyak dalam pengalaman kami.  Untuk itu diperlukan kerjasama, komunikasi dengan semua peserta untuk selalu saling mengingatkan dalam rangka memperkecil resiko terjadinya situasi uncontrolable tersebut.

 

  1. Psychological Safety,

Bahwa kami menyusun dan menyediakan draft peraturan kerjasama untuk disepakati bersama. Bahwa tidak akan ada yang sakit hati, tersinggung dari sesama peserta, karena semua proses training memang di desain untuk menyenangkan dan kolaborasi antar pihak. Dengan suasana aman dan nyaman seperti ini, diharapkan semua orang akan menjadi dirinya sendiri dan menghindari rasa takut salah, takut di cemooh, takut gagal, takut mendapat kritik. Jadi semua yang dilakukan ini adalah rangkaian pengetahuan bersama.

Tentative Schedule RunDown Acara 2 hari 1 malam

Outdoor Learning Spirit – The OUTBOUND Plus
Hari / Jam KEGIATAN KET
Day  I

09.00 – 12.00
Sampai dilokasi, Pembukaan (ceremonial), Persiapan, Ice breaking games.
12.00 – 13.30 I
stirahat, Solat Makan
13.30 – 16.00
OUTBOND GAMES
16.00 – 19.30
Istirahat, Solat, Makan malam
19.30 – 22.00
Presentasi Games Hari II, Hiburan (Camp fire) dan jagung bakar.

 

Day II
07.00 – 12.00
Olahraga pagi (jogging),
OUTBOND GAMES
12.00 – 13.30
Istirahat, Solat Makan
13.30 – 15.00
Evaluasi akhir, Penutupan
15.00
Pulang

Harga Paket Pelatihan Tidak Termasuk :

1. Pengeluaran pribadi
2. Acara tambahan
3. Transportasi ke lokasi, pulang dan pergi (negosiable – menyesuaikan)
4. Penginapan (negosialble – menyesuaikan)
5. Aksesories – property seragam kelompok peserta (notebook, kaos, topi, tas, slayer, dll).

Reservasi, Pembayaran, dan Pembatalan
1 Reservasi dilakukan selambat-lambatnya dua minggu sebelum keberangkatan
2. Pembayaran 70 % pada saat reservasi dan sisanya 30 % dilunasi sehari setelah pelaksanaan.
3. Pembatalan dikenakan biaya reservasi

Waktu Pelaksanaan Pelatihan
Program Pelatihan disesuaikan dengan paket yang dipilih (Outbound atau layanan yang lain). Waktu pelaksanaan diserahkan kepada klien.

 

KLIEN YANG PERNAH BERMITRA DENGAN CERAH Institute:

 

Facilitator Appreciative Inqury for Capacity Building World Neighbour di Bali,  Pebruari 2009

Fasilitator Workshop Advokasi Sampah di Bandung Jawa Barat, Maret 2009

Fasilitator Temu Convernor dan Expert Panel WALHI Institute, Maret 2009

Fasilitator Training Entrepreneur mahasiswa Ekonomi SeJatim di Kampus UM Malang, April 2009

 

Facilitator Advance Creative, oleh ACCES Australia di Buton Sulawesi Tenggara,  Pebruari 2008

Fasilitator Upgrade Skill Creative Community, ACCES Australia Makasar SULSEL  Pebruari 2008

Fasilitator Pelatihan tentang konsep hak  bagi aktivis social—Dokter—Konselor dalam penanggulangan HIV. Diselenggarakan BURNET Internasional Indonesia. Bali, Oktober 2008

Fasilitator pelatihan Training Of Trainer Program  Family Health International , diselenggarakan  di Kuningan Jabar dan Yogyakarta,  September 2007

 

Fasilitator Training Program Go Green  PT. CNI (Brand Indonesia, wilayah Jatim), November 2008

Fasilitator Pelatihan Komunikasi dan Team Work Rumah Sakit Islam Kota Malang, November 2008

Fasilitator Expert dan Pakar  WALHI Institute di Forum PNLH  WALHI,  April 2008

Fasilitator Magang Belajar Masyarakat Aceh, Program Rekonstruksi Pasca Tsunami oleh Samdhana Institute, di PPLH Seloliman Trawas Mojokerto Jatim,  Juni 2008,

 

Fasilitator Training Relawan Bencana Alam, oleh ED WALHI Sumatera Barat, Padang Januari 2008

Fasilitator TOT Green Student Movement Se Kalimantan, di Banjarmasin KALSEL Maret 2008

Fasilitator TOT Pelatihan Green Student Movementi, oleh ED WALHI Bali,, Juni 2008

Fasilitator TOT Green Student Movement (GSM)  WALHI Sulawesi Tenggara, kendari Juli 2008

Fasilitator Program Penguatan Skill dan Potensi Lokal daerah Pasca Tsunami Aceh (Kab. Aceh besar dan Piddie Jaya ), disponsori oleh The SAMDHANA Institute,  NAD 19-24 Agustus 2008

Fasilitator Capacity Building Team Work dan Spirit Relawan  Peduli HIV/AIDS ,

oleh YAKITA Surabaya 29 Agustus 2008.

 

 


4 thoughts on “OUTBOUND Plus

  1. sebuah perubahan. begitu kata itu sangat agung. banyak yg gila padanya. 2004 adalah saksi. ketika pasangan SBY-JK mengangkat tema ini. kemudian mereka dapat naik ke kursi pres n wa’pres.
    apakah kuncinya?
    mereka memiliki marketter dan sales yg luar biasa.
    marketter mereka mampu mengemas bagaimana idiom-idiom itu menjadi barang produksi yg dinanti dan diharapkan org.
    sales mereka menjelajah ke kepala penduduk indonesia dan jadilah mereka terjual laris manis.
    saat ini kita menikmati perubahan bersama pasangan itu. kenaikan BBM dg dalih keharusan harga minyak dunia naik. padahal, kau telkah tahu, kita punya minyak. mestinya kita juga kaya mendadak. seperti org2 aceh petani kopi yg tiba-tiba menjadi OKB ketika krisis moneter melanda indonesia. apa pasalnya, mereka menghasilkan kopi yg dibeli oleh org2 luar negeri dg mata uang dolar.
    loh, kok sekarang kita juragan minyak dan juragan emas kok bangkrut ketika harganya naik? kau mesti punya banyak informasi tentang perselingkuhan-perselingkuhan ini.
    benarkah kenaikan BBM tidak bisa dihindari atau bahkan justru menurunkan harganya?
    kau mesti berkabar ttg itu.
    mengenai para petani kita, tetap saja tidak ada yg berupaya. Prabowo kelihatannya ngebet jadi presiden lewat tangan petani, tapi kira-kira apa yg ditanam oleh cangkul laras senapan? hahahaha
    aku jadi ingat ketika kakimu terinjak sepatu temane sukartono dan juga ingat ketika mbah mirul “jetit” tangane temane kartompel dg pintu mobil. wah, kiro2 sopo sing wani ngganteni mbah mirul sing saiki lagi buru babi yo?
    begitu salamku. aku kangen pada temaram lampu diiringi secangkir kopi dan kepulan asap rokok.
    dulurmu, ristov at praha

    Suka

  2. wah…luar binasa masa……uppss, luar biasa. mas ridho bsa menuangkan apa yang ada dalam pikiran mas ke dalam bentuk tulisan sehingga bisa mempermudah atau memperjelas pemikiran yg abstrak itu menjadi berwujud yang bisa dilihat dan di amati dengan jelas. Nah, kendala saya terkadang sering disitu mas..saya analogikan seperti ini
    “dalam pikiran dan imajinasi saya telah ada sebuah apel, tetapi saya belum pernah melihat dan merasakan apel tsb,tetapi saya bsa dengan jelas melihatnya dalam pikiran saya tersebut ada sebuah apel, bagaimana wujudnya, warnanya, bahkan rasanya,tetapi saya tidak bisa mewujudkannya ke dalam gambar sebuah apel seperti yg ada dalam pikiran dan imajinasi sya tersebut,tetapi sesungguhnya saya tahu bahwa itu benar sebuah apel. Nah, ketika seseorang menunjukkan saya apel itu, serta merta saya langsung tahu bahwa itu apel (dgn perumpamaan saya sebelumnya tdk pernah melihat dan merasakan apel). Kira2 seperti itulah yang sering saya hadapi mas. bisa ga mas cerahkan saya terkait dengan apa yang saya utrakan tersebut mas….?????

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s