ISI manifesto

“MERAYAKAN PROSES MENCIPTAKAN”

MERAYAKAN PROSES MENCIPTA

MERAYAKAN PROSES MENCIPTA

ISI adalah Yayasan Inovasi Sosial Indonesia yang percaya bahwa belajar itu proses mencipta. Mengapa proses mencipta? Karna kami percaya bahwa Perubahan dan Proses ibarat kata adalah kembar identik, ada perubahan ada proses dan sebaliknya. Maka sebagai perayaan terjadinya perubahan di lingkup Inovasi Sosial bisa dikerjakan dengan “merayakan proses menciptakan” oleh para pelaku inovasi sosial.

Karena ISI percaya bahwa tiap manusia hidup bisa seperti gelas isi air separo. Separo mengandung air, separonya berisi udara. Bisa saja air dalam gelas tiap orang itu adalah air putih, air kopi, cat berwarna, sari buah dan yang lainnya. Dan separo udaranya adalah semangat hidup, cita-cita, vis misi yang selalu memiliki minat, hobi, pengalaman, gairah dan suara jiwanya yang tidak sama dengan orang lain.

Karena ISI percaya tiap orang bisa menjadi pelaku perubahan. Bahwa tiap orang yang memiliki suara jiwa untuk menjadi bagian dari kebaikan. Maka senantiasa melihat setiap orang berkelimpahan dengan kekuatan dan kecerdasan yang membedakan adalah nilai penting dalam memaknai proses terjadinya perubahan.

Karena kami percaya, dengan ketrampilan personal dan ketrampilan sosial, maka setiap individu yang terlibat dalam suatu program pembangunan sosial bisa semakin memperkuat terwujudnya visi dan misi yang sedang dikerjakan bersama kelompoknya. Maka secara terus menerus berinvestasi sosial, mengelola dan memperluas jaringan, mendoumentasikan dan merefleksikan pengalaman belajar dari praktek terbaik akan menyediakan produk pengetahuan yang berlimpah bagi para pelaku perubahan.

Dan kami percaya bahwa kemiskinan gagasan/ide inilah yang menjadi salah satu sumber mandegnya berbagai perkembangan sosial. Termasuk yang berkaitan dengan pendidikan, lingkungan hidup, ekonomi, kesehatan, teknologi, seni dan budaya serta lainnya. Maka menghidupkan kembali impian bersama dan imajinasi pada situasi terbaik yang diinginkan bisa dengan formula STMJyang berarti sederhana (bisa di bayangkan cara mengerjakan dan hasilnya), terukur (berbatas waktu dan jumlah capaian), mudah (bisa dikerjakan dengan berbagi minat dan peran, termasuk skema pembiayaan), jelas (siapa yang mengerjakan dan dimana wilayah-lokasinya).

Inilah jejak kehidupan yang ISI dambakan. Ketika setiap orang memilih peran terbaiknya, membagi kekuatan nya dan terus-menerus saling berbagi dan saling sinau. Maka impian lahirnya jejaring masyarakat sosial yang mampu mengubah ketegangan sosial menjadi ketegangan kreatif bisa menjadi inspirasi bagi masa depan masyarakat dunia dalam merayakan proses menciptakan.

14 oktober 2014.
Yayasan Inovasi Sosial Indonesia ;
“membantu Indonesia makin berisi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s